🔥 Diskusi Menarik

Bayi umur 6 bulan panas naik turun

Mf dok mw tanya anak panas naik turun udah 1 minggu dan di sertai batuk pilek dan kembung solusinya gimaana dok

0
19k
2 komen

2 komentar

Halo sobat sehat, terima kasih atas pertanyaannya


Demam naik turun, batuk dan pilek adalah respon tubuh terhadap paparan debu, bakteri, virus yang masuk ke saluran pernapasan. Adapun kembung merupakan gejala dari saluran cerna yang menunjukkan tingginya kandungan gas dalam perut misal dipicu makanan atau menyusu lewat dot yang sampai kosong sehingga gasnya yang tersedot banyak atau karena infeksi di saluran cerna. Untuk memastikan perlu diperiksakan langsung anaknya.


Pada bayi dan anak, batuk pilek itu menunjukkan alarm tubuh sedang bekerja melawan virus bakteri dll., tidak perlu langsung diobati kecuali ada tanda bahaya seperti sesak napas, demam tinggi, nafas cepat, dehidrasi.


Normalnya, saluran pernapasan manusia menghasilkan lendir setiap harinya untuk menangkap berbagai partikel yang masuk ke tubuh dan menjaganya agar tidak menginfeksi tubuh, akan tetapi jika daya tahan tubuh menurun dan infeksi virus dan bakteri sangat kuat maka produksi lendir akan semakin banyak akibatnya lendir menumpuk dalam saluran napas dan bergejala batuk dimana selain menjadi alarm bahwa tubuh sedang berperang melawan infeksi, batuk pilek menjadi gejala yang sering mengganggu sehingga seringkali memerlukan bantuan untuk ditangani,


Evaluasi faktor lainnya seperti:

-paparan asap rokok

-polusi udara sekitar

-makan minum dan istirahatnya apakah cukup atau tidak



Apa yang harus dilakukan?

- pastikan ventilasi rumah baik

- hindari kontak dengan orang sakit

- apabila disebabkan virus, umumnya akan sembuh sendiri dengan meningkatkan daya tahan tubuh yaitu makan dan minum bergizi, apabila sulit, maka berikan dalam porsi sedikit tapi sering, minum air putih yang banyak

- penggunaan obat-obatan perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter

- berjemur setiap pagi di bawah sinar matahari 10-15 menit untuk mendapatkan vitamin D

- evaluasi ada yang merokok atau tidak di rumah. itu pengaruh pada saluran napas, jadi makin sulit sembuh

- pastikan tidak dehidrasi, muntah beresiko dehidrasi jadi pantau cairan yang diminum dan yang dikeluarkan atau kencingnya. pantau juga tanda dehidrasi lainnya seperti lemas, mata cowong, kencing sedikit, malas minum



Jadi, pastikan makan minum cukup, pantau kencingnya juga, berjemur dibawah sinar matahari, jauhi asap rokok dan polusi.

upayakan untuk meningkatkan daya tubuh anak, bantu kompres hangat.


apabila sampai lebih dari 1 minggu bayi belum juga membaik, sebaiknya periksakan ke dokter di fasilitas kesehatan terdekat.


terima kasih

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Saya tidak bisa memberikan saran medis secara spesifik tanpa pemeriksaan langsung oleh dokter. Saya sarankan untuk segera membawa bayi Anda ke dokter anak untuk evaluasi lebih lanjut dan penanganan yang tepat. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan