Kenapa Olahraga Kardio Kurang Efektif Basmi Lemak Perut?

Oleh

Beberapa organ penting terletak di perut, seperti hati dan ginjal. Lemak di sekitar perut diperlukan sebagai bantalan untuk melindungi organ-organ penting tersebut. Namun, bagaimana jika terlalu banyak lemak di perut?

Lemak perut atau sering disebut lemak visceral yang terlalu banyak di sekitar perut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes melitus tipe 2, dan bahkan kanker. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang ingin menghilangkan lemak perutnya. Selain untuk menunjang penampilan agar kelihatan lebih ramping, ini juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Banyak orang yang ingin bagian perutnya tidak banyak berlemak dan terlihat ramping. Bukan hanya wanita, namun juga pria. Untuk menghilangkan lemak perut, biasanya mereka melakukan olahraga kardio, seperti berjalan, berlari, bersepeda, berenang, dan lompat tali. Namun, apa benar olahraga kardio efektif dalam menghilangkan lemak perut?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sepertinya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu olahraga kardio dan manfaatnya.

Apa itu olahraga kardio?

Olahraga kardio adalah olahraga untuk meningkatkan detak jantung, di mana jantung tersusun dari otot-otot. Otot-otot ini harus bergerak supaya lebih kuat dan kuat lagi. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat sehingga dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot. Hal ini memungkinkan sel untuk membakar lemak lebih banyak selama olahraga dan saat istirahat.

Olahraga kardio menghasilkan pergerakan otot yang lebih banyak selama periode waktu yang berkelanjutan untuk menjaga detak jantung Anda setidaknya 50% dari tingkat maksimumnya. Selain itu, manfaat olahraga kardio adalah untuk memperkuat jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan tulang, mengurangi stres, dan juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Olahraga kardio sangat membantu menurunkan berat badan karena aktivitas ini dapat membakar lemak. Penurunan berat badan terjadi jika tubuh lebih banyak membakar kalori dibandingkan menerima kalori dari makanan. Hal sebaliknya terjadi ketika kalori yang dibakar tubuh lebih sedikit dibandingkan dengan kalori yang diterima tubuh. Jadi, jika Anda sudah melakukan olahraga kardio, usahakan untuk makan dengan jumlah kalori yang lebih sedikit sehingga penurunan berat badan dapat tercapai.

Apakah olahraga kardio efektif menghilangkan lemak perut?

Merujuk kepada pengertian di atas, olahraga kardio lebih berperan dalam menurunkan berat badan secara keseluruhan, bukan hanya fokus untuk menghilangkan lemak perut. Untuk membasmi lemak perut dibutuhkan olahraga lain yang lebih efektif dalam membakar lemak di perut, seperti sit up, side plank, low plak, circles in the sky, squat, dan olahraga lainnya yang lebih fokus ke otot perut.

Sebuah penelitian dari Harvard menunjukkan bahwa olahraga kardio, seperti berlari, berenang, dan bersepeda bukan merupakan cara terbaik dalam menghilangkan lemak perut. Penelitian tersebut melibatkan 10.500 pria sehat berusia 40 tahun atau lebih. Peneliti menganalisis kebiasaan olahraga mereka dan menemukan bahwa pria yang melakukan olahraga angkat beban setidaknya 20 menit per hari bisa lebih menjaga kelebihan lemak perutnya dibandingkan dengan mereka yang hanya melakukan olahraga kardio.

Kardio yang salah malah bisa menambah lemak di perut

Selain itu, seperti yang dikatakan Phil Kelly, olahraga kardio yang salah dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh yang dapat menyebabkan tubuh menyimpan lemak lebih banyak. Sehingga, olahraga kardio yang salah mungkin dapat menyebabkan peningkatan lemak perut bukan menghilangkan lemak perut.

Olahraga kardio yang salah dengan intensitas tinggi dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh dan tidak membuat tubuh memproduksi hormon anabolik yang mendorong pertumbuhan, perbaikan, dan pembakaran lemak sehingga tidak ada homon lain yang dihasilkan untuk mengkompensasi dampak buruk dari produksi hormon kortisol ini.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menghilangkan lemak perut, sebaiknya lakukan olahraga selain kardio yang lebih efektif dalam membasmi lemak perut. Namun, jika Anda ingin menghilangkan lemak perut dan juga menurunkan berat badan, Anda bisa melakukan olahraga kardio ditambah dengan olahraga dengan gerakan yang lebih fokus untuk memperkuat otot perut, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Jangan lupa untuk melakukan olahraga secara rutin dan jaga asupan Anda agar hasil maksimal lebih cepat tercapai. Lakukan juga olahraga sesuai kemampuan Anda, jangan terlalu dipaksakan agar bukan efek negatif yang justru dihasilkan.

BACA JUGA:

Sumber