backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

7 Manfaat Pasak Bumi untuk Kesehatan dan Vitalitas Pria

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 07/09/2023

    7 Manfaat Pasak Bumi untuk Kesehatan dan Vitalitas Pria

    Pasak bumi telah sejak lama dipercaya mampu meningkatkan vitalitas dan gairah seksual pria, Namun, tahukah Anda bahwa ternyata pasak bumi juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan pria?

    Untuk mengetahui manfaat selengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

    Berbagai manfaat pasak bumi untuk kesehatan pria

    Pasak bumi (Eurycoma longifolia) adalah tanaman herbal yang banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara. Tanaman yang dimanfaatkan akarnya ini juga dikenal sebagai tongkat ali.

    Banyak pria memakai pasak bumi untuk mengobati lemah syahwat atau impotensi. Tanaman ini juga dianggap memiliki efek afrodisiak, yaitu dapat meningkatkan gairah seksual.

    Tak hanya itu, tanaman tongkat ali yang kini telah banyak dikemas dalam bentuk suplemen juga punya berbagai manfaat untuk kesehatan pria seperti berikut.

    1. Membantu mengatasi disfungsi ereksi

    gejala impotensi

    Ekstrak pasak bumi biasanya dijadikan sebagai obat kuat alami untuk membantu kalangan pria yang mengalami impotensi atau disfungsi ereksi.

    Sebuah studi dalam jurnal Maturitas (2021) menemukan bahwa konsumsi ekstrak pasak bumi selama enam bulan membantu pria paruh baya yang mengalami impotensi.

    Pemberian suplemen yang dibarengi dengan olahraga rutin 60 menit sebanyak tiga hari dalam seminggu juga membantu meningkatkan kadar hormon testosteron dalam tubuh pria.

    2. Membantu pria yang tidak subur

    Tidak hanya wanita, pria juga berisiko mengalami gangguan kesuburan. Untuk mengatasinya, sebagian pria memilih menggunakan obat herbal, salah satunya pasak bumi.

    Konsumsi ekstrak tongkat ali memang diketahui dapat membantu meningkatkan kadar hormon testosteron pria.

    Selain itu, para peneliti juga meyakini bahwa obat herbal ini membantu mengatasi ketidaksuburan pria dengan meningkatkan kualitas sperma dan volume air mani saat ejakulasi.

    3. Meningkatkan gairah seksual (libido) pria

    Apabila Anda memiliki masalah dengan libido yang rendah, ekstrak tumbuhan tongkat ali mungkin bisa menjadi salah satu solusinya.

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Eurycoma longifolia membantu meningkatkan libido pria, bahkan tanpa perlu rangsangan seksual secara fisik.

    Efek afrodisiak ini mungkin disebabkan oleh kandungan dalam tongkat ali yang meningkatkan kadar testosteron dan dopamin dalam otak.

    4. Meningkatkan energi

    Suplemen pasak bumi juga digunakan sebagai suplemen ergogenik. Artinya, suplemen ini dapat membantu meningkatkan energi dan kesehatan pria dengan testosteron rendah.

    Selain itu, obat herbal ini juga digunakan sebagian pria untuk meningkatkan vitalitasnya. Hal ini bisa membantu pria yang ingin lebih tahan lama di atas ranjang.

    5. Menurunkan tingkat stres

    suplemen untuk pria

    Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition (2013) menguji manfaat ekstrak tongkat ali untuk mengatasi stres.

    Hasilnya, sebanyak 63 partisipan yang mengonsumsi suplemen herbal ini melaporkan tingkat stres yang lebih rendah dan stabil dibandingkan dengan sebelum mengonsumsinya.

    Para peneliti menjelaskan bahwa tongkat ali membantu menurunkan hormon penyebab stres dan meningkatkan hormon anti-stres dalam tubuh.

    6. Menjaga kesehatan otot dan tulang

    Pasak bumi membantu meningkatkan energi dan kekuatan fisik pria. Hal ini membuat pria lebih mudah meningkatkan massa otot bila memadukannya dengan olahraga dan pola makan sehat.

    Penelitian dari Universiti Sains Islam Malaysia juga menemukan bahwa ekstrak Eurycoma longifolia membantu meningkatkan kesehatan tulang dan melindunginya dari osteoporosis.

    Namun, studi tersebut baru menguji pada objek tikus sehingga manfaatnya untuk mencegah pengeroposan tulang pada manusia perlu diteliti lebih lanjut.

    7. Mencegah penuaan dini

    Manfaat pasak bumi atau tongkat ali yang selanjutnya ialah mencegah penuaan dini pada pria. 

    Hal ini ditunjukkan dalam sebuah studi di Malaysia pada 2012. Pada studi tersebut, konsumsi ekstrak tongkat ali 200 mg per hari dapat mencegah penurunan testosteron pada pria dewasa. 

    Pada dasarnya, kadar hormon testosteron akan menurun seiring bertambahnya usia. Jika terjadi lebih cepat, tenti kondisi ini akan mengurangi energi dan memengaruhi kehidupan intim.

    Sebelum mengonsumsi pasak bumi, baik dalam bentuk segar atau suplemen, alangkah baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

    Dokter akan menentukan dosis yang aman, khususnya bila Anda menggunakannya untuk membantu pengobatan disfungsi ereksi atau kondisi kesehatan lainnya.

    Kesimpulan

    • Pasak bumi atau tongkat ali (Eurycoma longifolia) adalah tanaman herbal yang sejak lama diyakini mampu meningkatkan vitalitas dan gairah seksual pria.
    • Obat herbal ini juga memiliki manfaat lain bagi pria, seperti mengatasi stres, menjaga kesehatan otot dan tulang, hingga mencegah penuaan dini.
    • Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi obat herbal apa pun.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

    General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


    Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 07/09/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan