Jadikan Olahraga Lari Sebagai Rutinitas dengan 5 Tips Ini

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 09/03/2020
Bagikan sekarang

Lari merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup mudah dilakukan tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Namun, banyak orang yang sulit membuat hal ini menjadi rutinitas. Tidak perlu khawatir, ada beberapa tips yang dapat dicoba agar Anda rutin olahraga lari.

Simak ulasan di bawah ini demi memperoleh manfaat dari rutin berlari. 

Tips agar rutin olahraga lari

teknik pernapasan saat lari

Berolahraga lari menawarkan segudang khasiat untuk kesehatan tubuh. Menurut penelitian dari The Journal of Adolescent Health, rutin berlari selama 30 menit pada pagi hari memperbaiki kualitas tidur dan fungsi psikologis seseorang. 

Selain itu, olahraga lari juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. 

Supaya Anda memperoleh manfaat tersebut, simak beberapa tips agar rutin olahraga lari di bawah ini. 

1. Mempersiapkan alat yang dibutuhkan

Salah satu tips yang bisa Anda coba agar rutin olahraga lari adalah mempersiapkan alat yang dibutuhkan. 

Pada saat berolahraga, terutama lari, memakai pakaian dan sepatu yang benar adalah kunci penting agar lari Anda tetap nyaman dan berkualitas. Walaupun untuk lari Anda hanya memerlukan sepatu dan pakaian yang tepat, salah memilih ternyata bisa berdampak pada kesehatan tubuh. 

Pilihlah sepatu yang dirancang khusus untuk berlari dan jangan lupa untuk menggunakan kaus kaki. Selain itu, usahakan menggunakan pakaian yang menyerap keringat, seperti kaus dan celana olahraga. 

Apabila Anda lebih nyaman berlari pada malam hari, mungkin jaket berwarna terang atau yang dapat memantulkan cahaya lebih aman digunakan saat itu. 

2. Membuat rancangan mingguan

Setelah berhasil memilih pakaian dan sepatu khusus untuk lari, tips lainnya agar Anda rutin olahraga lari adalah mulai membuat rencana mingguan

Jika Anda baru saja mulai berlari, alias pemula, mungkin lebih baik tidak berlari setiap hari karena dikhawatirkan dapat menimbulkan cedera atau terlalu lelah. Alih-alih setiap hari, Anda bisa memulai dengan berlari pada hari-hari tertentu selama 20-30 menit. 

Apabila Anda sibuk bekerja dan sulit menemukan waktu untuk berolahraga, mungkin sebaiknya lari dilakukan pada pagi hari. Cara ini biasanya cukup efektif dilakukan sebelum rutinitas pekerjaan dan keluarga membuat Anda sibuk. 

Bagi Anda yang sudah terbiasa lari, menjadwalkan latihan lari mingguan adalah hal penting. Misalnya, satu hari dalam satu minggu Anda dapat berlari dengan kecepatan yang tinggi. Hari lainnya bisa dihabiskan dengan melatih kecepatan lari. 

Setelah itu, satu atau dua hari lainnya bisa diisi dengan berlari santai agar tidak terlalu lelah. Bahkan, Anda dapat memasukkan rencana latihan berlari di tempat yang menanjak untuk menambah kekuatan di kaki. 

Dengan rencana yang bervariasi seperti ini, kemungkinan besar kebosanan tidak akan menghalangi Anda untuk rutin berlari. 

3. Melakukan peregangan

peregangan otot

Selain memilih pakaian dan menjadwalkan kapan harus lari, tips lainnya agar Anda rutin olahraga lari adalah melakukan peregangan

Lari yang dilakukan tanpa peregangan lebih berisiko mengalami cedera. Memang peregangan tidak harus dilakukan sebelum berlari, tetapi setidaknya biarkan tubuh Anda panas sebelum berlari kencang. 

Misalnya, Anda dapat berlari pelan selama beberapa menit pertama agar otot lebih panas. Setelah itu, Anda bisa berlari dan melakukan peregangan jika sudah selesai. 

4. Berlari bersama teman

Anda bisa berlari bersama teman sebagai salah tips agar rutin olahraga lari. Mengapa?

Menurut sebuah penelitian dari British Journal of Health Psychology, olahraga bersama teman memberikan dukungan emosional kepada Anda, sehingga lebih semangat berlari. 

Jika teman Anda adalah orang yang sering berlari, mempelajari bagaimana bertahan dan tips-tips lari lainnya ternyata cukup membantu. Selain itu, metode ini cukup efektif karena membuat lari terasa lebih menyenangkan dan mendorong Anda untuk berolahraga lebih lama.

5. Memilih tempat yang aman

cara lari yang benar

Terakhir, tips agar rutin olahraga lari yang bisa Anda ikuti adalah memilih tempat yang aman. Usahakan untuk tetap berada di area lari yang terang dan ramai didatangi orang-orang. Misalnya, Anda bisa mencari taman atau tempat yang sering digunakan orang untuk latihan lari. 

Pastikan pakaian Anda berwarna terang, baik pada pagi maupun malam hari. Hal ini bertujuan agar ketika sesuatu yang buruk menimpa Anda, seperti pingsan atau terjatuh, lebih mudah ditemukan. 

Setelah mencoba beberapa tips agar rutin olahraga lari di atas dan masih merasa kesulitan, mungkin diperlukan bantuan dari pelatih yang dapat menuntun Anda menjadi lebih giat.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Teknik Pernapasan yang Tepat Saat Lari Agar Tidak Terengah-engah

Menggunakan teknik pernapasan saat lari yang tepat membantu Anda tak mudah kehabisan napas. Cobalah teknik berikut dan rasakan bedanya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Yuk, Kenali Tandanya Kapan Harus Berhenti Saat Lari Jarak jauh

Saat lari jarak jauh energi akan terkuras habis. Kondisi ini biasanya menimbulkan berbagai gejala pada tubuh sebagai pertanda bahwa Anda harus berhenti.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Mengukur Kesiapan Diri Sebelum Ikut Lari Jarak Jauh (Maraton)

Sebelum lari jarak jauh, Anda harus tahu dulu apakah tubuh memang sudah siap atau belum. Bagaimana cara mengetahuinya? Simak ulasan berikut, ya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Ingin Stamina Tetap Prima Saat Lari? Yuk, Coba 5 Cara Mudah Ini!

Sering merasa capek, ngos-ngosan, bahkan kerap melipir untuk istirahat sejenak saat lari? Jangan menyerah! Yuk, jajal tips menjaga stamina agar kuat lari!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Direkomendasikan untuk Anda

tips jogging saat puasa

5 Tips Aman Tetap Jogging Saat Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020
maraton meningkatkan kesehatan jantung

Riset Terbaru: Maraton Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Jantung

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 18/01/2020
peregangan untuk pelari

7 Gerakan Peregangan Tubuh yang Penting Anda Lakukan Setelah Lari

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 27/12/2019
membuat anak suka olahraga lari

Jika Tahu Triknya, Lari Bersama Anak Itu Menyenangkan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 18/07/2019