🔥 Diskusi Menarik

17 minggu perut kencang

Apakah wajar di usia kehamilan 17 minggu sesekali perut terasa kencang? Saya sedikit merasa tidak nyaman dibuatnya

0
173k
3 komen

3 komentar

hallo dok mau nanya..

saya hamil ke 3 usia 8minggu tapi ada keluar flek darah dr miss V saya setiap mau pup.. itu kenapa dok apakah ada indikasi keguguran . soalnya sebelum2nya gak pernah seperti ini

2 minggu yang lalu
Suka
Balas

Hallo Rahmania Chanwoo, terima kasih atas pertanyaan nya.

Salah satu keluhan umum yang sering dialami selama kehamilan adalah perut kencang. Tidak jarang keluhan ini menimbulkan kekhawatiran, terutama bagi ibu muda dengan kehamilan pertama.

Perlu Anda ketahui, pada trimester pertama hingga trimester kedua awal, perut kencang bisa dikarenakan :

  • Pertumbuhan rahim yang mendorong otot perut, ditandai dengan rasa sakit yang dikeluhkan di bawah pusat hingga lipat paha.
  • Kondisi ini termasuk normal/ wajar dan tidak memerlukan penanganan khusus
  • Kontraksi palsu atau braxton hicks, mulai dialami sejak 6 minggu usia kehamilan. Semakin bertambahnya usia kehamilan, maka semakin sering sensasi ini dirasakan. Meskipun termasuk normal, namun perlu dibedakan dengan kontraksi yang mengarah pada persalinan prematur. Umumnya, braxton hicks mereda dengan istirahat

Kondisi yang perlu diwaspadai adalah bila perut kencang terasa mulai dari punggung hingga perut bagian bawah, terdapat tekanan pada panggul (lebih berat dari kram menstruasi), dan disertai pengeluaran lendir darah ataupun cairan ketuban dari jalan lahir. Bila mengalami kondisi tersebut, segeralah memeriksakan diri ke dokter kandungan ataupun rumah sakit.

Sebagai anjuran meringankan keluhan Anda :

  • istirahat yang cukup, sebaiknya dalam posisi menyamping ke kiri, jika diperlukan bisa menggunakan bantal tambahan di sisi tubuh untuk menopang perut
  • konsumsi makanan bergizi seimbang, terutama penuhi kebutuhan zat besi, asam folat, vitamin D, dan kalsium
  • lakukan olahraga yang aman untuk ibu hamil, misalnya ikut serta dalam kelas senam hamil
1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Perut kencang sesekali pada usia kehamilan 17 minggu umumnya normal terjadi karena pertumbuhan janin dan perubahan hormonal. Perut kencang bisa disebabkan oleh peregangan ligamen, pertumbuhan janin, atau gas di perut. Jika perut terasa kencang namun tidak disertai dengan nyeri yang hebat atau pendarahan, kemungkinan besar tidak perlu dikhawatirkan. Anda dapat mencoba minum air mineral, beristirahat, dan melakukan gerakan ringan untuk meredakan ketidaknyamanan. Namun, jika perut terus terasa kencang atau disertai dengan gejala lain seperti nyeri hebat, segera konsultasikan dengan dokter kandungan Anda untuk evaluasi lebih lanjut. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda merasa tidak nyaman atau khawatir. Semoga membantu! Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan