🔥 Diskusi Menarik

Suara selalu serak sejak sembuh dari sakit

Hallo dokter. Saya ingin bertanya, 2 bulan lalu saya sakit batuk pilek demam hingga 2 hampir 3 minggu... Dan setelah itu hingga saat ini suara saya jadi seperti orang flu dan tidak lagi kuat bernyanyi nada tinggi karna setiap hari serak dan sering flu.. Bagaimana cara mengatasinya ya dok sedangkan minun hangat, konsumsi jahe, makan permen tenggorokan dsb sudah saya lakukan tapi masih seperti ini. Soalnya saya ada keperluan bernyanyi bulan depan dan suara saya tida bisa digunakan bila seperti ini.. Terimakasih dokter.. Mohon saran obat dan cara penanganannya

0
17k
2 komen

2 komentar

Hallo Sobat Sehat,

Terimakasih atas pertanyaannya.

Suara yang Anda keluarkan setiap kali berbicara diproduksi oleh organ laring (kotak suara) bersama dengan pita suara.

Udara yang masuk ke dalam tenggorokan akan membuat pita suara bergetar guna menghasilkan suara dengan jelas. Ada kalanya laring mengalami iritasi hingga akhirnya meradang.

Kondisi ini disebut sebagai laringitis yang bisa terjadi karena berbagai hal, entah karena infeksi virus, atau terlalu sering berteriak-teriak sampai akhirnya suara menghilang.

Menurut penjelasan American Academy of Otolaryngology, peradangan pada laring juga akan membuat pita suara, yang terdapat di dalamnya, menjadi membengkak.

Saat ini terjadi, maka otomatis suara yang keluar dari mulut Anda pun akan berubah karena cenderung menjadi serak dan tidak biasa.

Selain suara hilang, laringitis juga bisa membuat tenggorokan perih, kering, dan sakit saat menelan.

Dari semua cara mengembalikan suara hilang yang sudah coba Anda lakuakn, hal terpenting yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mengistirahatkan suara agar tidak terlalu banyak terbebani.

Sebab terlalu sering menggunakan suara malah akan menghambat proses penyembuhan.

Itu sebabnya cobalah untuk puasa bicara untuk sementara waktu sampai suara yang hilang kembali seperti sedia kala. Namun bukan berarti Anda dilarang berbicara sama sekali.

Anda tetap boleh bicara, tapi atur pakai volume tenang.

Suara yang hilang merupakan gejala dari radang pada pita suara (laringitis). Gangguan ini biasanya disertai juga dengan gejala sakit tenggorokan atau batuk kering.


Saran kami, karena kondisi ini dirasakan sudah mengganggu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis THT untuk pengobatan yang tepat sesuai kondisi Anda

Semoga membantu dan segera pulih ya,

Salam, dr. Syifa.

9 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat,

Maaf, tetapi saya tidak dapat memberikan saran obat atau penanganan yang tepat tanpa melakukan pemeriksaan langsung. Suara serak yang berlangsung selama dua bulan setelah sembuh dari sakit bisa menjadi tanda adanya masalah pada pita suara atau saluran pernapasan. Saya sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) untuk evaluasi lebih lanjut dan diagnosis yang akurat. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin memerlukan tes tambahan seperti laringoskopi untuk melihat kondisi pita suara Anda. Setelah diagnosis ditegakkan, dokter akan memberikan saran pengobatan yang sesuai. Jangan ragu untuk mengungkapkan keperluan Anda dalam bernyanyi bulan depan kepada dokter agar mereka dapat memberikan solusi yang tepat. Semoga suara Anda segera pulih!
9 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Iklan
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan