🔥 Diskusi Menarik

Apakah gejala awal TBC adalah pilek?

Saya sudah batuk dan pilek selama seminggu dok. Apakah gejala awal TBC itu pilek?

0
18k
2 komen

2 komentar

Hai Sobat Sehat,

Terimakasih atas pertanyaannya.


Batuk dan pilek merupakan gejala umum yang dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, termasuk infeksi virus seperti flu atau pilek biasa. Meskipun TBC (Tuberkulosis) dapat menyebabkan batuk, gejala awal TBC biasanya tidak meliputi pilek.

Gejala umum TBC meliputi:

  1. Batuk yang berlangsung lebih dari 3 minggu, terutama batuk yang berdahak atau batuk darah.
  2. Demam, terutama pada malam hari.
  3. Penurunan berat badan yang tidak diinginkan.
  4. Kelelahan yang berlebihan.
  5. Berkeringat di malam hari.
  6. Nafsu makan menurun.

Jika Anda memiliki batuk dan pilek yang berlangsung lebih dari 2 minggu dan gejala-gejala tambahan seperti yang disebutkan di atas, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, mungkin merujuk Anda untuk tes seperti tes dahak atau foto rontgen dada untuk menyingkirkan kemungkinan TBC atau kondisi lain yang serius.

Namun, jika Anda hanya mengalami batuk dan pilek tanpa gejala tambahan yang mencurigakan, kemungkinan besar itu adalah infeksi virus biasa dan tidak terkait dengan TBC. Tetaplah memperhatikan gejalanya dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki kekhawatiran atau jika gejala tidak membaik setelah beberapa minggu.



Semoga membantu.

Salam, dr. Syifa

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Gejala awal TBC biasanya tidak termasuk pilek. Gejala yang lebih umum dari TBC adalah batuk yang berlangsung lebih dari 2 minggu, penurunan berat badan, kelelahan, demam, keringat malam, dan nyeri dada. Namun, pilek dan batuk yang berlangsung selama seminggu bisa disebabkan oleh infeksi virus biasa atau alergi. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang TBC, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan diagnosis yang tepat. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan