backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

5 Daftar RS dan Pelayanan Kesehatan Jiwa di Provinsi Jawa Barat

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 26/10/2023

5 Daftar RS dan Pelayanan Kesehatan Jiwa di Provinsi Jawa Barat

Bukan hanya kondisi fisik, kondisi mental juga bisa terganggu. Jika mengalami gangguan mental yang cukup parah, seseorang mungkin perlu melakukan pemeriksaan dan penanganan di rumah sakit (RS) jiwa. Jika Anda tinggal di Provinsi Jawa Barat, simak rekomendasi RS jiwa yang ada di wilayah ini melalui ulasan berikut.

Daftar RS dan pelayanan kesehatan jiwa di Provinsi Jawa Barat

Rumah sakit jiwa (RSJ) adalah fasilitas kesehatan yang khusus menangani masalah kesehatan mental, gangguan jiwa, dan gangguan perilaku.

RSJ dirancang untuk memberikan perawatan medis dan terapi yang intensif kepada orang yang menderita masalah psikologis serius, seperti depresi berat, gangguan bipolar, skizofrenia, gangguan kecemasan, dan gangguan makan.

Dilansir dari National Alliance on Mental Illness, pasien atau ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) yang dirawat di rumah sakit jiwa dapat mengharapkan perawatan yang diperlukan.

Ini bisa meliputi konseling individu dan kelompok, terapi obat jika diperlukan, serta pemantauan medis secara ketat.

Perlu Anda Ketahui

Sejauh ini, hanya ada dua rumah sakit jiwa di Jawa Barat. Untuk mendapat layanan seputar kesehatan kejiwaan, Anda juga dapat berobat ke klinik atau rumah sakit umum. Jika diperlukan, pelayanan kesehatan tersebut dapat merujuk pasien ke RSJ. Pada kondisi tertentu, pasien dari RSJ juga mungkin dirujuk ke panti rehabilitasi atau sosial sebagai tempat perawatannya.

Bagi Anda yang tinggal di Provinsi Jawa Barat, berikut ini adalah daftar RS jiwa dan pelayanan kesehatan kejiwaan yang bisa jadi tempat perawatan Anda atau orang tercinta.

1. Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat

orang gangguan jiwa (gila) bisa sembuh

Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat adalah RS jiwa hasil penggabungan dari RSJ Bandung dan RSJ Cimahi pada tahun 2009.

RSJ yang terakreditasi paripurna ini berfungsi untuk membantu pasien terkait kesehatan jiwa dan mental, dengan tindakan medis unggulan berupa layanan rehabilitasi medik dan rehabilitasi mental.

Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat terletak di Jalan Kolonel Masturi, Jambudipa, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, dengan jam operasional pukul 8:00—23:00 setiap hari.

2.  Rumah Sakit Jiwa dr. H. Marzoeki Mahdi

Rumah Sakit Jiwa dr. H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) adalah RSJ yang didirikan oleh pelopor Gerakan Kesehatan Jiwa, yaitu Dr. H. Marzoeki Mahdi.

Namun kini, salah satu rumah sakit jiwa di Provinsi Jawa Barat ini memberikan pelayanan kesehatan kelas A, baik untuk pasien psikiatri maupun nonpsikiatri.

Fasilitas tambahan yang disediakan meliputi laboratorium, ruang radiologi, unit gawat darurat (UGD), rawat jalan, ruang farmasi, dan ambulans.

Alamat RS Jiwa dr. H. Marzoeki Mahdi yaitu di Jalan DR. Sumeru No.114, Menteng, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, dengan jam operasional 24 jam setiap hari.

3. Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Phala Martha

Bukan rumah sakit jiwa, Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Phala Martha merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT)  Kementerian Sosial RI yang berlokasi di Jawa Barat.

PSBL Phala Martha memiliki tugas untuk melaksanakan pelayanan dan rehabilitasi sosial kepada orang dengan kecacatan mental dan mantan psikotik (pecandu obat-obatan).

Pelayanan tersebut dalam bentuk bimbingan fisik, mental, sosial, pelatihan keterampilan, resosialisasi, dan bimbingan lanjut.

PSBL Phala Martha berlokasi di Jalan A. Yani No.67, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat, dengan jam operasional 24 jam setiap hari.

4. Rehabilitasi Mental Prima Harapan

rumah sakit jiwa

Rehabilitasi Mental Prima Harapan adalah pusat rehabilitasi mental dengan pemberian obat-obatan yang diawasi oleh dokter spesialis kejiwaan atau psikiater serta bantuan pendekatan agama.

Meski demikian, pusat rehabilitasi ini menerima semua pasien kejiwaan dengan latar belakang agama apa pun dan penanganannya juga akan disesuaikan dengan agama masing-masing pasien.

Meski bukan RS jiwa di Provinsi Jawa Barat, pusat rehabilitasi ini juga menyediakan ruangan khusus untuk pasien yang belum bisa dikendalikan atau ingin ditemani keluarganya.

Jika sudah terkendali, pasien umumnya akan dikumpulkan bersama salah satu pasien lainnya untuk bisa berinteraksi bersama.

Rehabilitasi Mental Prima Harapan beralamat di Jalan Cikoneng No.93, Cibiru Wetan, Kec. Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dengan jam operasional pukul 8:00 hingga 20:00 setiap hari.

5. Klinik Utama Jiwa Grha Atma

Klinik Utama Jiwa Grha Atma adalah klinik kesehatan jiwa yang melayani pasien dengan berbagai keluhan psikiatris dan gangguan jiwa, dari anak-anak, remaja, hingga dewasa, untuk perawatan rawat jalan.

Jika membutuhkan penanganan lanjutan, pasien dari klinik psikiatri ini akan dirujuk ke RS Jiwa Provinsi Jawa Barat.

Klinik Utama Jiwa Grha Atma terletak di LLRE Martadinata, Jalan Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Klinik jiwa satu ini memiliki jam operasional mulai 7:30 hingga 16:00 dari hari Senin sampai Jumat.

Itu adalah beberapa RS jiwa dan pelayanan kesehatan kejiwaaan yang tersedia di Provinsi Jawa Barat.

Bagi Anda yang tinggal di Jawa Barat dan sekitarnya, Anda bisa mencari pertolongan medis terkait penanganan gangguan mental di salah satu RSJ atau pelayanan kesehatan kejiwaan di atas.

Namun penting untuk mencari informasi yang lengkap serta mempertimbangkan kondisi pasien karena setiap pasien memiliki kebutuhan yang berbeda.

Dengan memilih RS jiwa atau pelayanan kesehatan kejiwaan yang tepat, termasuk di Provinsi Jawa Barat, hal ini bisa memberi dampak positif dalam proses pemulihan mental pasien.

Perlu diingat!

Perlu diingat bahwa rumah sakit jiwa adalah bagian penting dari sistem perawatan kesehatan mental dan dapat membantu pasien yang mengalami masalah kesehatan mental yang serius. Keputusan untuk mengunjungi rumah sakit jiwa dapat dilakukan setelah berkonsultasi dengan ahli kesehatan mental atau dalam situasi darurat jika diperlukan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 26/10/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan