Siapa yang Ingatannya Lebih Kuat: Perempuan Atau Laki-laki?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 November 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Daya ingat setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang mudah lupa dan ada yang mudah mengingat segala hal. Namun, sering kali laki-laki dianggap sebagai orang yang pelupa. Sementara itu, perempuan biasanya punya ingatan yang lebih tajam. Dalam hubungan pribadi, hal ini bisa jadi sumber masalah. Misalnya ketika pasangan yang laki-laki lupa tanggal penting seperti ulang tahun pernikahan.

Kebanyakan pria memang mudah lupa soal hal-hal seperti ini. Lalu, apakah memang sudah kodratnya pria untuk cepat lupa? Atau hanya kebetulan saja? Nah, sebelum memarahi pasangan karena mudah lupa, coba simak dulu penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Daya ingat siapa yang lebih baik?

Perempuan ternyata punya daya ingat yang lebih baik dibandingkan laki-laki. Sebuah penelitian neurologi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association pada 2015 mencatat bahwa cara kerja otak perempuan lebih efektif untuk mengingat hal-hal yang terjadi padanya sehari-hari.

Ketika diberi tugas khusus untuk menguji daya ingat peserta penelitian yang berusia 30 sampai 95 tahun, wanita mampu mengingat berbagai hal dengan baik. Hal-hal tersebut antara lain wajah seseorang, peristiwa penting, suara, bau dan aroma, serta letak benda-benda di rumah. Inilah mengapa seorang istri atau ibu biasanya jadi orang yang paling bisa diandalkan ketika Anda lupa menaruh dompet atau kacamata di rumah.  

BACA JUGA: Sudah di Ujung Lidah, Tapi Tak Juga Ingat. Fenomena Apa Ini?

Perbedaan daya ingat ini akan semakin terlihat ketika Anda memasuki usia 40-an. Studi tersebut menunjukkan bahwa seiring bertambahnya usia, daya ingat laki-laki akan menurun jauh lebih cepat dibanding wanita. Bahkan di usia 60 tahun, bagian otak yang mengatur dan mengelola memori pada laki-laki mengalami penyusutan sehingga ukurannya mengecil. Padahal, bagian otak yang disebut hipokampus ini awalnya berukuran sama besar antara laki-laki dan perempuan.

Mengapa ingatan perempuan lebih tajam dari laki-laki?

Salah satu alasan utama mengapa ingatan perempuan lebih tajam dari laki-laki adalah faktor biologis. Tubuh perempuan memiliki kandungan hormon estrogen dan estradiol yang jauh lebih banyak. Kedua hormon tersebut berperan sangat penting dalam menjaga kesehatan otak. Estrogen mampu melindungi saraf-saraf otak supaya bisa membangun berbagai jalinan koneksi baru.

Koneksi-koneksi yang baru sangat dibutuhkan ketika Anda sedang membentuk suatu memori baru. Sementara itu estradiol berfungsi untuk menanam dan menarik kembali memori dari ingatan jangka panjang.

Namun, saat memasuki masa menopause, ingatan wanita juga akan perlahan-lahan melemah. Ini karena pada saat menopause wanita akan banyak kehilangan hormon estrogen. Meskipun ingatan wanita berkurang di usia menopause, jika dibandingkan dengan laki-laki dalam rentang usia yang sama wanita masih menang dalam urusan mengingat. Hal ini bisa jadi berhubungan dengan faktor sosial.

Sejak zaman prasejarah, manusia bertahan hidup dengan cara berburu dan mencari makan. Laki-laki ditugaskan untuk pergi cukup jauh dan berburu binatang. Sementara itu, perempuan biasanya tetap tinggal di daerah pemukimannya dan mencari tanaman, buah-buahan, dan bahan makanan lainnya. Karena sistem ini, otak laki-laki jadi terlatih untuk mengingat arah dan lokasi. Ini karena mereka biasanya harus berkelana dan mencari jalan ketika berburu.

Ingatan perempuan digunakan untuk menghafal ratusan jenis tanaman. Mereka harus tahu tanaman apa saja yang beracun dan mana yang bisa dipakai untuk mengobati penyakit tertentu.

BACA JUGA: Siklus Menstruasi Ternyata Bantu Perkembangan Otak Wanita

Meski manusia zaman sekarang sudah tidak hidup dengan cara seperti itu, sistem ingatan perempuan dan laki-laki rupanya masih bekerja layaknya berabad-abad lalu. Wanita lebih pandai menghafal dan mengingat hal-hal yang terjadi setiap hari. Sementara pria lebih pandai mengingat jalan dan arah.

Cara meningkatkan daya ingat

Untuk para laki-laki, jangan berkecil hati dulu. Bukan berarti semua laki-laki itu pelupa soal urusan sehari-hari. Faktor lain seperti pendidikan dan kesehatan juga sangat berperan dalam membentuk daya ingat Anda. Untuk menambah kapasitas memori Anda, ada banyak cara yang bisa ditempuh baik oleh perempuan maupun laki-laki.

Mengonsumsi makanan yang bergizi adalah salah satu cara meningkatkan daya ingat. Makanan yang baik untuk otak adalah sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan selada. Perbanyak juga konsumsi ikan dan kacang-kacangan yang kaya akan asam lemak omega-3.

BACA JUGA: 5 Makanan Bernutrisi Baik untuk Kesehatan Otak

Pastikan bahwa Anda cukup istirahat. Kurang tidur akan membuat daya ingat Anda semakin lemah. Ini karena saat Anda tidur, otak akan bekerja untuk mencatat hal-hal yang terjadi pada hari itu ke dalam memori jangka pendek dan panjang. Dengan menjaga pola hidup sehat, Anda bisa menunda proses penuaan dan menurunnya daya ingat.

BACA JUGA: 10 Makanan yang Bisa Menunda Proses Penuaan

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Kista Ganglion

    Ganglion adalah kista yang umumnya terbentuk pada tendon dan persendian yang umum timbul di tangan. Berikut informasi lengkap tentang ganglion.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 1 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

    Flat Foot (Telapak Kaki Datar)

    Normalnya, bagian tengah telapak kaki akan berlekuk. Namun, orang-orang penderita flat feet memiliki telapak kaki datar. Apa efeknya pada kesehatan?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 1 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

    5 Fakta Menarik Seputar Sarapan Bubur Ayam

    Sarapan bubur ayam ternyata rendah kalori, namun bikin Anda cepat lapar lagi. Yuk, perhatikan beragam fakta lainnya soal bubur bagi kesehatan berikut ini.

    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Fakta Unik 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

    Kloning Manusia, Benarkah Bisa Dilakukan? Simak 5 Fakta Unik Seputar Kloning

    Siapa tidak kenal dengan Dolly si Domba, mamalia hasil kloningan pertama yang sempat menggemparkan dunia. Lantas, apakah sudah ada hasil kloning manusia?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Hidup Sehat, Fakta Unik 30 November 2020 . Waktu baca 6 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    cepat turun berat badan pagi hari

    7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Cepat Turun Berat Badan

    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
    berapa banyak makan nasi saat sarapan

    Seberapa Banyak Harusnya Porsi Makan Nasi Saat Sarapan?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
    krim perontok bulu

    Menggunakan Krim untuk Menghilangkan Bulu, Amankah?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
    tekanan darah normal berdasarkan usiaasarkan usia

    Apa Perbedaan Tekanan Darah di Pagi, Siang, dan Malam Hari?

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
    Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit