3 Khasiat Utama Minyak Jintan Hitam, Bisa Turunkan Berat Badan, Lho!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 November 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Minyak jintan hitam (black seed oil) atau minyak biji hitam dikenal karena khasiatnya yang mujarab. Penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial ini mungkin menawarkan banyak manfaat kesehatan dan kosmetik. Misalnya membantu dalam memperbaiki kondisi kulit dan mengobati beberapa penyakit tertentu. Untuk lebih jelasnya, simak artikel ini yang akan membahas manfaat minyak jintan hitam.

Mengenal minyak jintan hitam

manfaat habbatussauda

Biji hitam (black seed) dikenal juga sebagai jintan hitam, black caraway, kalonji, dan biji bawang hitam. Jintan hitam ini berasa dari tanaman Nigella sativa. Ini adalah tanaman kecil dengan bunga berwarna ungu pucat, biru, atau putih yang tumbuh di Eropa Timur, Asia Barat, dan Timur Tengah.

Banyak orang yang sudah menggunakan jintan hitam ini sebagai obat alami selama ribuan tahun. Bijinya juga bisa memberi rasa kari, acar, dan roti dengan cara yang mirip dengan jinten atau oregano.

Minyak biji hitam mengandung thymoquinone, yang merupakan senyawa antioksidan dan antiradang yang mungkin juga memiliki sifat menghambat pertumbuhan tumor.

Orang bisa mengonsumsi minyak biji hitam dalam bentuk kapsul atau mengoleskannya langsung untuk memberi manfaat pada kulit. Anda juga bisa menambahkan minyak jintan hitam sebagai minyak pijat, sampo, produk perawatan kulit buatan sendiri, dan wewangian.

Minyak jintan hitam yang berkualitas tinggi juga cocok untuk digunakan untuk memasak, memanggang, dan meracik minuman.

Manfaat minyak jintan hitam

Para peneliti dari berbagai spesialisasi telah meneliti kemungkinan manfaat jintan hitam. Namun, penting untuk dicatat bahwa banyak penelitian yang dilakukan hingga saat ini menggunakan sel atau hewan sebagai percobaan. Memang penelitian yang tersedia mengenai efek minyak jintan hitam pada manusia masih terbatas.

1. Manfaat minyak jintan hitam untuk menurunkan berat badan

menurunkan berat badan pada penderita diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa suplemen biji jinten hitam dapat membantu menurunkan indeks massa tubuh (body mass index atau BMI). Para peserta penelitian tidak melaporkan efek samping yang parah dari mengonsumsi suplemen ini.

Sebuah tinjauan sistematis yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes & Metabolic Disorders menemukan bahwa minyak jintan hitam cukup efektif dalam mengatasi obesitas.

2. Manfaat minyak jintan hitam untuk kulit

kulit kombinasi

Minyak jintan hitam mungkin bermanfaat bagi orang-orang dengan kondisi kulit berikut ini.

  • Eksim: Menurut penelitian dengan skala kecil yang membandingkan manfaat N. sativa dengan obat resep, minyak jintan hitam dapat mengurangi tingkat keparahan eksim di tangan.
  • Jerawat: Penelitian menunjukkan bahwa efek antimikroba dan antiradang dari minyak jintan hitam dapat memperbaiki jerawat. Dalam satu penelitian, 58 persen peserta menilai minyak jintan lumayan ampuh, sementara 35 persen merasa hasilnya biasa-biasa saja.
  • Psoriasis: Sebuah penelitian tahun 2012 yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa minyak ini memiliki manfaat antipsoriatik.

Minyak jintan hitam juga dapat menghaluskan rambut, melembutkan kulit, dan bertindak sebagai pelembab. Sayangnya, bukti ilmiah yang kuat untuk mengonfirmasi manfaat ini masih kurang.

3. Manfaat minyak jintan hitam sebagai obat herbal

komplikasi rematik

Minyak jintan hitam mungkin juga bermanfaat untuk beberapa kondisi kesehatan, termasuk:

Kanker

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa thymoquinone dalam minyak jintan hitam dapat memengaruhi kematian sel terprogram, atau apoptosis, dalam beberapa jenis sel kanker. Ini termasuk kanker otak, leukemia, dan sel kanker payudara.

Namun, banyak penelitian tentang efek minyak jintan hitam pada kanker menggunakan sel yang diambil dari manusia (bukan langsung ke tubuh manusianya), sehingga para peneliti belum tahu seberapa efektif minyak tersebut dapat mengobati pasien kanker.

Fungsi hati dan ginjal

Menurut sebuah penelitian  yang dilakukan pada tikus, minyak jintan hitam dapat mengurangi komplikasi penyakit hati dan memperbaiki struktur organ ginjal. Peneliti tidak tahu apakah efek ini juga akan terjadi pada manusia.

Diabetes

Minyak jintan hitam mungkin bermanfaat bagi pasien diabetes, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Complementary Therapies in Medicine pada 2015.

Para peneliti menganalisis penelitian yang diterbitkan sebelumnya tentang penggunaan N. sativa untuk diabetes dan menyimpulkan bahwa herbal ini mengatur kadar gula darah dan kolesterol. Akan tetapi, masih diperlukan uji klinis untuk memperjelas efeknya.

Menyehatkan sperma

Uji klinis terkontrol plasebo pada pria dengan sperma abnormal dan masalah kesuburan telah menemukan bahwa minyak jintan hitam dapat meningkatkan gerakan sperma dan meningkatkan jumlah sperma serta volume air mani.

Rematik

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Immunological Investigations, minyak jintan hitam dapat membantu dalam mengobati rematik. Penelitian ini dilakukan pada 43 wanita dengan rematik ringan sampai sedang yang mengonsumsi kapsul minyak jintan hitam atau plasebo setiap hari selama satu bulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengobatan dengan minyak jintan hitam menyebabkan pengurangan gejala arthritis (yang dinilai oleh skala rating DAS-28), tingkat penanda peradangan darah, dan jumlah sendi yang bengkak.

Rinitis alergi

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Otolaryngology, menunjukkan bahwa minyak jintan hitam dapat mengurangi hidung tersumbat, gatal, pilek, dan bersin setelah dua minggu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Jenis Minyak Esensial untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan bisa sangat mengganggu dan menyusahkan. Berbagai pengobatan pun Anda coba. Nah, sudahkah Anda menggunakan minyak esensial?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pencernaan 13 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres

Pertolongan pertama saat stres: gunakan minyak esensial untuk meredakan stres. Apa saja jenis minyak esensial dan bagaimana cara menggunakannya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 5 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

Bahaya Menggunakan Cairan Antiseptik pada Diffuser

Sebuah video tutorial yang viral menyebutkan kalau uap diffuser yang dihasilkan dari cairan antiseptik bisa membunuh COVID-19. Cek kebenarannya, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
COVID-19, Penyakit Infeksi 17 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Manfaat Minyak Bunga Kamboja, Minyak Esensial dengan Wangi yang Menenangkan

Minyak bunga kamboja mungkin tidak sepopuler minyak esensial lainnya. Padahal, minyak bunga kamboja memiliki beragam manfaat. Berikut contohnya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 6 Januari 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengobati sakit kepala

5 Jenis Minyak Esensial untuk Meringankan Sakit Kepala dan Migrain

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat minyak argan untuk kecantikan

8 Manfaat Minyak Argan: Rahasia Cantik Gadis Timur Tengah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 22 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
efek samping aromaterapi

6 Efek Samping Aromaterapi yang Harus Diwaspadai

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 6 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat minyak mustard

Mengupas Manfaat dan Efek Samping Minyak Mustard

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 18 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit