🔥 Diskusi Menarik

perut mual kembung begah, tidak nafsu makan, badan lelah lemas berkeringat lebih banyak, mengantuk, tidak bisa BAB

selamat malam dok saya mau tanya, saat ini ayah saya mengalami tidak enak badan.


  • perut mual, kembung, begah, perut besar
  • tidak nafsu makan (makan hanya sedikit)
  • jarang minum karna mual
  • tidak BAB 3 hari
  • badan letih lemas lelah
  • sering tidur atau mengantuk terus
  • muka pucat
  • tidak ada nyeri ulu hati
  • tidak diare
  • tidak demam


sudah berlangsung 2 harian ini, kira2 ini kenapa ya dok? dan sya harus gimana. trimakaish dok

0
15k
2 komen

2 komentar

Hai Sobat Sehat,

Terimakasih atas pertanyaannya.


Keluhan Ayah Anda yang Anda sampaikan diatas, kami menyarankan agar segera di bawa ke IGD agar diperiksa langsung oleh dokter.


Berikut adalah beberapa tindakan yang juga perlu diambil:


Perhatikan Dehidrasi:

  • Jika ayah Anda mengalami mual dan jarang minum, ada risiko dehidrasi. Pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan memberikan air atau minuman elektrolit dalam jumlah yang cukup.

Pemantauan Gejala:

  • Apakah ada perubahan warna urine atau tinja, dan apakah ada faktor-faktor tertentu yang memperburuk atau meredakan gejala.

Istirahat:

  • Berikan waktu untuk istirahat yang cukup. Tubuh membutuhkan waktu untuk pulih dan beristirahat bisa membantu proses penyembuhan.

Hindari Makanan Berat:

  • Jika nafsu makan ayah Anda berkurang, hindari makanan yang berat dan sulit dicerna. Pilih makanan ringan dan mudah dicerna.


Segera periksa kan ayah Anda ke dokter ya. Dokter mungkin akan merekomendasikan pemeriksaan darah, tes fungsi hati, atau tes pencitraan untuk membantu menentukan penyebab gejala.


Tindakan medis yang cepat sangat penting, terutama jika gejala berlangsung lebih lama atau semakin parah.


Semoga membantu.

Salam, dr. Syifa.


1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan gejala yang Anda sebutkan, ada beberapa kemungkinan penyebab yang dapat menyebabkan perut mual, kembung, begah, tidak nafsu makan, badan lelah lemas, berkeringat lebih banyak, mengantuk, dan tidak bisa BAB. Beberapa kemungkinan penyebabnya antara lain: 1. Gangguan pencernaan: Perut kembung, mual, dan begah dapat disebabkan oleh gangguan pencernaan seperti gastritis, sindrom iritasi usus, atau intoleransi makanan tertentu. Gangguan pencernaan ini dapat mengganggu nafsu makan dan menyebabkan perut terasa penuh. 2. Konstipasi: Tidak bisa BAB selama 3 hari dapat menunjukkan adanya konstipasi. Konstipasi dapat menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman, serta mengurangi nafsu makan. 3. Dehidrasi: Jika Anda jarang minum karena merasa mual, ini dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan lemas, berkeringat lebih banyak, dan mengantuk. 4. Infeksi saluran pencernaan: Infeksi saluran pencernaan seperti gastroenteritis dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, diare, dan perut kembung. 5. Gangguan hormonal: Beberapa gangguan hormonal seperti hipotiroidisme atau sindrom ovarium polikistik (PCOS) dapat menyebabkan gejala seperti perut kembung, nafsu makan berkurang, dan kelelahan. Untuk mengetahui penyebab yang lebih pasti, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin memerlukan tes tambahan seperti tes darah atau pemeriksaan pencitraan untuk membantu mendiagnosis kondisi Anda. Setelah diagnosis ditegakkan, dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai. Sementara menunggu konsultasi dengan dokter, Anda dapat mencoba beberapa langkah sederhana seperti mengonsumsi makanan ringan dan mudah dicerna, minum cukup air putih, menghindari makanan yang dapat memicu perut kembung, dan beristirahat yang cukup. Jika gejala Anda memburuk atau Anda mengalami gejala yang mengkhawatirkan seperti nyeri perut yang hebat atau demam tinggi, segera hubungi dokter.
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.