🔥 Diskusi Menarik

Demam malam

Halo dok ini anak saya usia 12 bulan, demam udah 3 hari udah turun panasnya, cuman dia minum ASI-nya sedikit lebih suka minum air putih yg banyak, apakah baik?

Setiap malem tidak bisa tidur, kalo pagi tidurnya lama misalnya tdr jam 8 bangun jam 11,

Udah 3 hari tidak bab, tpi kentutnya asem bngt, pas hari ke 4 bab sedikit , pipisnya banyak karna dia suka minum, jangan dihujat ya aku ibu baru, jadi belum tahu

1
80k
2 komen

2 komentar

Halo Sobat sehat, terima kasih atas pertanyaannya.


Demam atau suhu tubuh diatas 38 C merupakan respon tubuh terhadap paparan bakteri, virus atau lainnya dari lingkungan. Demam menandakan sistem imun tubuh sedang bekerja melawan benda yang dianggap menyerang dan membahayakan tubuh seperti bakteri atau virus.


Demam tidak langsung turun dengan obat jika proses merespon tubuh masih berlangsung dan perlu dipahami bahwa obat penurun panas itu untuk menyamankan kondisi pasien tetapi tetapi harus dicari tahu kenapa demamnya dan dipantau. Jika ada batuk pilek, rata-rata sistem imun anak butuh waktu, tergantung imunitas, jadi tidak selalu langsung turun dengan obat.


Demam tidak selalu langsung turun dengan obat penurun demam, tergantung sebabnya dan gejala penyerta lainnya juga.


Tubuh manusia memiliki termoregulator atau pusat pengatur suhu di otak, apabila muncul sinyal oleh sesuatu hal maka suhu tubuh akan naik meninggi sehingga teraba panas pada tubuh.


Penyebab demam banyak sekali dan perlu dievaluasi dan dicaritahu darimana.


Beberapa penyebab berikut:

- infeksi bakteri, virus, parasit dan sebagainya

- respon normal terhadap suhu di lingkungan sekitarnya, cek suhu ruangannya apakah terlalu panas atau tidak

- kekurangan cairan atau dehidrasi


yang terpenting pastikan anak makan dan minum bergizi, istirahat, cukup tidur dan bisa dibantu kompres hangat. apabila anak mulai sulit minum ASI, semakin lemas, sulit makan maka waspadai tanda dehidrasi.


Terkait kondisi anda, jika sulit memastikan anak cukup cairan dan kondisi anak lemas, sebaiknya silakan periksakan langsung anaknya ke fasilitas kesehatan terdekat.


Semoga membantu, terima kasih

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Saran yang dapat saya berikan berdasarkan konteks yang Anda berikan adalah sebagai berikut: 1. Pastikan anak Anda tetap terhidrasi dengan memberinya air putih yang banyak. Meskipun ia lebih suka minum air putih daripada ASI, itu tidak masalah selama ia tetap terhidrasi dengan baik. 2. Berikan makanan bergizi untuk membantu pemulihan anak dari demam. 3. Jika anak Anda tidak bisa tidur di malam hari, cobalah membuat rutinitas tidur yang lebih teratur dan nyaman untuknya. 4. Jika anak Anda mengalami masalah pencernaan seperti sulit buang air besar, kentut yang berbau asam, dan perubahan pola buang air kecil, sebaiknya periksakan ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut. Jika demam anak tidak kunjung turun atau ada gejala lain yang mengkhawatirkan, segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis jika diperlukan. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan