home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Cara Mudah dan Cepat Mengatasi Sakit Kepala Setelah Olahraga

5 Cara Mudah dan Cepat Mengatasi Sakit Kepala Setelah Olahraga

aBanyak orang yang mengaku lebih segar setelah berolahraga. Namun, kok Anda malah merasa pusing dan sakit kepala setelah olahraga? Hal ini sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti dehidrasi, terlalu lama kena sinar matahari, atau akibat kadar gula yang rendah.

Biasanya sakit kepala setelah olahraga bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan, tapi memang kondisi ini bisa mengganggu aktivitas Anda selanjutnya. Nah, supaya cepat pulih, begini cara mengatasi sakit kepala setelah olahraga.

Cara mengatasi sakit kepala setelah olahraga

Jika Anda malah sakit kepala setelah olahraga, bisa jadi ada yang salah pada tubuh Anda. Meski begitu, ada cara cepat supaya sakit kepala itu hilang setelah olahraga kok.

1. Minum air yang banyak

cairan elektrolit

Biasanya, pusing setelah berolahraga muncul akibat dehidrasi. Dehidrasi terjadi ketika tubuh Anda kehilangan lebih banyak cairan dibandingkan yang dibutuhkan. Saat berolahraga Anda banyak mengeluarkan keringat, hal ini termasuk kehilangan cairan. Jika Anda tidak minum banyak air sebelum berolahraga, sangat mungkin Anda mengalami dehidrasi.

Sebuah studi dilansir dari webmd.com mengungkapkan bahwa orang yang minum 4 gelas air lebih banyak dari biasanya dalam sehari, merasakan nyeri pada kepala yang lebih jarang selama 2 minggu.

Oleh karena itu, selalu sediakan air saat berolahraga. Pastikan Anda terhidrasi dengan baik dengan cara cek warna urin Anda. Jika berwarna kuning terang tandanya Anda cukup minum. Sebaliknya jika berwarna kuning gelap tandanya Anda kurang cairan.

Selain itu, Anda dapat menambahkan minuman isotonik untuk membantu menutupi kebutuhan cairan Anda. Hal ini dikarenakan minuman isotonik mengandung garam mineral dan glukosa yang bisa menyeimbangkan cairan dalam tubuh Anda.

2. Jangan terlalu lama kena sinar matahari

Terkena sinar matahari terlalu lama bisa memicu sakit kepala, bahkan saat Anda tidak berolahraga sekalipun. Nah, jika memang Andamerasa sudah terlalu lama berolahraga di bawah teriknya matahari, sebaiknya segera hentikan atau pindah ke tempat yang lebih teduh.

Jika cuaca panas, bawalah segelas air dan handuk dingin yang lembab. Letakan pada bagian atas mata dan dahi Anda selama beberapa menit. Setelah itu, upayakan untuk mandi dengan air hangat agar otot-otot Anda lebih rileks. Bila Anda tidak mempunyai cukup waktu, Anda dapat menggunakan obat anti inflamasi non steroid seperti ibuprofen untuk mengurasi rasa sakit kepala yang Anda alami.

3. Makan sebelum dan sesudah olahraga

makanan tinggi kalsium

Tidak makan sebelum olahraga bisa jadi keputusan yang salah. Pasalnya, selama olahraga, kadar gula darah Anda akan terkuras. Bila Anda tak punya cadangan gula darah dari makanan sebelumnya, maka Anda akan mengalami sakit kepala setelah olahraga.

Idealnya memang jangan makan terlalu dekat dengan jadwal olahraga, supaya perut Anda tidak sakit saat melakukan berbagai gerakan. Anda bisa mengisi perut dengan makanan yang bergizi tinggi sekitar 1 jam sebelum berolahraga. Dengan begitu, tubuh Anda bisa mencerna makanan yang masuk terlebih dulu sebelum nanti bermanfaat sebagai energi saat olahraga.

Nah, jika sudah selesai olaharaga, maka gula darah Anda mesti dikembalikan. Anda bisa mengonsumsi berbagai buah-buahan sebagai pengganjal perut jika memang tidak mau makan berat setelah olahraga.

4. Lakukan gerakan pendinginan

yoga untuk sakit punggung

Penyebab sakit kepala setelah olahraga juga bisa karena otot-otot tubuh terlalu tegang. Hal ini biasanya timbul akibat Anda tidak melakukan pendinginan setelah berolahraga.

Bayangkan saja selama berolahraga, semua otot tubuh Anda aktif dan berkontraksi. Jika Anda melewati sesi pendinginan, maka otot akan cenderung menegang dan terus berkontraksi.

Jika dibiarkan otot ini akan kram bahkan bisa memicu sakit kepala. Apalagi jika otot yang kram saat itu adalah otot bagian leher dan bahu. Maka itu, sangat penting untuk melakukan gerakan pendingin, supaya otot kembali rileks.

5. Minum obat saat sakit kepala setelah olahraga

ibuprofen obat apa

Selain ibuprofen, Anda juga bisa mengonsumsi naproxen atau indometachin 30-60 menit sebelum berolahraga. Keduanya jenis obat tersebut efektif untuk mengatasi sakit kepala setelah olahraga. Namun, penggunaan obat ini harus hati-hati karena bisa menyebabkan iritasi perut.

Kapan harus ke dokter saat sakit kepala setelah olahraga?

Jika Anda sudah melakukan cara-cara tersebut, tetapi sakit kepala justru terjadi semakin sering, konsultasikan kepada dokter. Hal ini juga berlaku ketika Anda melakukan rutinitas olahraga dan tiba-tiba pusing pun datang setelah olahraga. Dengan berkonsultasi dengan dokter, Anda bisa mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Sakit kepala setelah berolahraga sebenarnya bisa Anda atasi dengan mudah. Namun, tidak menutup kemungkinan jika Anda mengalami kondisi medis tertentu. Oleh karena itu, apabila gejalanya semakin sering dan parah, tidak ada salahnya untuk memeriksakan ke dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Why do I get a headache after exercising?  https://www.healthline.com/health/headache-after-exercis accessed April 25, 2019.

Exercise https://www.migrainetrust.org/living-with-migraine/coping-managing/exercise/ accessed April 25, 2019

Avoid exercise related migraine https://www.webmd.com/migraines-headaches/features/avoid-exercise-related-migraines#3 accessed April 25, 2019.

Foto Penulis
Ditulis oleh Nabila Azmi pada 28/04/2021
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
x