Inilah Kenapa Lidah Kesemutan dan Baal Setelah Makan Pedas

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Anda menyukai makan pedas? Ada beberapa orang yang gemar makan pedas karena tertantang dengan rasanya yang ‘meledak-ledak’ di dalam mulut. Justru sensasi panas, lidah terbakar, kesemutan, hingga menjadi baal adalah hal yang dicari oleh para penyuka makanan pedas. Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan lidah kesemutan setelah makan pedas? Berikut adalah penjelasannya.

Mengapa makan pedas bikin lidah baal dan seperti kesemutan?

Jika Anda suka makan pedas, mungkin Anda akan merasakan lidah Anda terasa seperti kesemutan, baal, tidak dapat merasakan rasa. Apalagi jika mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah yang banyak. Hal ini sebenarnya disebabkan oleh zat capsaicin yang ada di dalam cabai.

Zat capsaicin ini yang menyebabkan Anda merasakan rasa pedas dalam makanan Anda. Sensasi panas dan nyeri yang awalnya ditimbulkan oleh zat capsaicin ketika masuk ke dalam mulut dianggap sebagai rasa pedas.

Lidah memiliki saraf yang menerima semua rangsangan – dalam bentuk rasa – yang kemudian akan mengantarkan sinyal ke otak untuk memberitahu rasa apa yang dirasakan saat itu. Saat ia menerima makanan asin, manis, pahit, dan asam, lidah memiliki kemampuan khusus untuk menerima rasa tersebut.

Namun, ketika Anda makan pedas, maka tidak berapa lama kemudian saraf akan mengirimkan dua pesan ke otak, yaitu ‘ini adalah rangsangan sakit’ dan ‘ini adalah rangsangan panas’. Apabila Anda makan makanan pedas dalam jumlah yang banyak, maka sinyal yang dikirim ke otak semakin banyak. Sehingga, otak akan menyimpulkan bahwa lidah sedang kesakitan dan kepanasan, akhirnya timbul rasa kesemutan dan baal pada lidah.

Lalu bagaimana mengatasi lidah yang kesemutan dan baal setelah makan pedas?

Beberapa cara yang bisa menolong Anda dari rasa terbakar, baal, dan kesemutan pada lidah yang diakibatkan karena makan pedas:

  • Minum segelas susu, telah terbukti dapat mengatasi rasa sakit yang Anda rasakan setelah makan pedas. Menurut American Chemical Society, protein yang ada di dalam susu dapat mengurangi rangsangan rasa sakit yang diterima saraf lidah.
  • Ambil satu sendok teh gula. Tentu saja makanan manis dapat membantu hilangkan rasa pedas yang Anda rasakan. Gula dapat menyerap dan menetralkan rasa pedas dari capsaicin yang ada di dalam cabai. Tapi, ingat jatah gula Anda dalam sehari telah berkurang karena mengonsumsi gula satu sendok teh dan jangan mengonsumsi gula terlalu banyak.
  • Sepotong cokelat tidak hanya baik untuk mood Anda, tapi juga mampu atasi lidah yang baal. Kandungan lemak yang terdapat di dalam cokelat akan membuat capsaicin menjadi mudah larut, sehingga rangsangan yang diterima saraf lidah berkurang.
  • Anda butuh sepotong roti bila ingin membebaskan lidah Anda dari rasa baal dan kesemutan akibat makan pedas. Sama seperti kerja cokelat, roti ampuh untuk menyerap capsaicin dan membuat lidah tidak terlalu terbakar.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kencing yang Perlu Anda Ketahui

Anyang-anyangan alias infeksi saluran kencing membuat Anda sering kebelet dan terasa sakit saat buang air kecil. Apa saja penyebab infeksi saluran kencing?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Urologi, Urologi Lainnya 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Nokturia, Penyebab Sering Buang Air Kecil pada Malam Hari

Nokturia adalah kondisi yang membuat Anda sering kencing pada malam hari. Pelajari gejala, penyebab, dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Pria dan Wanita?

Hati-hati, tidak menjaga kesehatan kandung kemih membuat Anda rentan kena berbagai gangguan sistem kemih seperti infeksi saluran kencing hingga kanker.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Ginseng Korea diyakini bisa mengatasi masalah pria, dari impotensi hingga ejakulasi dini. Tapi apakah manfaat ginseng ini sudah terbukti dan teruji klinis?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 05/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

rileksasi tubuh

5 Cara Sederhana untuk Relaksasi Sehabis Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 4 menit
mengobati infeksi saluran kencing obat cefixime antibiotik

7 Pengobatan Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 8 menit
cara menghilangkan varises dengan skleroterapi

Sering Menggoyang-goyangkan Kaki Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 3 menit
sering kencing di malam hari

7 Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil yang Mengganggu

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit