Cara Membantu Pasangan Berhenti Merokok

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18/03/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Jika Anda merasa terganggu karena pasangan Anda merokok dan khawatir akan kesehatannya, maka bantulah ia untuk berhenti. Namun, hal itu harus diawali dari keinginan pasangan Anda sendiri dan bukan karena keterpaksaan. Anda dapat mengajukan beberapa saran yang dapat membantunya berhenti. Karena nikotin merupakan bahan yang adiktif, maka untuk dapat terlepas sepenuhnya sangatlah sulit. Oleh karena itu, Anda jangan cepat menyerah, ingatlah selalu bahwa pasangan Anda membutuhkan dukungan untuk dapat membuatnya berhasil. Mari kita lihat berbagai cara membantu pasangan berhenti merokok, di bawah ini.

11 langkah membuat pasangan berhenti merokok

Langkah 1: siapkan fakta

Lakukan beberapa pengamatan dan persenjatai diri Anda dengan fakta-fakta tentang asap rokok. Bahkan jika dia tidak peduli tentang kesehatannya, Anda dapat mendapatkan perhatiannya dengan memperlihatkan risiko yang ia beri kepada Anda dan keluarga sebagai perokok pasif.

Langkah 2: simpan emosi

Jangan biarkan ini menjadi isu perdebatan antara kalian berdua. Anda tidak akan bisa membujuknya jika ia melihat percakapan Anda sebagai omelan. Suarakan keprihatinan Anda dan tunjukkan bahwa Anda sedih dengan kecanduan yang dialami pasangan Anda. Tapi, cobalah untuk tidak mengekspresikan kemarahan pada seluruh perkataan Anda.

Langkah 3: awali dengan mengurangi

Sarankan pasangan Anda untuk mengurangi jumlah rokok yang ia hirup per harinya. Hal ini dapat Anda lakukan jika ia tidak siap untuk berhenti total. Lagipula, seorang pecandu rokok akan sulit untuk berhenti, sama seperti pecandu alkohol. Jadi, biarkan ia mengurangi kuantitas rokok sedikit demi sedikit hingga ia dapat bebas dari rokok sepenuhnya.

Langkah 4: buat daftar pro vs kontra

Bantulah pasangan Anda untuk membuat daftar mengapa ia memilih untuk merokok serta manfaat dari berhenti merokok. Hal ini dapat membantu ia menjelaskan motivasinya sekaligus membantunya untuk berhenti.

Langkah 5: beri dukungan

Biarkan dia tahu bahwa meskipun ia pernah gagal dalam mencoba berhenti sebelumnya, kali ini ia akan berhasil. Perokok sering kali mencoba lebih dari satu kali sebelum ia berhasil sepenuhnya. Ingatlah untuk tidak membiarkan ia menyerah pada dirinya sendiri.

Langkah 6: tentukan deadline

Bantulah ia untuk memutuskan hari apa ia harus berhenti. Sarankan untuk memilih tanggal yang signifikan (itu bisa jadi di hari ulang tahun Anda) dan persiapkan segala hal untuk itu. Ketika pasangan Anda bisa menghabiskan bungkus rokok terakhirnya, maka Anda harus siap untuk mengalihkan pikirannya dari rokok dengan alternatif sehat. Bantu dia menyiapkan makanan ringan bergizi, atau bergabunglah di tempat gym bersama dengan pasangan Anda, sehingga Anda berdua bisa fokus pada perkembangan gaya hidup sehat.

Langkah 7: cari dukungan lain

Doronglah dia untuk bergabung dengan kelompok pendukung yang membantu mantan perokok. Jelajahi kelompok online yang dapat Anda sarankan kepada pasangan.

Langkah 8: catat!

Sarankan pasangan Anda menulis buku harian untuk membantu Anda melacak kapan ia memiliki hasrat untuk menyentuh rokok, sekaligus membantunya untuk meningkatkan kepedulian pada setiap pola, sehingga ia dapat mempersiapkan dirinya.

Langkah 9: jauhi godaan

Bantulah ia untuk mematahkan kebiasaan yang terkait dengan rokok. Sarankan ia untuk pergi ke tempat-tempat di mana merokok itu dilarang, seperti di bioskop. Habiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman yang bukan perokok bersamanya, sehingga ia terhindar dari godaan untuk merokok.

Langkah 10: gagal? Coba lagi

Teruslah mendorong dia, bahkan jika ia gagal. Anda dapat membantunya untuk mencari tahu mengapa ia gagal sekaligus membantunya untuk belajar dari itu. Desak dia untuk mencoba lagi, dan biarkan ia tahu bahwa Anda percaya ia akan sukses.

Langkah 11: tanya apa yang ia butuhkan

Jangan lupa untuk bertanya apa yang ia inginkan dari Anda untuk membantunya berhenti. Masing-masing orang bereaksi pada situasi stres dengan cara yang berbeda, jadi jangan berasumsi bahwa Anda memegang seluruh jawaban yang terbaik untuk melayani kebutuhannya.

Langkah 12: beri pujian dan imbalan

Bantulah ia menjaga moral dengan pujian dan hadiah. Pertimbangkan untuk membuat kalender pribadi untuk membantunya menandai jumlah hari ketika ia terbebas dari asap rokok. Rencanakanlah untuk memberinya imbalan jika telah memenuhi target tertentu.

Langkah 13: jangan mengkritik

Hindarilah kritikan. American Cancer Society merekomendasikan Anda untuk tidak menghakimi, menguliahi, atau menghukum seseorang yang dapat membuat perokok merasa buruk akan diri mereka sendiri. Jika Anda mengkritiknya, maka pasangan Anda akan berpikir bahwa  ia membutuhkan rokok untuk membuatnya merasa lebih baik.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Penyebab Bau Kaki Tidak Sedap (dan Cara Mengusirnya)

    Masalah bau kaki tak sedap tentu sangat mengganggu. Untuk mengusir masalah ini, ikuti tips-tips dari para ahli dan bebaskan diri Anda dari bau kaki.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Tips Sehat 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    7 Mitos yang Salah Tentang Membentuk Otot

    Sudah olahraga mati-matian tapi otot tak juga terbentuk? Mungkin karena Anda mengikuti aturan membentuk otot yang hanya mitos belaka.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Adinda Rudystina
    Kebugaran, Hidup Sehat 12/06/2020 . Waktu baca 4 menit

    Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres

    Pertolongan pertama saat stres: gunakan minyak esensial untuk meredakan stres. Apa saja jenis minyak esensial dan bagaimana cara menggunakannya?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Tips Sehat 05/06/2020 . Waktu baca 6 menit

    Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

    Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Psikologi 26/05/2020 . Waktu baca 6 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    menjaga kebersihan diri

    Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
    Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit
    apa itu kolesterol

    7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit
    frozen yogurt vs es krim sehat mana

    Frozen Yogurt Versus Es Krim, Lebih Sehat Mana?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit
    arti kedutan

    Otot Sering Kedutan, Bahaya atau Tidak?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit