🔥 Diskusi Menarik

Pasien Z21 tidak memakai Kondom jika hasil VL Undectable

Dok izin bertanya, saya pasien Z21 terus kemarin seks berbeda pasangan tapi ada jeda minggu sexsnya tapi pakai Kondom dok.

Terus konsumsi obat TLDnya teratur, hasil VLnya Undectable. Rencana saya mau memiliki hubungan serius sama pasangan saya yang terakhir ini selamanya, dia kondisinya Negatif bolehkah kami tidak memakai Kondom dalam berhubungan badan karena hasil VL sudah undectable dan masih rajin mengkonsumsi TLD?

1
15k
2 komen

2 komentar

Halo sobat sehat,


Sebaiknya tetap menggunakan pengaman bagaimanapun hasilnya. Untuk mencegah penularan lewat hubungan seksual.


Untuk memastikan kembali, silakan rutin cek darah sekaligus pasangan anda dan lakukan VCT secara rutin untuk memonitor kondisi kesehatan anda dan pasangan.


Terima kasih

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda dengan detail. Sebagai pasien Z21 (HIV positif) yang menjalani pengobatan TLD (terapi antiretroviral) secara teratur dan memiliki hasil viral load (VL) yang undetectable, Anda memiliki risiko penularan HIV yang sangat rendah. Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun hasil VL Anda undetectable, virus HIV masih ada dalam tubuh Anda dan dapat ditularkan kepada pasangan Anda. Dalam hubungan serius dengan pasangan yang HIV negatif, penting untuk tetap menggunakan kondom sebagai langkah pencegahan. Meskipun risiko penularan HIV sangat rendah, tidak ada metode yang 100% efektif dalam mencegah penularan virus. Penggunaan kondom dapat memberikan perlindungan tambahan dan mengurangi risiko penularan HIV serta penyakit menular seksual lainnya. Selain itu, penting untuk terus menjalani pengobatan TLD secara teratur dan mematuhi instruksi dokter Anda. Pengobatan yang konsisten dapat membantu menjaga viral load tetap rendah dan meminimalkan risiko penularan HIV. Jika Anda dan pasangan Anda berencana untuk memiliki anak, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Ada metode yang disebut sebagai "serodiscordant couple" yang dapat membantu pasangan HIV positif dan HIV negatif untuk memiliki anak tanpa risiko penularan HIV. Dokter Anda dapat memberikan informasi dan saran yang tepat sesuai dengan situasi Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa jawaban ini hanya berdasarkan informasi yang Anda berikan. Setiap situasi dapat berbeda, dan konsultasikanlah dengan dokter Anda untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik dan sesuai dengan kondisi Anda.
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.