Banyak orang menganggap bahwa bir atau minuman beralkohol lainnya itu tidak baik buat kesehatan. Padahal, jika Anda tahu aturan aman untuk mengonsumsi minuman beralkohol, Anda bisa mendapat manfaat bagi tubuh. Nah, salah satu aturan yang harus Anda perhatikan adalah jangan minum alkohol saat perut masih kosong. Memang apa yang akan terjadi kalau minum alkohol sebelum makan?

Efek minum alkohol sebelum makan

Sebelum melihat apa saja dampak yang mungkin terjadi kalau Anda minum alkohol sebelum makan, Anda harus tahu dulu bagaimana efek minum alkohol bagi tubuh. Ketika minum minuman beralkohol seperti bir, wine, vodka, dan wiski tubuh akan mencernanya sampai alkohol masuk ke aliran darah.

Karena sudah ada dalam darah Anda, alkohol pun akan disalurkan ke seluruh tubuh. Termasuk otak, perut, ginjal, paru, dan hati (liver). Proses ini biasanya tidak memakan waktu lama. Kira-kira dalam waktu semenit saja sejumlah 20 persen alkohol yang Anda minum sudah bisa masuk ke otak dan memengaruhi fungsi kognitif manusia.

Lantas apa yang akan terjadi kalau Anda minum alkohol sebelum makan? Ini dia penjelasan lengkapnya.

1. Lebih cepat mabuk

Setiap orang punya tingkat toleransi terhadap alkohol yang berbeda-beda. Ada yang sudah mabuk padahal baru minum beberapa teguk bir. Ada juga yang sudah minum sebotol bir penuh belum terasa efek apapun. Ini karena kecepatan metabolisme seseorang tentu berbeda dengan yang lain.

Akan tetapi, kalau Anda minum alkohol dalam kondisi perut kosong atau belum makan, dijamin Anda pun jadi lebih cepat mabuk daripada kalau Anda minum alkohol setelah makan. Pasalnya, kalau ada makanan dan nutrisi lain yang harus diserap oleh sistem pencernaan, alkohol tidak akan langsung dicerna dan masuk ke dalam darah Anda.

Sedangkan kalau Anda belum makan, alkohol yang Anda minum akan lebih cepat diserap dan dialirkan ke seluruh tubuh. Akibatnya, semakin cepat dan semakin banyak juga kadar alkohol yang masuk ke otak. Anda pun jadi lebih cepat mabuk dibandingkan biasanya.

makan saat emosi makan terlalu cepat bikin gemuk

2. Anda jadi makan lebih banyak setelahnya

Selain jadi lebih cepat mabuk, minum alkohol sebelum makan juga bisa berefek pada berat badan Anda. Bagaimana bisa? Rupanya menurut berbagai penelitian, minum alkohol saat perut kosong justru akan membuat Anda makan lebih banyak setelahnya.

Sebuah penelitian dalam jurnal Obesity tahun 2015 menguak bahwa orang yang minum alkohol sebelum makan akhirnya jadi makan dengan porsi tujuh persen lebih banyak daripada orang yang tidak minum sebelum makan.

Studi lain yang dimuat dalam jurnal Physiology & Behavior membuktikan hal yang serupa. Para peserta penelitian yang minum anggur merah (red wine) sebelum makan ternyata jadi makan hingga 25 persen lebih banyak.

Maka hati-hati bila Anda terbiasa minum alkohol sebelum makan. Bisa jadi Anda malah makan lebih banyak. Hal tersebut tentu berisiko menambah berat badan Anda. Karenanya, biasakan untuk mengonsumsi minuman beralkohol habis makan, sesudah perut Anda terisi makanan dan nutrisi penting.  

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca