🔥 Diskusi Menarik

Tangan dan kaki terasa geli saat terkena cahaya

Jadi gini dok... dari kemarin kemarin tubuh saya pasti geli saat terkena cahaya tapi kalo pas nonton film rasa gelinya hilang terus geli lagi kalo sadar liat cahaya. Kira kira saya kenapa ya dok??

0
19k
2 komen

2 komentar

Hai Sobat Sehat,

Terimakasih atas pertanyaannya.


Rasa geli yang Anda rasakan saat terkena cahaya, tetapi hilang ketika menonton film atau tidak menyadari cahaya, bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang mungkin melibatkan aspek fisik dan psikologis. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebabnya:

Kemungkinan Penyebab

Sensitivitas terhadap Cahaya (Fotofobia):

  • Beberapa orang memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap cahaya, yang bisa menyebabkan sensasi tidak nyaman atau geli ketika terkena cahaya terang. Kondisi ini bisa disebabkan oleh masalah mata, migrain, atau kondisi neurologis lainnya.

Psikosomatik:

  • Kondisi fisik yang dipengaruhi oleh faktor psikologis. Misalnya, stres atau kecemasan bisa memperkuat persepsi Anda terhadap cahaya dan menyebabkan sensasi geli. Saat Anda terganggu atau fokus pada sesuatu yang lain (seperti menonton film), gejala tersebut bisa berkurang atau hilang.


Neurologis:

  • Ada kemungkinan masalah dengan sistem saraf yang menyebabkan respons tidak biasa terhadap cahaya. Kondisi seperti neuropati atau masalah dengan reseptor saraf bisa menyebabkan sensasi yang tidak biasa.


Langkah-Langkah yang Bisa Anda Coba

Lindungi Mata:

  • Menggunakan kacamata hitam ketika berada di luar ruangan atau di area dengan cahaya terang bisa membantu mengurangi sensitivitas terhadap cahaya.

Relaksasi dan Pengelolaan Stres:

  • Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan yang mungkin mempengaruhi sensitivitas Anda terhadap cahaya.

Perhatikan Lingkungan:

  • Cobalah untuk mengidentifikasi pola atau situasi tertentu yang memicu sensasi geli tersebut. Apakah hanya terjadi pada cahaya tertentu atau dalam kondisi tertentu?

Konsultasi dengan Dokter:

  • Jika gejala ini mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengidentifikasi penyebab dan memberikan rekomendasi pengobatan yang tepat.


Semoga membantu.

Salam, dr. Syifa

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat,

Saya mohon maaf, tapi saya tidak dapat memberikan diagnosis atau saran medis berdasarkan informasi yang diberikan. Saya sarankan Anda segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan untuk evaluasi lebih lanjut dan diagnosis yang tepat. Mereka akan dapat melakukan pemeriksaan fisik dan tes yang diperlukan untuk mengetahui penyebab dari gejala yang Anda alami. Jangan ragu untuk segera mencari bantuan medis. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain yang ingin saya bantu jawab?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan