Bosan Yoga Sendirian? Coba 6 Pose Ini Dengan Sahabat Atau Pasangan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Bila Anda bosan melakukan yoga sendiri di rumah, jangan khawatir. Anda bisa mengajak teman atau pasangan Anda untuk melakukan yoga berpasangan. Bukan hanya menyehatkan tubuh dan pikiran, melakukan yoga berdua bisa memperdalam relasi Anda. Apa saja pose untuk yoga berpasangan yang bisa dipraktikkan? Berikut ulasannya.

Berbagai pose yoga berpasangan yang mudah untuk dicoba

Ada berbagai macam olahraga yang bisa Anda lakukan dengan teman atau pasangan, salah satunya yoga. Kehadiran teman atau pasangan bisa membantu Anda untuk meningkatkan kelenturan, menjaga keseimbangan tubuh, dan juga membuat hubungan Anda menjadi lebih baik. Tak lupa, yoga berpasangan bisa membantu mengobati rasa bosan atau suntuk kalau Anda sudah biasa melakukan yoga yang itu-itu saja.

Dilansir dari Shape, ada beberapa pose yoga berpasangan dan bisa dilakukan di rumah. Inilah enam posenya.

1. Partner boat

yoga berpasangan
Sumber: shape.com

Pose yoga ini seolah membentuk perahu kertas dan berfungsi untuk memperkuat otot paha dan otot lengan. Caranya, Anda dan teman yoga Anda duduk berhadapan dan berpegangan tangan dengan posisi tangan di samping kaki. Kemudian, angkat kedua kaki ke atas hingga telapak kaki saling menempel.

Dorong kaki perlahan ke atas dan pastikan telapak kaki terus menempel satu sama lain. Jika tinggi badan Anda dan teman yoga Anda tidak seimbang, salah satunya yang memiliki badan lebih tinggi harus menyesuaikan dengan menekuk lutut. Jadi, hanya bagian bokong Anda yang menyentuh tanah.

Pertahankan pose ini hingga lima kali tarikan napas atau semampunya.

2. Partner warrior 1

yoga berpasangan
Sumber: shape.com

Pose ini memperkuat lengan tangan, bahu, punggung, kaki, pergelangan kaki, pinggul, dan paru-paru. Selain itu, melakukan pose ini secara bertahan bisa meningkatkan fokus, keseimbangan, dan stabilitas.

Caranya, berdiri berhadapan dengan teman yoga Anda dengan jarak sepanjang dua lengan. Kemudian, majukan salah satu kaki dan tekuk lutut hingga 90 derajat atau membentuk sudut siku-siku (lihat gambar). Sesuaikan posisi supaya paha Anda menopang paha teman yoga. Rentangkan kedua tangan ke atas dan tempelkan keduanya.

Tahan pose ini selama lima kali napas dan lakukan secara bergantian (ganti kaki dan tumpuan paha).

3. Partner radgoll

yoga berpasangan
Sumber: shape.com

Pose ini memperkuat otot paha dan otot pada lutut dengan meregangkan paha belakang, betis, dan pinggul. Caranya dengan berdiri membelakangi teman yoga Anda dan dekatkan tubuh dan hingga tumit kaki saling menempel.

Kemudian, bungkukkan tubuh bagian atas hingga kepala berhadapan dengan lutut atau tulang kering. Lakukan gerakan tersebut dengan saling memegang lengan satu sama lain agar tubuh tetap stabil. Tahan selama lima kali tarikan napas atau lebih.

4. Back-to-back chair

yoga berpasangan
Sumber: shape.com

Pose ini memperkuat otot pada paha, pantat dan pinggul Anda. Caranya tetap pada posisi saling membelakangi dengan siku saling berpaut. Kemudian, bersandarlah di punggung satu sama lain. Lalu, ambil beberapa langkah ke depan sambil menekuk lutut sebesar 90 derajat.

Tahan pose yoga berpasangan ini selama lima kali tarikan napas atau semampunya.

5. Partner seated forward fold

yoga berpasangan
sumber: shape.com

Pada pose yoga berpasangan ini Anda harus meregangkan punggung bahu serta paha bagian belakang dan dalam sehingga memperkuat otot pada lengan atas, punggung, dan paha. Caranya cukup mudah.

Ambil posisi duduk berhadapan dan luruskan kaki ke depan dan saling tempelkan telapak kaki. Kemudian, Anda dan teman yoga Anda bisa saling memegang tangan.

Selanjutnya, tarik teman yoga Anda ke depan sehingga tubuhnya tertarik ke depan dan ruang di antara kaki melebar. Tahan selama lima kali napas atau semampunya dan lakukan pose ini secara bergantian.

6. Back-bend child’s pose

yoga berpasangan
Sumber: shape.com

Pose ini sebenarnya sama seperti child’s pose, tapi Anda harus menopang tubuh teman yoga Anda guna menguatkan otot punggung, bahu, dan pinggul. Caranya, Anda ambil posisi duduk membelakangi teman yoga Anda dengan tulang kering sebagai tumpuan dan punggung kaki menempel pada lantai.

Mitra Anda tetap pada posisi berjongkok membelakangi Anda. Lalu, kaitkan tangan Anda dan mitra satu sama lain. Gerakan dilanjutkan dengan Anda yang membungkuk tubuh dan menarik tubuh mitra ke punggung Anda (Anda ada di bawah). Setelah punggung teman yoga Anda sudah bertumpu pada punggung Anda, luruskan kaki teman yoga Anda ke depan.

Tarik napas dalam dan perlahan, lakukan selama tiga atau lima menit. Selanjutnya Anda bisa bergantian posisi.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juli 21, 2018 | Terakhir Diedit: Desember 3, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca