🔥 Diskusi Menarik

Apakah bisa dokter sp tertentu merujuk ke sp lain jika di perlukan?

Halo dok selamat malam, saya laki laki umur 16 tahun tb saya 170, bb saya 47 kg. Cerita nya saya mengeluhkan sesak nafas setiap tidur dari umur 9 tahun dan belum pernah di cek dari dulu nah baru kemarin saya cek ke klinik dan memang hasil nya tidak terdeteksi ada sesak karna saya konsul nya siang hari saat sesak tidak kambuh soalnya kambuh nya saat tidur dan malam hari saya malah diagnosa punya penyakit aslam atau gerd, lalu beberapa hari saya ke klinik lgi karna sesak nafas kambuh lgi kalo sekarang saya malah dikasih surat rujukan ke rs tepat nya ke dr sp paru, pertanyaan saya jikalau sesak saya karena gerd mestinya saya dirujuk nya ke dokter sp gastroenterologi atau ke sp penyakit dalam kan? Nah di surat rujukan sya di rjuk ke sp paru, pertanyaan nya apa bisa nanti dr sp paru itu merujuk saya ke dr sp lain kaya sp gastroenterologi atau penyakit dalam jika sesak nafas saya dikarenakan gerd??? Terimkasih 🙏🏼🙏🏼🙏🏼🙏🏼

2
18k
3 komen

3 komentar

Hai Sobat Sehat,

Terimakasih atas pertanyaannya.


Penyebab sesak napas bisa sangat bervariasi dan bisa melibatkan berbagai spesialis. Karena Anda telah dirujuk ke dokter spesialis paru (pulmonolog), ini adalah langkah pertama yang baik untuk mengevaluasi apakah ada masalah pada sistem pernapasan Anda, seperti asma.



GERD (gastroesophageal reflux disease) dapat menyebabkan sesak napas terutama pada malam hari, ketika asam lambung naik ke kerongkongan dan bisa mencapai saluran napas, menyebabkan iritasi dan penyempitan saluran napas. Jika sesak napas Anda disebabkan oleh GERD, biasanya pengobatan yang diberikan melibatkan pengendalian asam lambung.


  1. Dokter Spesialis Paru: Akan melakukan evaluasi mendalam untuk memastikan apakah sesak napas Anda disebabkan oleh masalah pernapasan seperti asma atau kondisi paru lainnya.
  2. Dokter Spesialis Penyakit Dalam atau Gastroenterologi: Jika dokter spesialis paru menduga bahwa sesak napas Anda lebih mungkin disebabkan oleh GERD, mereka bisa merujuk Anda ke dokter spesialis penyakit dalam atau gastroenterologi untuk evaluasi lebih lanjut dan pengobatan GERD.


Tindakan yang Mungkin Dilakukan oleh Dokter Spesialis Paru

  • Uji Fungsi Paru: Untuk menilai kapasitas paru-paru dan melihat apakah ada tanda-tanda asma atau kondisi paru lainnya.
  • Pemeriksaan Fisik: Mendengarkan suara napas dan memeriksa tanda-tanda fisik lainnya.
  • Rontgen: Jika diperlukan, untuk mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai kondisi paru-paru Anda.


Saran untuk Mengelola GERD

  • Tidur dengan Kepala Terangkat: Gunakan bantal tambahan untuk mengangkat kepala saat tidur.
  • Makan dalam Porsi Kecil: Hindari makan besar terutama sebelum tidur.
  • Hindari Makanan Pemicu: Seperti makanan berlemak, pedas, kafein, dan alkohol.
  • Pengobatan: Dokter mungkin meresepkan obat antasida atau penghambat pompa proton (PPI) untuk mengurangi produksi asam lambung.

Langkah Selanjutnya

  1. Konsultasi dengan Spesialis Paru: Ikuti janji konsultasi dengan dokter spesialis paru sesuai dengan rujukan.
  2. Diskusikan Kemungkinan GERD: Jika gejala Anda sesuai dengan GERD, sampaikan ini pada dokter spesialis paru agar mereka bisa mempertimbangkan untuk merujuk Anda ke spesialis lain jika diperlukan.


Jangan ragu untuk bertanya lebih lanjut kepada dokter spesialis paru mengenai langkah selanjutnya dan kemungkinan penyebab sesak napas Anda. Mereka akan membantu Anda mendapatkan diagnosis yang tepat dan rencana perawatan yang sesuai.


Semoga membantu.

Salam, dr. Syifa.

4 minggu yang lalu
Suka
Balas
1
@dr. Laila Syifa

Terimakasih banyak dok 🙏🏼

4 minggu yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Dalam kasus Anda, jika Anda mengalami sesak napas yang diduga disebabkan oleh GERD (gastroesophageal reflux disease), seharusnya Anda dirujuk ke dokter spesialis gastroenterologi atau spesialis penyakit dalam. Namun, dalam beberapa kasus, sesak napas juga dapat menjadi gejala dari masalah paru-paru, seperti asma atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Dokter spesialis paru-paru biasanya akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan penyebab sesak napas Anda. Jika setelah pemeriksaan lebih lanjut dokter paru-paru menduga bahwa sesak napas Anda disebabkan oleh GERD, mereka mungkin akan merujuk Anda ke dokter spesialis gastroenterologi untuk evaluasi lebih lanjut. Jadi, dalam kasus Anda, dokter spesialis paru-paru dapat merujuk Anda ke dokter spesialis lain jika diperlukan untuk diagnosis dan pengelolaan yang lebih tepat. Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter Anda mengenai alasan rujukan dan apakah perlu konsultasi dengan dokter spesialis lain. Semoga Anda segera mendapatkan penanganan yang tepat untuk masalah sesak napas Anda.
4 minggu yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan