Bagaimana mengendalikan emosi atau marah pada anak

Halo dok selamat malam...

sy seorang mama usia 43thn memiliki 1 puteri kelas 2SD

kenapa sy suka emosi setiap anak itu malas atau lupa tentang apa yg dipelajarinya disekolah....

sy tdk bisa mengkontrol emosi sy kalau lg marah tentang nilai yg jelek..malas atau lupa belajar..

kadang karena kesal sy cubit anak sy dok 😢😢

bagaimana, atau apa yg sy lakukan untk mengatur mengelola emosi sy yg berlebihan ini dok...

sy tak ingin marah tapi kadang sy tak bisa tahan emosi dan rasa marah pada anak...

mohon solusinya dok

2

Komentar

2 komentar

Halo Herina Simanjuntak, terima kasih untuk pertanyaan anda.


Marah merupakan salah satu bentuk emosi sebagai respon yang muncul akibat situasi yang dialami oleh seseorang. Munculnya emosi marah tersebut adalah hal yang wajar, tetapi jika berlebihan maka perlu untuk dikendalikan, terutama apabila mengganggu aktivitas sehari-hari, atau bahkan menjadikan diri sendiri/ orang lain sebagai pelampiasan, maka perlu untuk segera dikonsultasikan kepada tenaga profesional. Respon emosi marah yang muncul juga tidak terlepas dari pikiran yang hadir saat itu.


Perlu diketahui bahwa mendisiplinkan anak dengan terus menerus memarahi atau menghukumnya justru akan membuat anak merasa tidak nyaman, bahkan menjadi tidak menyenangi dan menghindari segala hal yang berkaitan dengan proses belajar dan mengerjakan tugas karena merasa tertekan. Selain itu, bisa saja anak meniru cara tersebut dalam mengekspresikan kemarahannya.


Beberapa cara yang dapat anda la

... Lihat Lainnya

Balas

Sya juga demikian bund... sya sulit sekali mengontrol emosi terhadap anak2 saya.. padahal bisa di kategotikan anak-anak sya masih bayi anak pertama 33 bulan dan ank ke 2 19 bln..

Kadang suka sya bntak2 marah2.. kadang kalo sya udh merasa lelah bisa2 anak2 terkena cubitan sya... ujung2 ny nnti sya minta maaf dan saya menangis dgn apa yg sya lakukan.. sya takut ini ada masalah dalam kejiwaan saya.. slalu mencoba menahan emosi tapi lagi2 lepas kontrol... kadang sya bertanya pada diri sya... ada apa ini... padahal hanya sepele tpi saya besar2 kan masalah yg di perbuatan anak2 sya... saya takut mental anak2 bisa terganggu jika melihat ibu ny yg slalu marah2 kepada mereka... sya takut... sya takut... saya sering sekali menganggapnya diri sya sdh sperti ibu tiri yg sungguh jahat... sdh pernh saya katakan ini ke suami.. tpi suami kayak biasa ajh dan cuma ngomong tinggal kamu yg ngontrol dan mengendalikan emosi.. saya sedih... sya minta tolong sraanny... saya gk mau di anggp ibu yg JA

... Lihat Lainnya

Balas