Peran Penting Serat Beta-glucan untuk Bantu Kendalikan KolesterolIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Tubuh Anda membutuhkan serat yang umumnya banyak ditemukan pada sayur dan buah. Namun, tidak semua serat itu sama. Ada dua jenis serat makanan yang perlu Anda ketahui, yaitu serat larut dan tidak larut. Salah satu contoh serat larut adalah beta-glucan yang memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Yuk, pelajari lebih dalam peran penting serat beta-glucan dalam tubuh berikut ini.

Manfaat beta-glucan bagi kadar kolesterol tubuh

Beta-glucan (ditulis juga dengan β-glucan) adalah polisakarida yang juga berperan sebagai serat pangan bagi tubuh manusia. Sementara, polisakarida merupakan tipe gula kompleks yang terdiri dari gabungan gula sederhana (monosakarida) yang ada di dalam makanan.

Beta-glucan punya peran penting dalam proses pencernaan manusia. Cara kerjanya yaitu dengan memperlambat laju makanan dalam usus. Dengan begitu, tubuh akan menyerap makanan dalam waktu yang lebih lama. Karena proses penyerapan makanan terjadi secara perlahan, gula darah pun cenderung tidak akan melonjak naik secara tiba-tiba dan perut tidak akan cepat lapar lagi.

Manfaat beta-glucan tak cuma sampai di situ. Salah satu manfaat beta-glucan yang banyak diteliti yaitu untuk mengendalikan kolesterol. Menurut sejumlah penelitian, kandungan alami pada makanan ini dapat berinteraksi dengan lipid (lemak) darah sehingga menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Sebuah studi tahun 2018, menjelaskan bagaimana manfaat beta-glucan dalam mengendalikan kolesterol tetap normal, yaitu:

  • Serat beta-glucan dapat membentuk zat kental yang memperpanjang pengosongan lambung, menghambat perpindahan trigliserida dan kolesterol di usus. Perannya ini dapat mengurangi penyerapan LDL (low density lipoprotein atau dikenal juga dengan lemak jahat.
  • Serat beta-glucan juga mampu mengikat asam empedu, monogliserida, asam lemak bebas, dan kolesterol. Adanya peran beta-glucan pada proses ini bisa membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Bagaimana Anda bisa mendapatkan manfaat beta-glucan?

Serat beta-glukan sangat diperlukan untuk menjaga kadar kolesterol tetap seimbang. Sebenarnya, kolesterol tidak selalu buruk bagi tubuh Anda. Kolesterol tetap dibutuhkan tubuh sebagai komponen pembentuk sel dan berperan dalam berbagai aktivitas biokimia di tubuh, seperti pembentukan asam empedu, hormon steroid, dan vitamin D.

Namun, bila kadar kolesterol jahat melebihi batas normal, berbagai masalah kesehatan bisa terjadi. Kadar kolesterol yang tinggi bisa menumpuk pada hati sehingga menyebabkan perlemakan hati atau bisa juga membentuk plak di sekitar pembuluh darah sehingga menyebabkan penyakit jantung.

Bila Anda menjaga kadar kolesterol tetap normal, itu artinya Anda menjaga kesehatan fungsi jantung dan organ penting lainnya di dalam tubuh. Manfaat beta-glucan yang dapat menurunkan kolesterol ini bisa Anda dapatkan dengan meningkatkan asupan makanan dengan kandungan ini.

Umumnya serat banyak ditemukan pada buah dan sayur. Namun, serat beta-glucan lebih banyak ditemukan pada biji-bijian, gandum, oat, ragi roti, jamur maitake, dan jamur reishi. Selain makanan, serat beta-glucan juga bisa didapatkan dari minuman mengandung susu yang telah diperkaya dengan kandungan beta-glucan.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung serat beta-glucan, menurunkan kadar kolesterol akan lebih ampuh jika diikuti dengan gaya hidup yang lebih sehat. Anda tetap harus menjaga pola makan, rutin olahraga, dan cukup istirahat. Jangan lupa, konsultasikan pada dokter mengenai penerapan gaya hidup yang lebih sehat sekaligus untuk memeriksa kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap normal.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juni 18, 2019 | Terakhir Diedit: Juli 5, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca