Siapa Sangka, Anjing Si Sahabat Paling Setia Ini Punya Isi Usus yang Mirip Dengan Manusia!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 2 Juni 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Anjing dikenal sebagai hewan yang paling setia dan sudah memiliki predikat sebagai sahabat manusia sejak lama. Tak hanya bisa menjadi sahabat yang setia, tapi hewan yang menggemaskan ini ternyata memiliki bakteri usus yang sama. Hal ini ditemukan dalam sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan. Bahkan dalam penelitian tersebut, menyatakan bahwa temuan ini dapat membantu teknologi kesehatan manusia. Lho, kok bisa? Memangnya, seperti apa sistem pencernaan anjing? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Manusia dan anjing punya bakteri usus yang hampir sama

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Microbiome ini melakukan percobaan pada anjing jenis labrador dan beagle. Kedua kelompok anjing tersebut diberikan makanan yang berbeda, yang satu diberikan makanan rendah protein dan rendah karbohidrat. Sementara lainnya diberi makanan tinggi karbohidrat tapi rendah protein.

Kemudian, pada peneliti menganalisis kotoran anjing yang telah diberikan diet khusus dan menemukan bahwa dari sekian banyak bakteri yang ada di dalam usus anjing, hampir semuanya mirip dengan bakteri usus manusia.

Para ahli juga mengungkapkan bahwa bakteri-bakteri usus tersebut memberikan respon yang berbeda terhadap pola diet yang diberikan pada hewan tersebut.

Tentu, hal ini bisa jadi temuan yang baik untuk manusia. Pasalnya, para ahli menyatakan bahwa anjing tak hanya akan menjadi sahabat setia manusia, tapi juga dapat membantu menemukan pola diet yang tepat bagi manusia dengan melakukan serangkaian penelitian yang lebih mendalam lagi.

Bakteri dalam usus yang bertugas untuk merespon diet

Dalam penelitian sebelumnya telah disebutkan bahwa bakteri dalam usus anjing memberikan respon yang berbeda pada pola diet yang diberikan. Respon tersebut akan memengaruhi kesehetan anjing secara umum, entah membuatnya jadi bertambah gemuk atau tidak.

Hal yang sama akan terjadi pada manusia. Ya, bakteri dalam usus Anda yang ternyata mirip dengan bakteri usus anjing itu, ternyata memberikan dampak besar terhadap kesehatan.

Ahli kesehatan menduga, bahwa di dalam usus manusia mengandung 100 triliun mikrobioma bakteri. Jumlah ini 10 kali lebih banyak dibanding tempat-tempat lainnya dalam tubuh manusia. Lewat banyaknya koloni bakteri ini, usus bisa juga disebut sebagai otak kedua yang dapat berkomunikasi langsung dengan otak, pusat segala fungsi tubuh.

Dengan bakteri-bakteri ini pula, usus bisa merasakan dan memberikan respon langsung ketika ada yang terjadi pada tubuh. Misalnya, ketika Anda sedang panik atau tertekan saat demam panggung, tiba-tiba perut terasa sakit, atau bahkan ketika Anda keracunan sampai ingin muntah.

Maka dari itu, jika Anda ingin memperbaiki kesehatan Anda, mulailah dengan usus Anda. Kesehatan pencernaan benar-benar bisa memengaruhi seluruh tubuh Anda. Kabar baiknya adalah bahwa koloni bakteri usus Anda bisa berubah mengikuti apa yang Anda makan.

Perkaya menu makan Anda dengan sayuran kaya serat, buah rendah gula, biji-bijian non-gluten, dan kacang polong. Perbanyak juga makan makanan kaya probiotik, seperti yogurt, kefir, kimchi asinine Korea, acar, keju, dan tempe.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Inflammatory Bowel Disease (IBD)

Berbeda dengan sakit perut biasa, inflammatory bowel disease (IBD) bisa menyebabkan gangguan pada mata, kulit, dan sendi.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Pencernaan, Gangguan Pencernaan Lainnya 1 Februari 2021 . Waktu baca 9 menit

Disentri

Definisi disentriDisentri adalah penyakit infeksi pada usus yang menyebabkan diare yang disertai darah atau lendir. Diare sendiri biasanya ditandai dengan sering BAB yang lembek atau cair.  Berdasarkan penyebabnya ...

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Pencernaan, Gangguan Pencernaan Lainnya 30 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

Berbagai Manfaat Menakjubkan Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Anda mungkin cukup familier dengan manfaat kunyit untuk meredakan mual. Nah, ternyata masih ada khasiat lain dari kunyit yang mungkin belum Anda tahu!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 25 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Sindrom Iritasi Usus Besar (IBS)

Sindrom iritasi usus besar (IBS) adalah sekelompok gejala (sindrom) yang terkait dengan organ usus besar. Selengkapnya di sini!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Pencernaan, Gangguan Pencernaan Lainnya 22 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

sembelit konstipasi susah buang air besar

Konstipasi (Sembelit)

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 17 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
enteritis

Enteritis

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 13 Februari 2021 . Waktu baca 9 menit
enzim pada pencernaan

Mengenal Berbagai Enzim Pada Pencernaan Manusia Serta Fungsinya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 4 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
menelan permen karet

Apa yang Terjadi Jika Tidak Sengaja Menelan Permen Karet?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 2 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit