home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ini Manfaat Obat Kumur untuk Para Pecinta Makanan Pedas

Ini Manfaat Obat Kumur untuk Para Pecinta Makanan Pedas

Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi, Anda disarankan untuk setidaknya menggosok gigi dua kali dalam sehari. Namun, sadarkah Anda jika terkadang menggosok gigi saja belum cukup? Karena itu, obat kumur atau mouthwash seringkali digunakan karena manfaat dan pengaruhnya terhadap kesehatan gigi dan juga mulut.

Hal ini tentu saja berlaku juga pada para pecinta makanan pedas. Bahkan, apabila Anda tidak lepas mengonsumsi makanan pedas, Anda mungkin perlu selalu sedia obat kumur. Memang apa hubungan makanan pedas dan penggunaan obat kumur?

Pengaruh makanan pedas pada kesehatan gigi

makanan pedas bisa sebabkan tuli sementara

Jika Anda bertanya apakah makanan pedas menyebabkan kerusakan gigi? Jawabannya adalah tidak. Namun perlu Anda tahu, seperti yang dikutip dari Harvard Health Publishing, makanan pedas merupakan salah satu penyebab acid reflux atau asam lambung.

Kandungan capsaicin dalam makanan pedas hanya menyebabkan rasa ketagihan dan panas, tetapi tidak berbahaya pada gigi. Di sisi lain, apabila asam lambung Anda naik, hal inilah yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Di sinilah peran obat kumur yang dapat membantu menetralkan kadar asam dalam mulut.

Proses naiknya asam lambung dapat merusak gigi terutama ketika Anda tidur. Hal ini dikarenakan Anda lebih jarang menelan sehingga produksi air liur berkurang.

Selain itu, salah satu andalan masyarakat Indonesia untuk menambah cita rasa pedas pada makanan adalah menambah saus. Perlu Anda tahu, meski rasanya pedas di lidah, saus dapat mengandung jumlah gula yang cukup tinggi.

Berdasarkan penelitian dari tahun 2016 dari Universitas Andalas, saus pedas atau biasa dikenal dengan saus sambal mengandung 0,74 gram gula.

Karena itu, mungkin Anda secara tidak sadar mengonsumsi gula yang dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi. Mengonsumsi makan dengan kadar gula yang tidak teratur dan dibatasi bisa merusak gigi.

Manfaat obat kumur untuk bantu menurunkan risiko masalah pada gigi

obat kumur

Obat kumur memiliki kelebihan dalam membersihkan bagian dalam yang sulit diraih oleh sikat gigi. Jika tidak dibersihkan, sisa makanan termasuk gula pada saus pedas dapat menyebabkan masalah pada gigi.

Berikut manfaat obat kumur yang perlu Anda tahu, berdasarkan American Dental Association:

  • Mencegah terjadinya gigi berlubang
  • Mengurangi atau menghambat pertumbuhan plak gigi
  • Mencegah atau menurunkan risiko gingivitis (stadium awal penyakit gusi)
  • Menghambat pertumbuhan tartar (plak gigi yang mengeras)
  • Mencegah bau mulut

Obat kumur juga dapat digunakan apabila Anda mengalami asam lambung. Anda dapat segera menggunakan obat kumur apabila mengalami gangguan pada perut ini untuk menghilangkan asam yang naik di sekitar gigi dan mulut.

Obat kumur sebenarnya dapat digunakan sebelum atau sesudah menggosok gigi, tergantung Anda sendiri. Hanya saja, untuk mengoptimalkan manfaat dari obat kumur, sebaiknya Anda memperhatikan aturan pakai yang biasanya tertera pada kemasan.

Selain obat kumur, Anda juga dapat melakukan beberapa hal berikut ini untuk mencegah kerusakan gigi akibat asam lambung.

  • Mengunyah permen karet bebas gula untuk meningkatkan produksi air liur dengan tujuan membantu menetralkan dan membasuh asam yang terdapat dalam mulut.
  • Menggunakan pasta gigi khusus yang dapat memberikan perlindungan lebih untuk enamel gigi.
  • Tidak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol
  • Lebih sering berkonsultasi atau mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan solusi mencegah kerusakan pada gigi akibat asam lambung.

Obat kumur memang tidak dapat menggantikan peran sikat gigi. Akan tetapi, dengan setiap hari menggunakan obat kumur setiap membersihkan gigi, kesehatan dan kebersihan mulut Anda dapat meningkat sehingga menurunkan risiko berbagai gangguan kondisi kesehatan gigi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Harvard Health Publishing. (2017). What to eat when you have chronic heartburn. Retrieved June 2, 2020, from https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/what-to-eat-when-you-have-chronic-heartburn

ADA (American Dental Association). (n.d.). Tooth Erosion and Acid Reflux. Retrieved June 2, 2020, from https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/e/tooth-erosion-and-acid-reflux#:~:text=Acid%20reflux%20can%20wear%20away

ADA (American Dental Association). (2009). Mouthwash (Mouthrinse). Retrieved June 2, 2020, from https://www.ada.org/en/member-center/oral-health-topics/mouthrinse

ADA (American Dental Association). (2019). Mouthwash – Mouthrinse – From MouthHealthy.org. Retrieved June 2, 2020, from https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/m/mouthwash

Loanda, E., Margaret, A. L., & Hidayat, J. (2016). ASUPAN GULA HARIAN DARI BAHAN-BAHAN PELENGKAP MASAKAN. Majalah Kedokteran Andalas39(1), 21. https://doi.org/10.22338/mka.v39.i1.p21-27.2016

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui 06/05/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x