🔥 Diskusi Menarik

Kulit merah dan gatal

Halo dok selamat pagi..dok kulit saya merah bintik tapi sangat gatal dok..kirain saya di gigitan serangga ternyata saya diam kan malah makin bnyk di titik tertentu puser, lengan sama di buah dada saya dan kalo malem terganggu tidur saya karna sangat gatal

1
19k
2 komen

2 komentar

Halo sobat sehat, terimakasih atas pertanyaannya.



Kulit adalah barrier atau sistem pertahanan terluar utama yang melindungi seluruh tubuh. Pada orang dewasa dengan kulit sensitif rentan mengalami iritasi yang ditandai dengan kulit kering, muncul ruam atau bintik merah hingga beruntusan


Setiap keluhan pada kulit idealnya Perlu dikonfirmasi ddengan pemeriksaan langsung karena banyak yang harus dievaluasi dan dilihat langsung jenis bintik kemerahannya.


Pada kasus alergi, biasanya ada pencetusnya bintik atau ruam muncul dan umumnya gatal, sebagian lainnya juga tidak mengalami gatal. perlu evaluasi, catat hal-hal yang memicu munculnya ruam atau bintik merah di kulit.


Pada kasus infeksi jamur di kulit keluhannya pun dirasakan sangat gatal terutama saat berkeringat dan di area lipatan tubuh.


selain itu, kulit juga membutuhkan nutrisi dan kelembaban agar terjaga kekuatannya.

beberapa tips mengatasi masalah kulit secara umum:


- walaupun untuk orang dewasa, produk bayi dinilai paling aman, maka gunakan produk perawatan kulit bayi yang aman, tidak berbau (parfum), hipoalergenik, khusus bayi, hindari yang kandungannya mengiritasi


- Setiap habis mandi, lap dengan handuk lembut, oleskan pelembab sebelum kulit benar-benar kering


- apabila ada riwayat atopi atau alergi, hindari makanan yang dapat mencetuskan alergi


- perhatikan ventilasi udara di ruangan, apabila menggunakan AC, atur suhu tidak terlalu panas atau dingin.


Terkait pertanyaan anda, sebaiknya Silakan segera berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin (SpKK) terdekat untuk pengobatan dan penanganan lebih lanjut.


Semoga membantu, terimakasih

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Keluhan kulit merah dan gatal yang Anda alami dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti reaksi alergi, infeksi kulit, atau kondisi kulit tertentu seperti dermatitis. Untuk mengetahui penyebab pastinya dan mendapatkan pengobatan yang tepat, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli alergi. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik pada kulit Anda dan mungkin juga memerlukan tes tambahan untuk menegakkan diagnosis. Pengobatan yang diberikan dapat berupa obat antihistamin untuk mengurangi rasa gatal, salep kortikosteroid untuk mengurangi peradangan, atau obat lain sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Selain itu, hindari menggaruk kulit yang gatal karena hal ini dapat memperburuk kondisi kulit Anda. Gunakan pakaian yang longgar dan berbahan lembut, hindari faktor pemicu yang dapat memperparah gatal seperti paparan alergen atau bahan kimia tertentu. Jika gejala terus berlanjut atau memburuk, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga segera pulih dan sembuh dari keluhan kulit yang Anda alami. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan