8 Manfaat Arugula untuk Kesehatan yang Sayang Jika Dilewatkan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Pernah dengan sayur bernama arugula? Sayuran berwarna hijau ini memang belum banyak dikenal, padahal kandungan gizinya hampir sama seperti brokoli, kembang kol, dan kubis. Oleh karena kaya akan kandungan gizi, arugula disebut-sebut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Apa saja ya?

Segudang manfaat arugula untuk kesehatan

Arugula yang berasal dari wilayah Mediterania ini ternyata memiliki sedikit rasa sensasi pedas ketika dimakan. Meski begitu, jangan meragukan kandungan gizi di dalamnya. Pasalnya, arugula sudah terbukti mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, di antaranya vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, asam folat, kalium, hingga fosfor. 

Lalu, apa saja ya manfaat arugula yang Anda bisa dapatkan jika makan si sayuran hijau ini?

1. Membantu melawan kanker

makanan untuk penderita diabetes

Sama seperti ‘saudaranya’ si brokoli yang bisa melawan kanker, sayur arugula juga terbukti dapat menghalau pertumbuhan kanker, khususnya kanker usus besar dan kanker paru. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan jika kemampuan arugula dalam melawan kanker lebih besar ketimbang sayuran lain seperti selada dan kubis.

Kandungan sulforaphane yang terdapat pada arugula juga dapat menghalangi pertumbuhan enzim histone deacetylase (HDAC) yang diketahui terlibat dalam pertumbuhan kanker. Zat sulforaphane yang ada di alam arugula dapat memicu sel kanker untuk menghancurkan diri.

2. Membantu tumbuh kembang janin

manfaat vitamin b kompleks untuk ibu hamil

Manfaat arugula juga bisa didapatkan oleh ibu hamil. Kandungan folat atau vitamin B yang terdapat pada arugula dapat membantu 

meningkatkan pertumbuhan DNA dan materi genetik lainnya pada janin.

Hal ini sangat baik untuk ibu hamil atau wanita yang sedang melakukan program kehamilan karena kekurangan folat dapat menyebabkan cacat pada bayi dalam kandungan.

3. Menjaga kesehatan tulang

mencegah tulang keropos

Nah, manfaat arugula selanjutnya adalah dapat mencegah tulang keropos atau osteoporosis. Kandungan vitamin K dan kalsium yang sangat tinggi di dalam arugula bisa menjaga kesehatan tulang dan membuatnya tetap kuat.

4. Memperkuat sistem imun

sistem imun manusia sehat keluarga

Manfaat arugula lainnya bisa Anda dapatkan karena kandungan vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C adalah antioksidan yang baik dan dapat membantu menyerap zat besi pada makanan serta menjaga kesehatan jaringan tubuh.

Sementara vitamin A adalah antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan sistem imun dan pertumbuhan sel dengan baik. Maka itu, kombinasi kedua vitamin ini mampu membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih kuat dari serangan berbagai penyakit.

5. Menjaga kesehatan jantung

detak jantung tidak normal

Tak hanya baik untuk sistem imun, arugula juga terbukti bisa menjaga kesehatan jantung Anda. Manfaat arugula ini berasal dari kandungan vitamin C dan vitamin K-nya yang mampu mencegah risiko penyakit jantung.

Sebuah studi yang dirilis oleh Journal of the American College of Nutrition seperti yang dimuat di HealWithFoodmenyatakan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen vitamin C setiap hari menunjukkan penurunan pada protein C-reaktif, atau protein yang dihasilkan oleh hati jika tubuh mengalami infeksi sebanyak 24%.

6. Meningkatkan gairah seks pada pria

seks karezza

Di negara Arab, sayuran ini dikenal sebagai afrodisiak, yaitu bahan alami yang bisa meningkatkan gairah seks. Baik biji maupun daunnya yang lembut dapat meningkatkan gairah seksual, khususnya pada laki-laki.

Sebuah studi yang dirilis pada Maret 2013 oleh Journal Al-Nahrain University menyatakan bahwa ekstrak daun arugula dapat meningkatkan hormon testosteron dan produksi sperma. Hal ini menunjukkan bahwa sayuran ini memiliki afrodisiak dan kemampuan meningkatkan kesuburan pada pria.

7. Bikin tubuh tetap bugar

olahraga pakai tangga

Arugula adalah sayuran yang mengandung kalium. Kalium adalah mineral dan elektrolit yang sangat penting bagi jantung dan sistem saraf. Selain itu, kalium juga membantu otot untuk bekerja dengan baik.

Kinerja otot yang baik dapat meningkatkan kemampuan atau pertahanan tubuh saat berolahraga, khususnya kalium juga dapat meningkatkan oksigenasi pada otot sehingga otot tidak mudah lelah saat berolahraga.

Dengan kondisi otot yang baik dan sehat, Anda tidak akan mudah lelah saat berolahraga dan tubuh Anda akan menjadi lebih bugar.

8. Menjaga kesehatan mata

merawat kulit sekitar mata

Kesehatan mata dapat dijaga dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, vitamin K, dan beta karoten.

Manfaat arugula untuk menjaga kesehatan mata  adalah dengan menghindarkan retina mata Anda dari gangguan radikal bebas dan menjaga kesehatan mata Anda secara keseluruhan karena sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat ini, memiliki kandungan vitamin A, vitamin K dan beta karoten yang tinggi.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca