Cara Membantu Pasangan Berhenti Merokok

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Jika Anda merasa terganggu karena pasangan Anda merokok dan khawatir akan kesehatannya, maka bantulah ia untuk berhenti. Namun, hal itu harus diawali dari keinginan pasangan Anda sendiri dan bukan karena keterpaksaan. Anda dapat mengajukan beberapa saran yang dapat membantunya berhenti. Karena nikotin merupakan bahan yang adiktif, maka untuk dapat terlepas sepenuhnya sangatlah sulit. Oleh karena itu, Anda jangan cepat menyerah, ingatlah selalu bahwa pasangan Anda membutuhkan dukungan untuk dapat membuatnya berhasil. Mari kita lihat berbagai cara membantu pasangan berhenti merokok, di bawah ini.

11 langkah membuat pasangan berhenti merokok

Langkah 1: siapkan fakta

Lakukan beberapa pengamatan dan persenjatai diri Anda dengan fakta-fakta tentang asap rokok. Bahkan jika dia tidak peduli tentang kesehatannya, Anda dapat mendapatkan perhatiannya dengan memperlihatkan risiko yang ia beri kepada Anda dan keluarga sebagai perokok pasif.

Langkah 2: simpan emosi

Jangan biarkan ini menjadi isu perdebatan antara kalian berdua. Anda tidak akan bisa membujuknya jika ia melihat percakapan Anda sebagai omelan. Suarakan keprihatinan Anda dan tunjukkan bahwa Anda sedih dengan kecanduan yang dialami pasangan Anda. Tapi, cobalah untuk tidak mengekspresikan kemarahan pada seluruh perkataan Anda.

Langkah 3: awali dengan mengurangi

Sarankan pasangan Anda untuk mengurangi jumlah rokok yang ia hirup per harinya. Hal ini dapat Anda lakukan jika ia tidak siap untuk berhenti total. Lagipula, seorang pecandu rokok akan sulit untuk berhenti, sama seperti pecandu alkohol. Jadi, biarkan ia mengurangi kuantitas rokok sedikit demi sedikit hingga ia dapat bebas dari rokok sepenuhnya.

Langkah 4: buat daftar pro vs kontra

Bantulah pasangan Anda untuk membuat daftar mengapa ia memilih untuk merokok serta manfaat dari berhenti merokok. Hal ini dapat membantu ia menjelaskan motivasinya sekaligus membantunya untuk berhenti.

Langkah 5: beri dukungan

Biarkan dia tahu bahwa meskipun ia pernah gagal dalam mencoba berhenti sebelumnya, kali ini ia akan berhasil. Perokok sering kali mencoba lebih dari satu kali sebelum ia berhasil sepenuhnya. Ingatlah untuk tidak membiarkan ia menyerah pada dirinya sendiri.

Langkah 6: tentukan deadline

Bantulah ia untuk memutuskan hari apa ia harus berhenti. Sarankan untuk memilih tanggal yang signifikan (itu bisa jadi di hari ulang tahun Anda) dan persiapkan segala hal untuk itu. Ketika pasangan Anda bisa menghabiskan bungkus rokok terakhirnya, maka Anda harus siap untuk mengalihkan pikirannya dari rokok dengan alternatif sehat. Bantu dia menyiapkan makanan ringan bergizi, atau bergabunglah di tempat gym bersama dengan pasangan Anda, sehingga Anda berdua bisa fokus pada perkembangan gaya hidup sehat.

Langkah 7: cari dukungan lain

Doronglah dia untuk bergabung dengan kelompok pendukung yang membantu mantan perokok. Jelajahi kelompok online yang dapat Anda sarankan kepada pasangan.

Langkah 8: catat!

Sarankan pasangan Anda menulis buku harian untuk membantu Anda melacak kapan ia memiliki hasrat untuk menyentuh rokok, sekaligus membantunya untuk meningkatkan kepedulian pada setiap pola, sehingga ia dapat mempersiapkan dirinya.

Langkah 9: jauhi godaan

Bantulah ia untuk mematahkan kebiasaan yang terkait dengan rokok. Sarankan ia untuk pergi ke tempat-tempat di mana merokok itu dilarang, seperti di bioskop. Habiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman yang bukan perokok bersamanya, sehingga ia terhindar dari godaan untuk merokok.

Langkah 10: gagal? Coba lagi

Teruslah mendorong dia, bahkan jika ia gagal. Anda dapat membantunya untuk mencari tahu mengapa ia gagal sekaligus membantunya untuk belajar dari itu. Desak dia untuk mencoba lagi, dan biarkan ia tahu bahwa Anda percaya ia akan sukses.

Langkah 11: tanya apa yang ia butuhkan

Jangan lupa untuk bertanya apa yang ia inginkan dari Anda untuk membantunya berhenti. Masing-masing orang bereaksi pada situasi stres dengan cara yang berbeda, jadi jangan berasumsi bahwa Anda memegang seluruh jawaban yang terbaik untuk melayani kebutuhannya.

Langkah 12: beri pujian dan imbalan

Bantulah ia menjaga moral dengan pujian dan hadiah. Pertimbangkan untuk membuat kalender pribadi untuk membantunya menandai jumlah hari ketika ia terbebas dari asap rokok. Rencanakanlah untuk memberinya imbalan jika telah memenuhi target tertentu.

Langkah 13: jangan mengkritik

Hindarilah kritikan. American Cancer Society merekomendasikan Anda untuk tidak menghakimi, menguliahi, atau menghukum seseorang yang dapat membuat perokok merasa buruk akan diri mereka sendiri. Jika Anda mengkritiknya, maka pasangan Anda akan berpikir bahwa  ia membutuhkan rokok untuk membuatnya merasa lebih baik.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Wanita yang Jadi Perokok Pasif Berisiko Susah Hamil?

Rokok bukan hanya membahayakan kehamilan, tapi juga dapat membuat perokok pasif susah hamil atau meningkatkan risiko mandul pada wanita perokok pasif.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Masalah Kesuburan, Kesuburan, Kehamilan 18 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Berbagai Posisi Tidur yang Baik dan Buruk untuk Kesehatan

Posisi tidur yang buruk akan menyebabkan pada kelelahan, gangguan tidur, hingga nyeri punggung. Lalu, bagaimana posisi tidur yang baik?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Pola Tidur Sehat 15 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

8 Sebab Mengapa Seseorang Memiliki Wajah yang Tidak Simetris

Bagaimana bentuk wajah Anda saat berkaca? Apakah posisi mata, telinga, dan bagian muka lainnya sudah tepat atau tidak simetris?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 11 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Psikopat

Psikopat adalah gangguan kepribadian yang penderitanya cenderung bertindak kriminal. Simak informasi lengkap mengenai psikopat di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Mental, Gangguan Mental Lainnya 10 Februari 2021 . Waktu baca 12 menit

Direkomendasikan untuk Anda

minyak kelapa untuk bayi

Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi, Mulai dari Mengatasi Eksim Sampai Melebatkan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
cara berhenti merokok

12 Cara Berhenti Merokok yang Terbukti Ampuh dan Bebas Risiko “Sakau”

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 11 menit
obat berhenti merokok

4 Jenis Obat di Apotek untuk Membantu Anda Berhenti Merokok

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
bahaya vape rokok elektrik

Macam-Macam Jenis Vape (Rokok Elektrik) Plus Risiko Bahayanya yang Perlu Anda Tahu

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 19 Februari 2021 . Waktu baca 8 menit