Mempelajari Rangkaian Yoga Sun Salutation (Surya Namaskara) A

Author: Dian Sonnerstedt Spesialis Yoga dan Yoga Hamil

Bagi Anda yang baru saja memulai berlatih yoga secara rutin, Sun Salutation atau Surya Namaskara adalah salah satu istilah yang mungkin sering Anda dengar, dan mungkin Anda juga sudah sering menjalankan rangkaian gerakannya. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin Anda ingin ketahui dari Sun Salutation.

Apa itu Sun Salutation/Surya Namaskara?

Sun Salutation adalah rangkaian pose yoga yang dilatih sebagai satu kesatuan, dilakukan secara mengalir dan digabungkan dengan teknik bernapas. Bila dilakukan secara rutin, akan membantu tubuh menjadi lebih sehat, kuat, bahkan bisa membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan fleksibilitas otot tubuh.

Kapan sebaiknya berlatih Sun Salutation?

Sebaiknya melatihnya di pagi hari, dan di saat perut Anda masih kosong. Namun bila Anda hanya punya waktu di malam hari, bisa juga Anda lakukan di malam hari.

Bisakah melatih Sun Salutation sendiri?

Tentu bisa, namun lebih baik bila Anda sudah pernah melatihnya dengan pengawasan instruktur yoga. Saat Anda sudah menguasai rangkaiannya, gerakan ini bisa dilatih setiap hari di rumah, dengan catatan jangan memforsir diri Anda.

Berapa kali rangkaian Sun Salutation setiap berlatih?

Tidak ada aturan tetap berapa kali rangkaian yang harus Anda latih, namun biasanya 5-10 set setiap kali berlatih sangat baik, dan biasanya pada hari Yoga Internasional banyak praktisi yoga yang melakukan Sun Salutation A sebanyak 108 kali.

Dalam kelas Yoga biasanya Sun Salutation biasanya dijadikan gerakan pemanasan, dan lebih baik lagi bila digabungkan dengan pose-pose yoga yang tidak termasuk dalam rangkaian Sun Salutation. Namun bila Anda hanya punya waktu 20 menit, lebih baik berlatih secara rutin setiap hari daripada berlatih 90 menit tapi hanya sebulan sekali.

Seperti apa gerakan Sun Salutation A?

Begini rangkaian gerakan yoga Sun Salutation A yang bisa Anda lakukan:

sun salutation

Jangan ragu-ragu untuk sharing pengalaman Anda langsung dengan saya via Instagram @diansonnerstedt, saya tunggu ya!

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 6, 2017 | Terakhir Diedit: September 9, 2019

Dian Sonnerstedt Spesialis Yoga dan Yoga Hamil
Dian Sonnerstedt adalah praktisi Yoga sejak tahun 2010. Kecintaannya terhadap Yoga membuat ia beralih dari dunia korporasi di bidang Marketing, dan memutuskan ...
Selengkapnya
Dian Sonnerstedt Spesialis Yoga dan Yoga Hamil

Dian Sonnerstedt adalah praktisi Yoga sejak tahun 2010. Kecintaannya terhadap Yoga membuat ia beralih dari dunia korporasi di bidang Marketing, dan memutuskan untuk memperdalam Yoga dengan mengambil sertifikasi Yoga Teacher Training 200Jam dari One Song Yoga School di tahun 2014, yang kemudian dilengkapi dengan sertifikasi Prenatal/Postnatal Yoga, Sunshine Network for Thai Yoga Massage, dan Yin Mindful Immersion Yoga di tahun 2015. Dian saat ini terdaftar resmi YogaAlliance.org dan aktif mengajar yoga di Ubud Yoga Centre, Bali

Selengkapnya
Artikel Terbaru