home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Untuk Pasutri, Begini Cara Memilih Kondom yang Pas

Untuk Pasutri, Begini Cara Memilih Kondom yang Pas

Memilih kondom yang tepat dapat menjadi cara pasangan suami istri menikmati seks. Dari sekian banyak pilihan kondom, mungkin tak semuanya cocok untuk Anda. Pemilihan kondom disesuaikan dengan ukuran, bahan, dan selera Anda.

Jika Anda sedang dilanda kebimbangan, inilah cara memilih kondom yang tepat.

Cara memilih kondom pria yang cocok

Tidak sekadar menjaga kenyamanan saat berhubungan intim, pemilihan kondom yang tepat mendukung fungsi protektif dan preventif. Salah memilih kondom bisa mengakibatkan kebocoran cairan semen ke vagina.

Bila Anda belum berencana untuk memiliki anak, wajib mengetahui cara pemilihan kondom yang pas untuk Anda.

1. Desain kondom

Beragam produk kondom diciptakan untuk menambah pengalaman dan kepuasan pasangan suami istri. Cara memilih kondom selanjutnya, Anda dan pasangan perlu sepakat menyukai desain kondom dan kemudahan penggunaannya.

Ada banyak variasi kondom, seperti kondom yang berwarna, kondom dengan bentuk twist atau dengan tekstur dotted yang dibuat sedemikian rupa untuk pasangan merangsang lebih bergairah secara vaginal.

Agar tidak mengurangi fungsi kontrasepsi dan kenyamanannya, pilih kondom easy on shape atau mudah menyesuaikan bentuk penis. Dengan begitu, kondom mudah digulung menyelimuti penis saat digunakan serta mudah dilepaskan ketika sudah selesai ejakulasi.

Karena seks dinikmati berdua, ada baiknya tidak menentukan bentuk kondom yang diinginkan secara sepihak. Penting menentukannya bersama pasangan, sehingga seks berlangsung menyenangkan.

2. Ukuran kondom

Karena kondom akan dipakai saat ereksi, maka Anda perlu mengetahui ukurannya dalam kondisi tersebut, Secara umum, produk kondom menawarkan tiga ukuran.

  • Ukuran close fit, dengan lebar 49 mm
  • Ukuran nyaman, dengan lebar kurang lebih 52.5 mm
  • Ukuran besar, dengan lebar 56 mm

Pastikan memilih kondom yang tepat ukuran, sehingga Anda bisa berhubungan intim dengan pasangan tanpa ada rasa cemas.

3. Material

Mempertimbangkan material atau bahan kondom juga menjadi cara memilih kondom dengan tepat. Biasanya kondom berbahan dasar lateks memiliki efektivitas 82-98% mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual.

Beragam produk menawarkan kondom lateks yang tersedia dalam tekstur tebal maupun tipis. Sebelum membelinya, Anda perlu menentukan pemilihan kondom bersama pasangan agar seks tetap terasa menyenangkan.

Bagi Anda yang mengalami alergi lateks, ada bahan kondom lain yang dapat menjadi alternatif. Misalnya, pilih kondom yang berbahan dasar polyurethane, polyisoprene, dan lambskin.

Memakai kondom untuk wanita

fakta seputar kondom wanita

Anda sudah mengetahui cara memilih kondom pria yang cocok. Selain kondom pria, ada juga kondom wanita. Kondom ini memiliki fungsi yang sama dengan kondom laki-laki. Umumnya, kondom wanita terbuat dari polyurethane, sehingga aman digunakan jika pasangan memiliki alergi lateks.

Menurut Planned Parenthood, seperti yang dilansir laman Healthline, kondom wanita memiliki efektivitas hingga 95% jika digunakan secara benar. Meskipun keduanya punya cara proteksi yang sama, kondom wanita dan pria tidak disarankan dipakai bersama. Memakai keduanya bisa merusak fungsi optimal kondom.

Lebih baik memakai kondom pria atau wanita?

Kondom pria dan wanita sebenarnya memiliki fungsi proteksi yang sama. Dari segi kenyamanan, Anda bisa menggunakan kondom pria sehingga seks terasa lebih nikmat. Berikut kelebihan jika Anda memilih kondom pria sebagai alat kontrasepsi.

1. Mudah diperoleh dengan harga terjangkau

Kondom dapat mudah diperoleh di mana pun, seperti di minimarket, marketplace, atau di apotek. Alat kontrasepsi ini bisa dibeli dengan harga terjangkau sebagai proteksi.

2. Memiliki beragam variasi

Kondom memiliki beragam varian, termasuk variasi ukuran yang mudah menyesuaikan bentuk penis sehingga mudah digunakan dan dilepaskan saat usai dipakai (easy on shape).

Selain itu, kondom memiliki ketebalan yang beragam untuk memberi kenyamanan pasangan dalam berhubungan seksual. Adapun kondom yang memiliki ketebalan tipis untuk memberikan proteksi tanpa mengurangi kenyamanan.

3. Proteksi seksual yang efektif

Kondom juga memberikan proteksi yang aman bagi pasangan saat bercinta. Secara efektif, kondom dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit menular seksual dan kehamilan, tanpa menimbulkan efek samping seperti alat kontrasepsi lainnya seperti IUD atau pil KB.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to Determine What Condom Size You Need. https://www.verywellhealth.com/what-condom-size-do-i-need-906651. Diakses 10 Oktober 2019.

What are female condoms and how are they used? https://www.medicalnewstoday.com/articles/309483.php. Diakses 10 Oktober 2019.

Am I Allergic to Condoms? Symptoms and Treatment. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/allergic-to-condom#what-you-can-do. Diakses 10 Oktober 2019.

Latex Condoms for Birth Control. https://www.verywellhealth.com/latex-condoms-906784. Diakses 10 Oktober 2019.

11 Condom Types and Styles to Explore. https://www.verywellhealth.com/condom-types-906789. Diakses 10 Oktober 2019.

How to Use Condoms Safely? https://www.healthline.com/health/safest-condoms#preventing-stis. Diakses 10 Oktober 2019.

Female Condoms, https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/female-condom/about/pac-20394129. Diakses 10 Oktober 2019.

Pandya, I., Marfatia, Y., & Mehta, K. (2015). Condoms: Past, present, and future. Indian Journal Of Sexually Transmitted Diseases And AIDS36(2), 133. doi: 10.4103/0253-7184.167135. Diakses 10 Oktober 2019.

These Are the 25 Best Condoms You Can Buy Right Now. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/best-condoms#vaginal-sensation. Diakses 14 Februari 2020.

How do I use condom? https://www.nhs.uk/conditions/contraception/how-do-i-use-condom/. Diakses 14 Februari 2020.

Male Condoms. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/condoms/about/pac-20385063. Diakses 28 Februari 2020.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Maria Amanda
Tanggal diperbarui 17/03/2020
x