home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengenal Segudang Manfaat Minyak Kayu Putih

Mengenal Segudang Manfaat Minyak Kayu Putih

Tanaman cajuput atau Malauleca merupakan tumbuhan yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minyak kayu putih. Setelah melalui proses penyulingan, cajuput pun hadir sebagai minyak kayu putih yang memberikan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Apa saja?

Segudang manfaat yang ditawarkan minyak kayu putih

Berbeda dengan minyak eukaliptus, tanaman kayu putih merupakan hasil ektraksi ranting dan daun pohon cajuput. Keduanya memang sering digunakan sebagai bahan dari minyak kayu putih, tetapi cajuput dan eukaliptus adalah pohon yang berbeda.

Walaupun demikian, manfaat yang ditawarkan oleh minyak kayu putih sebenarnya hampir sama dengan minyak eukaliptus. Apa saja keistimewaan tersebut?

1. Meredakan hidung tersumbat

obat hidung tersumbat

Salah satu manfaat dari minyak kayu putih adalah meredakan hidung tersumbat.

Cajuput yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minyak kayu putih mengandung senyawa yang bersifat dekongestan. Senyawa ini dapat melegakan tenggorokan dan hidung yang tersumbat.

Selain itu, minyak yang berasal dari tumbuhan asal Asia Tenggara ini juga membantu meringankan gejala beberapa penyakit, seperti bronkitis, laringitis, dan gangguan saluran pernapasan lainnya.

2. Membantu mengatasi infeksi kulit

beda eksim dan infeksi jamur

Kandungan zat cineole pada minyak kayu putih ternyata bermanfaat untuk mengatasi infeksi di kulit Anda. Jika Anda mengoleskannya di kulit, cineole pada minyak kayu putih juga menimbulkan rasa hangat dan mengurangi rasa sakit pada permukaan kulit.

Selain memberikan efek hangat, manfaat minyak kayu putih juga bisa Anda gunakan untuk melembutkan dan mencerahkan kulit. Akan tetapi, sebelum menggunakannya secara rutin, konsultasikan kepada dokter agar mengetahui apakah kayu putih cocok dengan kulit Anda.

3. Mengurangi ketombe

infeksi kulit kepala

Tahukah Anda bahwa kandungan cajuput pada minyak kayu putih ternyata bisa mengurangi ketombe pada rambut?

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2013 dari India, ada beberapa minyak esensial yang bisa digunakan untuk melawan jamur penyebab ketombe. Jamur Malassezia furfur adalah jamur yang menyerang kulit manusia dan bisa mengakibatkan masalah kulit, seperti ketombe atau panu.

Penelitian tersebut menyebutkan, campuran minyak esensial, seperti kayu putih dan atsiri terbukti dapat melawan jamur Malassezia di kepala. Dengan begitu, produksi kulit ketombe di kepa dapat dikurangi.

Meski begitu, masih dibutuhkan lebih lanjut untuk mengetahui manfaat minyak kayu putih dalam melawan jamur Malassezia.

4. Meringankan kram otot

kram otot tidak kunjung sembuh

Kontraksi otot yang datang secara tiba-tiba tentu menimbulkan rasa sakit yang sangat tajam dan cukup mengganggu aktivitas harian Anda. Kondisi yang lebih sering disebut sebagai kram otot ini bisa terjadi akibat dehidrasi, otot digunakan secara berlebihan, atau kurangnya kadar elektrolit darah.

Nah, selain melakukan peregangan, minyak kayu putih juga diketahui memiliki manfaat untuk meredakan kram otot. Hal ini dikarenakan sifat analgesik pada tumbuhan kayu putih yang sudah mengalami penyulingan.

5. Mengatasi gigitan serangga

mengatasi gigitan serangga

Hampir sama dengan minyak eukaliptus, kayu putih juga dapat Anda gunakan sebagai obat untuk mengatasi gigitan nyamuk dan serangga. Aroma kayu putih mampu menjauhkan serangga dari diri Anda.

Sifat anti peradangan pada kayu putih juga dapat membantu Anda mencegah gatal akibat serangga dan munculnya ruam pada kulit.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Orchard, Ané, and Sandy van Vuuren. “Commercial Essential Oils as Potential Antimicrobials to Treat Skin Diseases.” Evidence-based complementary and alternative medicine : eCAM vol. 2017 (2017): 4517971. doi:10.1155/2017/4517971 accessed Aug 27 2019. 

Pooja, Aroora et al. “SCREENING OF PLANT ESSENTIAL OILS FOR ANTIFUNGAL ACTIVITY AGAINST MALASSEZIA FURFUR”. International Journal Of Pharmacy And Pharmaceutical Sciences, vol 5, no. 2, 2019, pp. 37-39., https://pdfs.semanticscholar.org/2a04/6b5becd85f818746732f5e16f237c4517a77.pdf. Accessed 27 Aug 2019.

al-abd, Nazeh & Nor, Zurainee & Mansor, Marzida & Azhar, Fadzly & Hasan, M. Shahnaz & Kassim, Mustafa. (2015). Antioxidant, antibacterial activity, and phytochemical characterization of Melaleuca cajuputi extract. BMC complementary and alternative medicine. 15. 385. 10.1186/s12906-015-0914-y. Accessed Aug 27 2019. 

Cajeput oil https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-457/cajeput-oil accessed Aug 27 2019. 

Cajeput oil https://www.medicinenet.com/cajeput_oil/supplements-vitamins.htm accessed Aug 27 2019

Foto Penulis
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 29/11/2019
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x