🔥 Diskusi Menarik

Batuk2 gatal dimalam haari

malam dok saya mau tanya, saya pada tgl 7 februari 2024 jam 22.00 WIB tiba2 batuk2 di malam hari. berikut detailnya:

  • Batuk tidak berdahak
  • batuk kering
  • terasa gatal di tenggorokan setelah batuk
  • setelah batuk seperti sensasi ingin batuk lagi
  • tidak ada sesak nafas
  • tidak sulit menelan
  • tidak sakit tenggorokan
  • tidak ada demam
  • tidak serak suara


saya sgt terganggu karena jd susah tidur malam karna batuk2 tidak selesai2. sy sdh minum obat komix obh sachet 7 ml tp masih gatal dan batuk.

kira2 saya kenapa ya dok? mhn dijawab. trimakasih.

0
17k
2 komen

2 komentar

Hai Sobat Sehat,

Terimakasih atas pertanyaannya.


Batuk kering yang disertai sensasi gatal di tenggorokan dan keinginan untuk terus batuk dapat disebabkan oleh beberapa penyebab. Beberapa kemungkinan penyebab batuk kering tanpa dahak meliputi:

Iritasi Tenggorokan:

Paparan asap rokok, polusi udara, atau zat-zat iritan lainnya dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan, yang dapat mengakibatkan batuk kering.

Solusi: Hindari paparan terhadap iritan tersebut dan minum banyak air untuk membantu meredakan iritasi.


Postnasal Drip:

Cairan lendir yang mengalir dari hidung ke tenggorokan (postnasal drip) dapat menyebabkan batuk kering.

Solusi: Minum banyak air dan gunakan pelembap udara untuk membantu meredakan postnasal drip. Semprot hidung dengan larutan saline juga dapat membantu.


Refluks Asam Lambung:

Refluks asam dari lambung ke esofagus dapat menyebabkan iritasi dan batuk kering.

Solusi: Hindari makanan pedas, asam, dan berlemak. Makan dalam porsi kecil dan hindari makan sebelum tidur.


Alergi:

Alergi terhadap debu, bulu binatang, atau alergen lainnya dapat menyebabkan batuk kering.

Solusi: Identifikasi dan hindari pemicu alergi. Konsultasikan dengan dokter untuk pengelolaan alergi yang tepat.


Infeksi Virus:

Beberapa virus dapat menyebabkan batuk tanpa gejala lain seperti demam.

Solusi: Istirahat yang cukup, minum banyak air, dan konsumsi obat pereda batuk yang sesuai.


Diagnosis dan pengobatan yang tepat dapat diberikan oleh dokter setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jika batuk berlanjut atau terasa semakin parah, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan saran dan penanganan yang sesuai.


Semoga membantu.

Salam, dr. Syifa.

3 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan deskripsi yang Anda berikan, batuk yang Anda alami terjadi di malam hari dan tidak berdahak. Batuk kering yang terasa gatal di tenggorokan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: 1. Alergi: Reaksi alergi terhadap debu, serbuk sari, atau alergen lainnya dapat menyebabkan batuk kering dan gatal di tenggorokan. 2. Irritasi: Paparan asap rokok, polusi udara, atau bahan kimia tertentu dapat mengiritasi saluran napas dan menyebabkan batuk kering. 3. Postnasal drip: Produksi lendir berlebih di hidung yang menetes ke belakang tenggorokan dapat menyebabkan batuk kering dan gatal. 4. Refluks asam: Refluks asam dari lambung ke kerongkongan dapat menyebabkan iritasi dan batuk kering. 5. Infeksi saluran pernapasan atas: Infeksi virus seperti pilek atau flu dapat menyebabkan batuk kering dan gatal di tenggorokan. Untuk mengatasi batuk kering dan gatal di tenggorokan, Anda dapat mencoba beberapa langkah berikut: 1. Minum banyak air: Minum air putih yang cukup dapat membantu menjaga kelembapan tenggorokan dan mengurangi iritasi. 2. Hindari pemicu: Jika Anda mengetahui pemicu alergi atau iritasi, hindarilah paparan terhadapnya. 3. Gunakan pelembap udara: Menggunakan pelembap udara atau humidifier di kamar tidur dapat membantu menjaga kelembapan udara dan mengurangi iritasi. 4. Gargle dengan air garam: Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan gatal di tenggorokan. 5. Hindari makanan dan minuman yang memicu refluks asam: Makanan pedas, berlemak, dan minuman berkafein dapat memperburuk refluks asam. Hindarilah konsumsi makanan dan minuman tersebut. Jika batuk Anda tidak membaik setelah beberapa hari atau jika Anda mengalami gejala lain seperti demam atau sesak napas, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Semoga bermanfaat! Jika Anda memiliki pertanyaan lain, silakan tanyakan.
3 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Iklan
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan