home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kapan Waktu Terbaik Minum Obat Hipotiroid: Pagi Atau Malam Hari?

Kapan Waktu Terbaik Minum Obat Hipotiroid: Pagi Atau Malam Hari?

Hampir semua kasus hipotiroid ditangani dengan pemberian obat yang mengandung hormon tiroid. Tanpa pengobatan yang tepat, gejala hipotiroid bisa semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Nah, selain mengikuti dosis yang dianjurkan, obat hipotiroid ternyata juga harus diminum pada waktu tertentu supaya manfaatnya jadi lebih efektif. Memang kapan, sih, waktu yang tepat untuk minum obat hipotiroid? Berikut penjelasannya.

Apa fungsi obat hipotiroid?

Hipotiroid terjadi ketika kelenjar tiroid tidak cukup memproduksi hormon tiroid. Hormon tiroid ini berfungsi untuk mengendalikan kecepatan metabolisme tubuh seseorang.

Ketika hormon tiroid yang diproduksi tubuh berkurang, maka metabolisme tubuh jadi lebih lambat sehingga kalori yang dibakar saat beraktivitas maupun istirahat jadi lebih sedikit.

Supaya metabolisme tubuh Anda jadi lebih cepat, pengidap hipotiroid akan diberikan obat-obatan khusus yang mengandung hormon tiroid.

Ini tentu saja berfungsi untuk merangsang produksi hormon tiroid tubuh agar tetap seimbang. Dengan begitu, Anda jadi tidak gampang sakit karena efek hipotiroid.

Kapan obat hipotiroid sebaiknya diminum?

Diazoxide adalah

Selain harus diminum sesuai dosis yang dianjurkan, obat hipotiroid ternyata juga harus dikonsumsi pada waktu-waktu tertentu supaya cara kerjanya lebih efektif. Anda mungkin jadi bertanya-tanya, kapan, sih, waktu yang tepat untuk minum obat hipotiroid?

Berdasarkan sebuah studi yang dilaporkan pada Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism tahun 2009, para ahli mengambil sampel darah pasien hipotiroid untuk mengukur kadar hormon tiroidnya. Setelah itu, para ahli mengamati seberapa besar perbedaan efektivitas obat jika diminum di waktu yang berbeda, yaitu pagi dan malam hari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat obat hipotiroid diminum pada pagi hari, kadar TSH pada semua pasien mengalami penurunan. Sementara ketika aturan minum obat hipotiroid diubah menjadi malam hari, kadar TSH pasien malah terus menurun secara signifikan.

Turunnya kadar TSH pada pasien justru menunjukkan bahwa penyerapan obat tiroid berlangsung lebih cepat dan lebih baik. Alhasil, para ahli menyimpulkan bahwa obat tiroid akan memberikan hasil yang maksimal saat dikonsumsi pada malam hari.

Kenapa bisa begitu?

Obat hipotiroid yang paling umum adalah levothyroxine, yaitu jenis obat yang disintesis dari hormon tiroksin (T4). Obat ini bekerja dengan cara meniru hormon tiroid dalam meningkatkan metabolisme tubuh.

Ketika Anda minum obat hipotiroid, kadar hormon tiroid dalam darah akan jadi lebih seimbang. Namun bagaimanapun, obat ini tetap tidak dapat menyembuhkan hipotiroid yang Anda alami. Akan tetapi jangan khawatir, obat ini setidaknya dapat membantu meringankan gejala hipotiroid yang mengganggu.

Berdasarkan hasil penelitian tadi, obat hipotiroid ternyata lebih efektif diminum di malam hari. Hal ini disebabkan oleh banyak hal yang dapat memengaruhi cara kerja levothyroxine dalam tubuh.

Ketika obat hipotiroid diminum di pagi hari, efektivitas levothyroxine akan berkurang saat Anda sarapan atau minum kopi. Sekalipun Anda sudah memberikan jeda 30 menit sebelum makan, penyerapan obat nyatanya tetap saja tidak cukup efektif di dalam tubuh.

Selain itu, hal ini juga ada kaitannya dengan pergerakan usus yang melambat di malam hari. Karena penyerapannya yang lebih lambat, ini justru menguntungkan bagi Anda. Obat levothyroxine akan lebih lama bertahan di dalam usus sehingga diserap lebih baik dan maksimal.

Terlebih, minum obat hipotiroid di malam hari akan memudahkan Anda untuk menghindari jenis obat atau suplemen yang dapat mengganggu penyerapan obat hipotiroid. Contohnya suplemen yang mengandung zat besi atau kalsium karbonat yang seringnya diminum di pagi hari.

Aturan minum obat hipotiroid

Deferiprone adalah

Orang dengan hipotiroid mungkin mendapatkan jenis obat yang berbeda-beda, tergantung dari usia, berat badan, kadar hormon tiroid dalam tubuh, dan riwayat kesehatan. Namun, aturan minum obatnya sebetulnya akan tetap sama.

Supaya penyerapan obat hipotiroid jadi lebih maksimal dan mempercepat penyembuhan, ikuti aturan minum obat hipotiroid berikut ini.

  1. Minum obat pada waktu yang sama setiap hari. Sebaiknya, minum obat ini satu jam sebelum tidur.
  2. Jangan pernah lewatkan jam minum obat. Kalau Anda kelupaan, segera minum obat begitu Anda ingat atau pasang alarm untuk membantu Anda.
  3. Hindari minum obat atau suplemen yang mengandung kalsium dan zat besi di waktu yang bersamaan. Hindari juga makanan tinggi serat karena ini dapat menghambat penyerapan obat tiroid.

Jika selama ini Anda rutin mengonsumsi obat tiroid di pagi hari, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum Anda mengubah rutinitasnya ke malam hari. Dokter akan memeriksa kadar tiroid Anda dulu selama 6 sampai 8 minggu sambil memantau efek perubahan waktu minum obat.

Dengan hasil kadar tiroid tersebut, dokter akan menentukan apakah Anda perlu penambahan dosis atau justru harus kembali minum obat tiroid di pagi hari. Yang terpenting, pastikan Anda minum obat tiroid sesuai dosis, di waktu yang sama, dan diminum setiap hari tanpa terlewatkan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Best Time to Take Your Thyroid Medication. https://www.verywellhealth.com/should-i-take-my-thyroid-medication-at-night-3233260. Accessed 22/10/2018.

Treating Hypothyroidism. https://www.webmd.com/women/guide/low-thyroid-treatment#1. Accessed 22/10/2018.

The Problem with Coffee and Thyroid Medication. https://www.verywellhealth.com/coffee-and-thyroid-medication-3233255. Accessed 22/10/2018.

Timing of Levothyroxine Administration Affects Serum Thyrotropin Concentration. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19584184. Accessed 22/10/2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri
Tanggal diperbarui 30/10/2018
x