Wajar jika merasa sebal, khawatir, dan sedih melihat pasangan yang mulai kembali merokok lagi setelah sekian lama absen. Namun, langsung mengomel tak karuan bukanlah solusi yang tepat untuk membawanya kembali ke jalan yang benar. Lantas, apa yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan pasangan kembali merokok lagi agar usahanya selama ini tidak terbuang sia-sia?

Apa yang harus dilakukan jika pasangan merokok lagi?

sulit berhenti merokok

1. Cari tahu alasan pasangan merokok lagi

Meski sudah bulanan atau bahkan tahunan hidup bebas nikotin, keinginan untuk kembali merokok kadang bisa muncul lagi ke permukaan. Apalagi saat sedang dilanda stres berat atau kelelahan. Ini yang belakangan dikeluhkan oleh pasangan Anda?

Jika belakangan pasangan mulai cari-cari kesempatan untuk “sebat (sebatang rokok-red) dulu, ya?”, sebaiknya Anda selidiki lagi lebih dalam apa yang menjadi pemicunya ingin merokok lagi.

Bagi banyak mantan perokok, merokok diidentikkan dengan cara mengusir stres atau meredakan amarah. Nah, apa yang khususnya membuat ia stres atau marah? Apakah masalah pekerjaan di kantor, rumah tangga, atau hal lainnya? Anda bisa tahu apa yang melatarbelakangi alasan ia kembali merokok dengan mengajaknya bicara dari hati ke hati.

Anda hanya perlu mendengarkan jawaban pasangan Anda, tapi jangan pernah menghakiminya.

2. Alihkan perhatiannya dari rokok

Mengalihkan perhatian adalah cara yang cukup efektif untuk membantu Anda mengendalikan rasa ngidam merokok si pasangan. Buatlah daftar hal-hal yang pasangan gemari dan lakukan beberapa kegiatan dari daftar tersebut.

Anda bisa ajak dia pergi jalan-jalan, menonton film, atau mengerjakan hobinya seperti bersepeda keliling komplek. Buat jadwal “nge-date” semenyenangkan mungkin, dan ini akan membantunya melupakan keinginan untuk merokok yang dipicu oleh stres atau kebosanan.

Namun yang juga tak kalah penting: jika Anda sudah mengetahui apa yang jadi alasan mendasar pasangan untuk kembali merokok lagi, misalnya karena masalah finansial rumah tangga, buatlah rencana berdua untuk menaklukkan si kambing hitam itu bersama-sama.

3. Genjot lagi semangatnya untuk terus setop merokok

Meski rasanya dongkol melihat pasangan yang keras kepala ingin kembali merokok lagi, cobalah tunjukkan kekhawatiran Anda dengan cara yang positif. Marah-marah, ceramah panjang lebar, dan menghakimi hanya akan membuatnya semakin stres, yang akan semakin membakar hasrat pasangan untuk kembali mengisap nikotin.

Mayoritas dari perokok sebenarnya sangat ingin berhenti. Mereka benci perasaan ketergantungan dan kecanduan nikotin. Mereka juga menyadari dan mengkhawatirkan risiko penyakit yang terkait dengan kebiasaan merokok.  Namun, mereka tidak berdaya untuk menyingkirkan tembakau dari hidupnya.

Anda juga harus menyadari bahwa untuk langsung berhenti dari kecanduan rokok itu memang susah-susah gampang. Prosesnya pasti akan memakan waktu lama serta niat dan dan usaha yang tidak main-main. Maka, Anda sebagai pasangan yang sudah berkomitmen untuk susah-senang bersama juga jangan pernah berhenti memberi motivasi dan dukungan untuknya kembali berhenti lagi.

Beri tahu bahwa dia sudah pernah berhasil sebelumnya, sehingga lanjut berhenti merokok bukanlah hal yang mustahil baginya. Bantu pasangan Anda membuat rencana berhenti merokok. Anda juga bisa membekalinya permen karet atau camilan sehat untuk menangkal rasa ngidam rokok ketika di kantor.

Jika kurang yakin, Anda boleh mengajaknya berkonsultasi ke dokter untuk membuat rencana mendetail tentang program berhenti merokok.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca