backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

7 Tips Mengembalikan Gairah Seks yang Hilang Setelah Melahirkan

Ditinjau secara medis oleh dr. Yusra Firdaus


Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 22/04/2019

    7 Tips Mengembalikan Gairah Seks yang Hilang Setelah Melahirkan

    Pada umumnya, setiap wanita pasti pernah mengalami berkurangnya gairah seksual, terutama setelah melahirkan. Setelah memiliki anak, hasrat seksual Anda cenderung turun dan terkadang hal ini membuat pasangan Anda pun bingung. Nah, supaya hal ini tidak terjadi dalam waktu lama, simak cara-cara meningkatkan libido atau gairah wanita setelah melahirkan.

    Tips jitu meningkatkan libido wanita setelah melahirkan

    Banyak wanita dan pasangannya beranggapan kondisi ini akan hilang seiring dengan berjalannya waktu. Akan tetapi, sebuah studi mengungkapkan bahwa setelah kadar hormon wanita kembali normal, tetapi mereka masih memiliki hasrat seksual yang rendah. Oleh karena itu, diperlukan beberapa cara untuk meningkatkan gairah seksual wanita setelah melahirkan.

    1. Konsultasi dengan dokter

    dokter kandungan yang bagus

    Pertama-tama, konsultasikan dahulu dengan dokter kandungan Anda. Ceritakan bagaimana dan kapan libido Anda bisa turun setelah melahirkan. Nah, kemungkinan besar dokter Anda bisa memberitahu bagaimana cara meningkatkan libido Anda. Selain itu, meyakinkan Anda kalau kondisi ini sangatlah normal sehabis melahirkan.

    Biasanya, dokter akan menganjurkan Anda untuk menghindari berhubungan intim selama 6 minggu pertama setelah melahirkan.

    2. Istirahat yang cukup

    efek lembur kerja di rumah

    Salah satu cara untuk meningkatkan libido dan gairah seksual setelah melahirkan adalah dengan istirahat yang cukup. Cobalah minta pasangan Anda untuk menjaga dan memberi makan bayi Anda, setidaknya bertukar untuk beberapa waktu. Istirahat yang cukup memang dipercaya mampu menambah gairah seksual bagi siapapun.

    3. Berkomunikasi dengan pasangan Anda

    komunikasi dengan pasangan komunikasi dalam hubungan

    Tak ada salahnya diskusi dan jujur pada sang pasangan jika Anda kurang bergairah untuk berhubungan seks setelah melahirkan. Utarakan alasan mengapa Anda tidak begitu bergairah.

    Dengan begitu, sang pasangan akan mengerti dan bisa mencari solusi bersama. Misalnya saja, mencoba posisi bercinta yang tak pernah dicoba atau bahkan cara foreplay baru yang bisa meningkatkan libido dan gairah Anda setelah melahirkan.

    4. Atur suasana hati

    earworm musik terngiang-ngiang

    Suasana hati sebelum melakukan hubungan seksual sangat berpengaruh terhadap libido Anda. Nah, salah satu caranya adalah mandi dengan air hangat, mendengarkan musik yang bisa mengembalikan gairah seksual. Walaupun terlihat membuang-buang waktu, Anda tentu memerlukan transisi, dari berperan sebagai ibu menjadi istri atau pasangan.

    5. Menggunakan pelumas

    cara pakai pelumas untuk hubungan intim

    Terkadang, setelah melahirkan perubahan hormon pada tubuh membuat pelumas Anda sulit untuk keluar. Oleh karena itu, agar tidak menyakitkan ketika berhubungan seksual, disarankan untuk menggunakan pelumas. Nah, cara ini dipercaya bisa meningkatkan libido wanita setelah melahirkan.

    6. Mengatur waktu

    baju merah kencan pasangan cinta

    Ibu yang baru saja melahirkan biasanya tidak mau berpisah lama-lama dengan bayinya. Hal itu memang tidak apa-apa, tetapi usahakan untuk meluangkan waktu bersama dengan pasangan Anda, tentunya tanpa ada kehadiran bayi Anda.

    Sebuah rencana makan malam romantis di rumah adalah alternatif sederhana untuk menghabiskan waktu berdua, sehingga bisa meningkatkan libido Anda setelah melahirkan.

    7. Bereksperimen dengan posisi yang lain

    posisi seks aman, hubungan seksual dengan arthritis

    Nah, kalau yang ini diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan Anda. Posisi mana yang menurut kalian berdua sama-sama menguntungkan. Kebanyakan wanita biasanya memilih untuk berada di atas supaya bisa mengontrol intensitas penetrasi. Selain itu, variasi posisi juga bisa meningkatkan gairah seksual karena merasa tertantang melakukan hal-hal baru.

    Sebenarnya, gairah seksual adalah hal yang sangat rumit dan jika kita tidak memanfaatkannya, maka sulit untuk mengembalikannya dalam waktu yang cepat. Walaupun sebenarnya Anda tidak terlalu menginginkannya, cobalah untuk tetap melakukannya.

    Kemungkinan Anda membutuhkan ‘godaan’ yang lebih besar untuk meningkatkan libido Anda. Apabila Anda bisa membawa kembali gairah tersebut, suasana hati pun akan mengikuti situasi yang terjadi saat itu.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Yusra Firdaus


    Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 22/04/2019

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan