🔥 Diskusi Menarik

normal/tidak?

aku punya teman satu gender, aku syg bgt sm dia, aku lakuin semua buat dia, mungkin itu wajar dlm pertemanan, tp yg membuat ku bingung adalah aku sering 'jealous dan posesif' klo dia treat other more special , aku jg jd membenci orang yg dia perlakukan dgn spesial, aku terlihat lebih sensi jika dia spt itu, aku jg ngerasa emg posesif bgt, gimana cara mengatasinya? apa ini normal?

5
64k
2 komen

2 komentar

Halo, terima kasih atas pertanyaan anda


kami memahami kebingungan yang anda rasakan. Anda dapat memulai mengenali pikiran-pikiran yang muncul dibalik rasa jealous dan posesif. Perlu dipahami bahwa kita tidak punya hak untuk mengontrol respon orang lain, kita hanya dapat mengontrol diri sendiri.


Jika kebingungan ini tidak dapat anda atasi sendiri, tidak ada salahnya berkonsultasi langsung dengan psikolog

4 minggu yang lalu
Suka
Balas
1

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Dari deskripsi yang Anda berikan, tampaknya Anda mengalami rasa cemburu dan posesif yang berlebihan terhadap teman Anda. Hal ini bisa menjadi tanda dari masalah kepercayaan diri atau ketidakamanan dalam hubungan. Rasa cemburu dan posesif yang berlebihan dapat merusak hubungan pertemanan Anda dan membuat Anda merasa stres. Untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama penting untuk mengidentifikasi akar penyebab dari rasa cemburu dan posesif Anda. Mungkin ada ketidakamanan dalam diri Anda sendiri yang perlu diatasi. Cobalah untuk lebih percaya diri dan menghargai diri sendiri. Berbicaralah dengan teman Anda secara terbuka tentang perasaan Anda, namun tetaplah tenang dan tidak menyalahkan. Selain itu, penting untuk memahami bahwa teman Anda memiliki hak untuk memiliki hubungan dengan orang lain tanpa harus membuat Anda merasa cemburu atau posesif. Cobalah untuk memahami bahwa hubungan pertemanan tidak selalu harus eksklusif dan bahwa setiap orang memiliki hak untuk memiliki hubungan dengan orang lain. Jika Anda merasa kesulitan mengatasi rasa cemburu dan posesif Anda sendiri, Anda juga dapat mencari bantuan dari seorang konselor atau psikolog. Mereka dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah yang lebih dalam dan memberikan saran serta dukungan yang diperlukan. Dalam hal ini, penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki perasaan cemburu dan posesif dalam hubungan pertemanan, namun penting untuk mengelola perasaan tersebut dengan bijaksana agar tidak merusak hubungan Anda dengan teman Anda. Semoga Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperbaiki hubungan pertemanan Anda. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan