Rasa takut menjelang melahirkan ini bisa datang dari berbagai sumber, misalnya takut akan rasa sakitnya, takut mengenai penanganan selama persalinan, sampai takut terlambat tiba di rumah sakit.


Sangat wajar jika perempuan memiliki perasaan takut atau cemas jelang melahirkan, tapi rasa takut berlebihan hingga stres bisa berdampak pada kesehatan bayi.


Segera konsultasikan dengan dokter Anda atau gunakan beberapa teknik di bawah ini untuk membantu mengatasi takut melahirkan.


1. Memilih dokter atau bidan yang terpercaya.

Pastikan dokter kandungan Anda reputasinya sudah dikenal, terpercaya, atau pernah membantu anggota keluarga dan sahabat Anda menjalani persalinan.

Dengan begitu, Anda pun jadi lebih tenang dan mau percaya pada kata-kata dokter tersebut.


2. Punya rencana yang fleksibel.

Perubahan rencana merupakan hal yang normal dalam proses persalinan. Jika ini terjadi, Anda perlu membuka diri terhadap saran dan pilihan yang tersedia.


3. Dengarkan tubuh dan bayi Anda.

Pada akhirnya, proses melahirkan itu dikendalikan oleh tubuh dan bayi Anda sendiri. Percayalah bahwa tubuh Anda dan bayi yang akan lahir punya cara khusus untuk saling bekerja sama.


4. Melakukan relaksasi.

Anda juga bisa ikut yoga dan meditasi khusus ibu hamil untuk membantu menenangkan pikiran menjelang persalinan.


5. Memahami rasa sakit saat melahirkan.

Pahamilah bahwa rasa sakit saat melahirkan tidak sama dengan rasa sakit yang muncul ketika Anda terluka atau kena penyakit yang perlu segera disembuhkan.


Sensasi fisik tersebut justru sangat dibutuhkan untuk membawa bayi Anda lahir ke dunia. Dengan memahami hal ini, Anda jadi lebih mudah untuk mengendalikan panik karena rasa sakit yang muncul.