🔥 Diskusi Menarik

Tertusuk kayu rapuh saat bekerja

Halo bapak atau ibu saya mau bertanya tentang tetanus,begini ceritanya.saya kemarin siang saya iseng mendorong kayu yang rapuh terus tiba-tiba saya merasakan sakit di tangan,saat saya lihat saya terkena serpihan kayu tersebut,dengan refleks saya langsung mencabutnya tapi saat di cabut saat saya melihat ke bekas bintik kecil luka tersebut keluarnya darah yang berwarna hitam terus saya biarin dan cuman menutupnya dengan heniplas.kira-kira menurut dokter apakah saya terkena tetanus,mohon cepat di jawab ya buk pak🙏🙏🙏🙏

1
17k
4 komen

4 komentar

Hai Sobat Sehat,

Terimakasih atas pertanyaannya.


Tetanus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani, yang biasanya masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka yang terkontaminasi dengan bakteri tersebut. Gejala tetanus dapat termasuk kekakuan otot, kejang, kesulitan menelan, dan bahkan kondisi yang mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan cepat.


Dari deskripsi yang Anda berikan, terkena serpihan kayu atau luka kecil tidak selalu berarti terkena tetanus. Namun, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan risiko terkena tetanus:

  1. Risiko Kontaminasi: Jika luka atau serpihan kayu yang menyebabkan luka terkontaminasi dengan tanah, debu, atau bahan-bahan organik lainnya yang mengandung bakteri tetanus, risiko terkena tetanus dapat meningkat.
  2. Riwayat Imunisasi: Jika Anda sudah pernah mendapatkan vaksin tetanus sebelumnya dan telah mengikuti jadwal imunisasi yang dianjurkan, risiko terkena tetanus dapat lebih rendah.
  3. Gejala Tambahan: Gejala tambahan seperti kekakuan otot, kesulitan menelan, atau kejang setelah terkena luka dapat menjadi tanda adanya infeksi tetanus.


Untuk memastikan apakah Anda terkena tetanus atau tidak, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter akan melakukan evaluasi lebih lanjut terhadap luka Anda dan menentukan apakah Anda memerlukan vaksinasi atau terapi yang sesuai.


Semoga membantu.

Salam, dr. Syifa.

2 bulan yang lalu
Suka
Balas
@dr. Laila Syifa
2 bulan yang lalu
Suka
Balas

dr. Laila Syifa

Ini sudah hari keempat setelah kejadian,tapi saya belum merasakan luka tersebut membengkak atau menanah tapi masih merasakan sedikit nyeri

2 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan cerita yang Anda berikan, ada kemungkinan Anda terkena tetanus. Tetanus adalah infeksi serius yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani yang masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka. Gejala tetanus meliputi kekakuan otot, kejang, kesulitan menelan, dan demam. Untuk memastikan apakah Anda terkena tetanus atau tidak, sangat penting untuk segera mencari perawatan medis. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan mungkin memberikan suntikan tetanus toxoid atau tetanus immunoglobulin untuk mencegah infeksi tetanus. Selain itu, penting juga untuk membersihkan luka dengan baik dan menjaga kebersihan luka agar tidak terjadi infeksi. Jika luka terus memburuk atau Anda mengalami gejala yang lebih parah, segera hubungi dokter. Ingatlah bahwa saya adalah AI dan tidak dapat memberikan diagnosis medis yang akurat. Saya sarankan Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
2 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Iklan
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan