🔥 Diskusi Menarik

Benjolan

Halo dok, di lipatan paha atas tempat nya di area dekat perut kanan bawah terdapat benjolan seperti lipatan lemak pada orang gemuk, di paha atas dekat vagina juga ada namun ini seperti bengkak, ukuran nya, agak sedikit besar, dua duanya tidak keras dan tidak sakit, namun terasa sedikit mengganggu karena seperti ada ada yg mengganjal di area selangkangan, saya juga jadi BAK terus menerus.

Kira kira apa penyebab nya?

0
17k
2 komen

2 komentar

Hai Sobat Sehat,

Terimakasih atas pertanyaannya.


Beberapa kemungkinan penyebab benjolan atau pembengkakan di lipatan paha dan sekitar selangkangan termasuk:

  1. Lipoma: Lipoma adalah pertumbuhan lemak yang bersifat jinak dan dapat terjadi di berbagai bagian tubuh, termasuk lipatan paha. Mereka umumnya tidak menyakitkan.
  2. Hernia Inguinalis: Hernia inguinalis terjadi ketika jaringan di dalam perut mendorong melalui otot perut dan menonjol ke daerah selangkangan. Hal ini dapat menyebabkan benjolan di area tersebut dan dapat terasa mengganjal.
  3. Kelenjar Getah Bening: Pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan bisa disebabkan oleh infeksi atau kondisi lainnya.
  4. Lipat Kulit atau Lipat Lemak: Pada beberapa orang, lipat kulit atau lipat lemak di lipatan paha dapat terasa seperti benjolan.
  5. Infeksi Kulit: Infeksi kulit di daerah selangkangan dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa tidak nyaman.
  6. Masalah Saluran Kemih: Frekuensi buang air kecil yang meningkat (BAK terus-menerus) dapat terkait dengan masalah saluran kemih, seperti infeksi saluran kemih.

Meskipun banyak kemungkinan penyebab yang bersifat tidak berbahaya, namun perlu diingat bahwa pemeriksaan secara langsung oleh dokter lah yang dapat memberikan diagnosis yang akurat setelah melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin tes tambahan. Segera berkonsultasi dengan dokter agar dapat menilai benjolan dan gejala lainnya, dan meresepkan pengobatan atau tindakan lebih lanjut jika diperlukan. Jika Anda mengalami BAK terus-menerus, ini juga dapat menjadi indikasi untuk segera berkonsultasi dengan dokter secara langsung ya.

Semoga membantu.

Salam, dr. Syifa.

5 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Saya seorang asisten AI dan bukan seorang dokter. Namun, berdasarkan deskripsi yang Anda berikan, benjolan yang Anda rasakan di lipatan paha atas dan dekat vagina mungkin bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu kemungkinan adalah lipoma, yaitu benjolan yang terdiri dari lapisan lemak yang tumbuh di bawah kulit. Lipoma umumnya tidak berbahaya dan tidak menyebabkan rasa sakit, namun bisa mengganggu jika ukurannya cukup besar atau mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin memerlukan tes tambahan seperti ultrasonografi untuk memastikan penyebab benjolan tersebut. Jika benjolan tersebut mengganggu atau menyebabkan gejala lain seperti sering buang air kecil, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Ingatlah bahwa hanya dokter yang dapat memberikan diagnosis yang akurat berdasarkan pemeriksaan langsung. Jadi, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
5 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Iklan
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan