Nama Generik: Centaury

Manfaat

Untuk apa centaury?

Centaury adalah tanaman obat untuk mengatasi dispepsia (maag), kurangnya sekresi lambung, dan hilangnya nafsu makan. Dalam obat tradisional, centaury adalah herbal yang diyakini bermanfaat sebagai anthelmintic, antidiabetes, antihipertensi, dan mengatasi batu ginjal. Belum ada bukti ilmiah yang mendukung kegunaan atau fungsi obat herbal ini.

Centaury adalah tanaman yang dapat diberikan pada bayi dan anak-anak untuk mengatasi kecemasan, insomnia, sakit perut, sindrom iritasi usus, dan peradangan pada kulit. Tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengatasi gejala attention deficit disorder dan anak hiperaktif.

Bagaimana cara kerjanya?

Bunga centaury adalah tanaman herbal yang belum banyak diteliti cara kerjanya. Silakan diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa studi yang menunjukkan komponen kimia xanthone pada centaury dapat berperan sebagai antioksidan dan memiliki beberapa sifat anti peradangan, meskipun buktinya tidak terlalu kuat. Komponen asam phenolic dalam bunga centaury dapat menjadi antipireti, dan komponen gentiopicrosida serta monoterpenoidnya yang memiliki fungsi antimalaria.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk centaury untuk orang dewasa?

Tidak ada bukti klinis yang tersedia untuk petunjuk dosis centaury. Dosis suplemen herbal ini mungkin berbeda untuk setiap pasien. Dosis yang digunakan tergantung usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Suplemen herbal tidak selalu aman. Silakan diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk dosis yang sesuai.

Dalam bentuk apa saja centaury tersedia?

Centaury adalah tanaman yang bisa dijadikan suplemen herbal dan dapat tersedia dalam bentuk seperti ekstrak cairan, bubuk, atau tanamannya dalam bentuk utuh.

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh centaury?

Centaury adalah salah satu tanaman herbal yang menyebabkan sedikit efek samping termasuk anoreksia dan reaksi alergi.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda khawatir dengan efek sampingnya, silakan konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi centaury?

Simpan produk centaury jauh dari cahaya dan tempat lembap. Tidak ada penelitian pendukung yang tersedia untuk penggunaan atau fungsi obat herbal ini.

Dosis dari tanaman herbal berbeda pada tiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Tanaman herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Jadi, selalu diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Seberapa amankah centaury?

Centaury adalah salah satu tanaman yang sebaiknya tidak digunakan saat hamil dan menyusui. Orang dengan tukak lambung atau masalah perut sebaiknya tidak menggunakan obat herbal ini.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi centaury?

Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan obat yang sedang digunakan atau kondisi medis Anda sekarang. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter Anda sebelum menggunakannya.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 28, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 28, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan