Kesibukan dan aktivitas sehari-hari kadang menjadi faktor seseorang lupa minum obat. Terlebih jika Anda memiliki suatu kondisi kesehatan tertentu, Anda diwajibkan untuk tepat waktu dalam mengonsumsi berbagai obat dalam satu hari. Adakah cara yang bisa dilakukan agar ingat dan tidak lupa minum obat?

Tips dan cara untuk tidak lupa minum obat

1. Pelajari dulu obat yang Anda minum setiap hari

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mempelajari lebih banyak tentang obat yang diminum sehari-hari. Jika Anda belajar tentang kondisi kesehatan diri sendiri, dengan begitu juga akan memotivasi Anda agar bisa menjaga kesehatan dan untuk selalu minum obat tepat waktu. Hal ini sangat penting dilakukan, apabila gejala dan kondisi kesehatan tertentu Anda gampang muncul.

Pelajari juga tentang efek samping dari obat-obatan yang Anda gunakan, agar Anda dapat mengenali bahayanya. Banyak juga efek samping obat-obatan yang bersifat sementara, jadi pastikan untuk menanyakan kepada dokter tentang efek samping jangka pendek dan jangka panjang obat yang Anda gunakan.

2. Gunakan kotak obat dengan jadwal tertera

Salah satu cara agar tidak lupa minum obat adalah dengan mengatur obat dan jadwal untuk meminumnya. Anda bisa menggunakan kotak obat yang banyak di jual di apotek besar. Kotak obat berguna jika Anda tipikal orang yang mudah lupa untuk minum obat.

(Source: Shutterstock)

Kotak ini juga sangat berguna bagi orang yang mengonsumsi obat setiap hari dan pada waktu yang berbeda. Dengan bentuknya yang dibagi menjadi beberapa bagian, kotak bisa digunakan untuk waktu satu minggu mengonsumsi obat, bisa lebih dan bahkan ada yang dipisah perharinya. Kotak ini mudah dibawa berpergian dan biasanya banyak digunakan untuk pasien yang sudah berumur lebih lanjut.

3. Pakai pengingat atau aplikasi minum obat di handphone

Mungkin Anda tidak akan lupa untuk tidak membawa handphone Anda kemanapun. Namun, bagaimana dengan minum obat yang dasarnya lebih penting daripada handphone? Berhubung teknologi sudah makin canggih, Anda bisa menggunakan pengingat atau aplikasi pada handphone Anda.

Aplikasi ini berfungsi untuk membantu mengingat dan melacak penggunaan obat yang ada di dalam telepon genggam Anda. Misalnya, aplikasi pengingat pil KB gratis, yang dapat menyimpan daftar lengkap semua obat Anda. Anda juga dapat menambahkan catatan pribadi atau akses informasi penting mengenai obat yang sedang digunakan. Ditambah, semua data hanya disimpan di handphone pribadi, yang mana aman dan hanya bisa diakses oleh Anda.

4. Lakukan bersamaan dengan kegiatan sehari-hari

Anda bisa minum obat berbarengan dengan rutinitas harian Anda. Contohnya, pisah dan buat jadwal minum obat pagi sehabis makan atau sarapan, dan minum obat malam sebelum tidur. Tempatkan juga obat-obatan pada tempat yang mudah terlihat, guna mencegah malas dan lupa meminum obat.

Pastikan Anda menyimpan obat Anda di tempat yang aman serta jauh dari jangkauan bayi atau balita. Taruh obat di suhu yang normal, contohnya hindari menaruh obat di kamar mandi beruap panas. Karena sebagian besar obat stabil pada suhu kamar, namun dalam kondisi ekstrim, obat bisa hancur atau bahkan meleleh.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca