backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

2

Tanya Dokter
Simpan

9 Cara Menurunkan Hormon Estrogen Berlebih pada Wanita

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 10/07/2023

9 Cara Menurunkan Hormon Estrogen Berlebih pada Wanita

Meski bermanfaat untuk mendukung kesehatan wanita, kelebihan estrogen dalam tubuh dapat menimbulkan dampak negatif. Untuk membantu menurunkan kadar hormon estrogen pada tubuh wanita, Anda bisa menyimak cara-cara sederhana di bawah ini.

Ragam cara menurunkan hormon estrogen pada wanita

Estrogen adalah salah satu hormon reproduksi wanita yang memiliki banyak peranan penting. Hormon ini membantu mengatur siklus menstruasi dan menjaga kehamilan. 

Selain itu, estrogen juga bermanfaat untuk menjaga jantung serta memperkuat tulang dan gigi.

Sayangnya, kadar estrogen yang terlalu tinggi bisa menimbulkan gangguan kesehatan, seperti kenaikan berat badan, siklus haid tidak teratur, hingga kanker ovarium dan payudara.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan hormon ini. Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan hormon estrogen yang bisa Anda lakukan.

1. Terapkan pola makan sehat

diet sehat untuk remaja

Pola makan yang sehat membantu menyeimbangkan hormon dan mengurangi kadar estrogen yang berlebihan pada tubuh wanita.

Kandungan serat dalam sayuran dan buah-buahan dapat menyehatkan saluran cerna. Zat gizi ini mampu mengikat kelebihan estrogen pada usus dan mengeluarkannya dari tubuh.

Jangan lupa, imbangi juga dengan mengonsumsi protein rendah lemak, seperti dari unggas, ikan, dan kedelai.

2. Olahraga secara rutin

Salah satu cara sederhana untuk menurunkan hormon estrogen yakni berolahraga secara rutin.

Olahraga mampu meningkatkan kadar sex hormone-binding globulin (SHBG), yakni protein yang mengikat estrogen dan mengeluarkan kelebihannya dari dalam tubuh.

Pilihlah olahraga aerobik dengan intensitas sedang, seperti jogging atau bersepeda. Lakukan aktivitas ini minimal 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu.

Ciri-ciri hormon estrogen tinggi pada wanita

Beberapa ciri hormon estrogen tinggi pada wanita meliputi nyeri dan perdarahan berat saat haid, perubahan mood, perut kembung, dan pembengkakan payudara. 

3. Turunkan berat badan

Obesitas bisa memicu produksi hormon estrogen yang berlebihan. Dikutip dari Cleveland Clinic, jaringan lemak yang berlebih dapat meningkatkan pelepasan hormon-hormon tertentu dalam tubuh Anda.

Pola makan yang sehat dan olahraga rutin dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan begitu, tubuh Anda lebih mampu mengendalikan produksi estrogennya.

Konsultasikan juga dengan dokter atau ahli gizi supaya proses penurunan berat badan Anda menjadi lebih aman dan minim efek samping.

4. Tidur cukup

Waktu tidur yang berantakan bisa mengganggu keseimbangan hormon. Jika Anda kurang tidur, tubuh akan melepaskan lebih banyak hormon stres, seperti kortisol.

Kortisol bisa mengganggu metabolisme (pemecahan) estrogen sehingga meningkatkan kadarnya di dalam tubuh.

Untuk membantu menurunkan hormon estrogen berlebih, Anda disarankan tidur 7–8 jam setiap malam. Jangan lupa menerapkan sleep hygiene untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

5. Kelola stres dengan baik

Stres berkepanjangan tentu berdampak buruk bagi kesehatan wanita. Salah satu efek jangka panjangnya ialah ketidakseimbangan hormon.

Saat mengalami stres kronis, tubuh Anda akan melepaskan kortisol. Peningkatan kadar kortisol ini juga menyebabkan peningkatan estrogen pada tubuh wanita.

Anda bisa mengelola stres dengan teknik relaksasi, misalnya lewat teknik pernapasan dan meditasi. Bahkan, olahraga, berkumpul dengan teman-teman, dan melakukan hobi juga efektif untuk mengatasi masalah ini.

6. Batasi paparan xenoestrogen

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Xenoestrogen adalah senyawa kimia buatan manusia yang memiliki kemampuan untuk meniru efek hormon estrogen dalam tubuh manusia. 

Konsumsi makanan atau paparan senyawa ini dari lingkungan berisiko mengganggu keseimbangan hormon pada wanita.

Untuk membatasi paparannya, cobalah mengonsumsi makanan organik, menghindari pemakaian wadah plastik, dan memilih produk yang bebas xenoestrogen.

7. Berhenti merokok dan minum alkohol

Cara sederhana lainnya untuk menurunkan hormon testosteron yakni berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Rokok mengandung zat kimia yang dapat memengaruhi produksi estrogen, sedangkan alkohol berisiko mengganggu kemampuan hati dalam mengeluarkan kelebihan estrogen.

Maka dari itu, mulailah mengurangi kedua kebiasaan buruk ini untuk menurunkan kelebihan estrogen dan menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh Anda.

8. Minum suplemen herbal

Suplemen herbal, seperti biji rami (flaxseed), berpotensi menurunkan hormon estrogen yang berlebih.

Studi dalam Iranian Journal of Basic Medical Sciences (2021) menemukan kandungan senyawa lignan dalam biji rami memiliki efek anti-estrogen atau estrogen antagonist.

Senyawa ini mampu menghalangi reseptor estrogen atau menghambat produksi estrogen dalam tubuh. Dengan begitu, Anda bisa menghindari dampak kelebihan hormon ini.

Meski berpotensi sebagai cara alami untuk menurunkan hormon estrogen, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen tersebut.

9. Konsultasi dengan dokter

Jika Anda mengalami masalah yang diduga berkaitan dengan kadar estrogen yang berlebihan, sebaiknya lakukan konsultasi medis dengan dokter spesialis terkait.

Dokter dapat melakukan pemeriksaan untuk mengevaluasi level estrogen dalam tubuh Anda.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, dokter dapat memberikan saran yang sesuai, seperti perubahan gaya hidup, terapi hormon, atau penggunaan obat-obatan tertentu.

Konsultasi dengan dokter juga penting untuk memastikan bahwa tindakan yang diambil sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang Anda alami.

Kesimpulan

  • Estrogen adalah hormon yang berperan penting dalam siklus menstruasi dan kehamilan.
  • Kelebihan hormon reproduksi wanita ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan, haid tidak teratur, hingga kanker ovarium dan payudara.
  • Beberapa cara bisa Anda lakukan untuk menurunkan hormon estrogen, seperti dengan pola makan sehat, rutin olahraga, tidur cukup, dan kelola stres dengan baik.
  • Jika mengalami masalah terkait tingginya kadar estrogen, konsultasikan dengan dokter untuk memperoleh diagnosis dan saran perawatan yang sesuai.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 10/07/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan