🔥 Diskusi Menarik

Gatal

Sore dokter saya mau bertanya..

Sudah seminggu ini jari tangan saya itu seperti bengkak dok, jadi mau nekuk jari itu susah, dan terasa gatal-gatal..

3 hari kemudian bengkak dan gatal saya sudah mereda karena sering saya kompres pakai air hangat tetapi kenapa jari tangan saya mengadi berkerut ya dok, seperti jari orang yang habis berenang berjam-jam dan punggung tangan saya juga gatal-gatal terus kaya ada bekas putih bulet-bulet kecil waktu saya garuk, itu kenapa ya dok, terus jari-jari saya juga mengelupas

0
81k
2 komen

2 komentar

Hai Sobat Sehat,

Terimakasih atas pertanyaannya.


Bengkak, gatal-gatal, kulit mengkerut, dan mengelupas pada jari tangan bisa menjadi tanda-tanda berbagai masalah kulit atau reaksi tertentu. Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

  1. Dermatitis Kontak: Ini adalah reaksi kulit terhadap bahan kimia atau zat tertentu yang Anda sentuh. Mungkin saja Anda terpapar bahan kimia seperti deterjen, sabun, atau bahan pembersih lainnya yang menyebabkan iritasi.
  2. Eksim: Eksim adalah kondisi kulit yang seringkali menyebabkan gatal-gatal, bengkak, dan kulit mengelupas. Eksim dapat dipicu oleh alergi, stres, atau kontak dengan iritan.
  3. Reaksi Alergi: Bisa jadi Anda mengalami reaksi alergi terhadap sesuatu yang Anda sentuh atau gunakan, seperti sabun, deterjen, kosmetik, atau bahan pembersih rumah tangga.


Saran yang dapat saya berikan:

  1. Hindari Faktor Pemicu: Identifikasi bahan atau zat yang mungkin menjadi pemicu reaksi kulit Anda dan hindari kontak dengan produk tersebut.
  2. Gunakan Pelembap: Gunakan pelembap yang cocok untuk kulit sensitif untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit mengelupas lebih lanjut.
  3. Konsultasikan dengan Dokter: Segera konsultasikan dengan dokter kulit untuk evaluasi lebih lanjut dan diagnosis yang tepat. Dokter dapat merekomendasikan perawatan yang sesuai seperti krim atau obat antiinflamasi untuk mengatasi gejala Anda.
  4. Hindari Menggaruk: Meskipun gatal-gatalnya mengganggu, hindari menggaruk karena hal ini dapat memperburuk iritasi dan memicu masalah kulit lainnya.


Dengan perawatan yang tepat dan identifikasi pemicu yang tepat, gejala kulit Anda seharusnya dapat diatasi dengan baik. Jangan ragu untuk periksa ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.


Semoga membantu.

Salam, dr. Syifa

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan deskripsi yang Anda berikan, kemungkinan Anda mengalami reaksi alergi atau iritasi pada kulit jari tangan Anda. Bengkak, gatal, dan kulit mengelupas adalah gejala umum dari reaksi alergi atau iritasi. Bekas putih bulat kecil yang Anda sebutkan mungkin adalah ruam atau bintik-bintik yang muncul akibat garukan. Saya sarankan Anda untuk menghindari faktor pemicu yang mungkin menyebabkan reaksi alergi, seperti deterjen, sabun, atau bahan kimia lainnya. Anda juga dapat menggunakan krim atau salep anti alergi atau anti gatal yang direkomendasikan oleh dokter. Jika gejala tidak membaik atau terus berlanjut, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit untuk evaluasi lebih lanjut dan penanganan yang tepat. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan