🔥 Diskusi Menarik

Telinga sakit

Dok mau tanya bangun tidur waktu pagi itu telinga saya kayak kemasukan hewan gitu jadi ada yg grasak grusuk,kata orang rumah disuruh pake air aja siapa tau ada serangga keluar atau mati. Nah terus waktu saya kasih air telinga saya yang kanan itu makin sakit malah nyeri gitu alhasil saya periksa di klinik, kata dokternya ada infeksi jadi merah gitu terus jangan pake air lagi,si dokter ngasih obat tetes telinga sama obat nyeri gitu selang 3/4 hari kemudian setelah saya kasih obat tetes emang gak ada grasak grusuk di telinga lagi,saya mikir serangga nya dh mati tapi telinga saya jadi ada suara nyaring ngingg nginggg gitu, kalo pas ngunyah sesuatu suara ngingg nya itu makin keras, kalo tidur juga ganggu banget tapi saya paksakan itu kenapa ya

0
19k
2 komen

2 komentar

Hai Sobat Sehat,

Terimakasih atas pertanyaannya.


Kondisi yang kamu alami kemungkinan adalah tinnitus, yaitu kondisi di mana kamu mendengar suara seperti dering, dengungan, atau suara lainnya di dalam telinga yang tidak berasal dari sumber eksternal.

Tinnitus dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi telinga, penumpukan lilin telinga, cedera telinga, atau bahkan paparan suara keras.

Langkah-Langkah yang Dapat Dilakukan:

Lanjutkan Pengobatan:

  • Terus gunakan obat tetes telinga sesuai dengan anjuran dokter untuk memastikan infeksi benar-benar sembuh.
  • Minum obat nyeri jika masih ada rasa sakit.

Hindari Memasukkan Apapun ke Dalam Telinga:

  • Jangan memasukkan air, kapas, atau benda lain ke dalam telinga, karena ini bisa memperburuk kondisi.

Konsultasi Lanjutan dengan Dokter:

  • Jika tinnitus tidak hilang atau semakin parah, segera konsultasikan kembali dengan dokter atau spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan).
  • Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan tidak ada masalah lain seperti penumpukan kotoran di telinga atau kerusakan pada struktur telinga.

Hindari Suara Keras:

  • Jaga telinga dari paparan suara keras, karena ini bisa memperburuk tinnitus.

.

Saat Berkonsultasi dengan Dokter:

  • Jelaskan semua gejala yang kamu alami, termasuk rasa nyeri, suara yang kamu dengar, dan apakah ada perubahan pendengaran.
  • Sebutkan jika ada riwayat paparan suara keras atau cedera pada telinga sebelumnya.
  • Diskusikan apakah ada kebutuhan untuk pemeriksaan lanjutan seperti audiometri (tes pendengaran) jika dokter merasa perlu.


Jadi, pastikan untuk mengikuti anjuran dokter dan segera periksa dan kontrol ulang jika tinnitus tidak membaik.


Semoga membantu.

Salam, dr. Syifa.

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Saya sarankan untuk tetap mengikuti anjuran dokter dan menghindari memasukkan air ke dalam telinga yang sedang mengalami infeksi. Suara ngingg yang Anda rasakan mungkin disebabkan oleh perubahan pada gendang telinga atau saluran telinga akibat infeksi. Jika gangguan tersebut semakin mengganggu, disarankan untuk kembali berkonsultasi dengan dokter Anda untuk evaluasi lebih lanjut. Jangan paksakan telinga Anda untuk tetap terganggu, karena itu bisa memperburuk kondisi telinga Anda. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan