Apa itu astragalus?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Manfaat

Apa manfaat akar astragalus?

Astragalus adalah salah satu herbal yang akarnya digunakan dalam pengobatan Tiongkok kuno. Salah satu manfaatnya adalah untuk  meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh. Astragalus dianggap sebagai afrodisiak (penambah gairah seks) dan bisa meningkatkan motilitas sperma.

Akar astragalus digunakan untuk mengatasi gejala flu, infeksi pernapasan bagian atas, alergi, fibromyalgia, anemia, HIV/AIDS, dan untuk memperkuat serta mengatur sistem kekebalan tubuh. Herbal ini juga digunakan untuk chronic fatigues syndrome (sindrom kelelahan kronis), penyakit ginjal, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Astragalus adalah akar herbal yang diyakini manfaatnya untuk membantu melindungi tubuh dari penyakit seperti kanker dan diabetes. Herbal ini mengandung antioksidan, yang melindungi sel dari kerusakan.

Bagaimana cara kerjanya?

Tidak ada penelitian yang cukup mengenai bagaimana cara kerja suplemen herbal ini. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa beberapa bukti awal menunjukkan bahwa astragalus, baik dikonsumsi sendiri atau dalam kombinasi dengan herbal lain bisa bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, jantung, dan hati, serta sebagai pengobatan tambahan untuk kanker.

Peneliti percaya bahwa astragalus bekerja dengan merangsang beberapa faktor sistem kekebalan. Pada uji laboraturium, ekstrak astragalus bisa meningkatkan aktivitas monosit (pembunuh alami sel) serta limfosit, bahkan ketika aktivitas keduanya tertahan oleh zat seperti steroid.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk astragalus?

Akar astragalus adalah salah satu herbal yang belum memiliki hasil penelitian yang akurat mengenai manfaat dan kegunaannya untuk kondisi tertentu. Namun, yang direkomendasikan secara umum adalah 2 sampai dengan 6 gram bubuk akar setiap hari.

Dosis suplemen herbal ini berbeda-beda pada setiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Dalam bentuk apa saja astragalus tersedia?

Akar astragalus adalah produk herbal yang tersedia dalam berbagai bentuk dan dosis. Akar tanaman astragalus biasanya digunakan dalam sop, teh, ekstrak, atau kapsul. Astragalus biasanya dicampur dengan herbal lain seperti ginseng, angelica, dan licorice (akar manis).

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh astragalus?

Astragalus adalah herbal yang dianggap aman bagi kebanyakan orang dewasa. Kemungkinan efek samping dari herbal ini tidak begitu diketahui kerena astragalus umumnya digunakan dalam kombinasi dengan herbal lain.

Astragalus bisa membuat sistem kekebalan tubuh lebih aktif. Hal ini dapat memperparah gejala penyakit autoimun seperti multiple sclerosis (MS), lupus, dan rematik.

Beberapa jenis astragalus, yang tidak ditemukan dalam suplemen nutrisi bagi manusia, beberapa ada yang bisa beracun.

Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi astragalus?

Akar astragalus adalah tanaman herbal yang sebaiknya tidak digunakan pada infeksi, demam, atau peradangan. Umumnya akar astragalus ini digunakan sebagai larutan, jamu-jamuan rebus, ekstrak cairan, atau dalam bentuk kapsul.

Sedangkan sediaan astragalu dalam bentuk suntik bisa digunakan untuk mengobati virus myocarditis hanya boleh dilakukan oleh ahli kesehatan.

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak seketat peraturan obat-obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah astragalus?

Bukti yang menunjukkan bahwa astragalus aman bagi wanita yang sedang menyusui kurang memadai. Bicarakan dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat, termasuk herbal.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi astragalus?

Astragalus adalah tanaman yang memiliki efek merangsang sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu astragalus kemungkinan akan memengaruhi efek immunosuppressive dari cyclosporine dan kelas obat kortison. Hindari penggunaan astragalus pada waktu bersamaan dengan obat tersebut atau obat immune-modulating lainnya.

Akar astragalus juga dapat membuat tubuh sulit terbebas dari lithium, sehingga tingkat obat tinggi yang berbahaya dapat terjadi.

Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan pengobatan lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: April 18, 2018