Panduan Memilih Jus Jambu yang Efektif Atasi DBD

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Juli 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

DBD atau demam berdarah dengue merupakan salah satu penyakit yang umum menyerang masyarakat Indonesia. Penyakit satu ini disebabkan oleh infeksi virus dengue yang biasanya ditularkan pada manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Salah satu cara yang biasanya dilakukan untuk mempercepat penyembuhan penyakit ini adalah dengan rutin minum jus jambu.

Saat ini jus jambu juga sudah banyak tersedia dalam bentuk kemasan yang siap minum. Karena bentuknya yang praktis, banyak orang lebih memilih mengonsumsi jus jambu dalam kemasan. Sayangnya, tidak semua produk jus kemasan itu sehat dan berasa dari buah asli. Simak panduan memilih jus jambu dalam kemasan yang baik untuk pasien DBD dalam artikel ini.

Sekilas tentang khasiat jambu biji untuk pasien demam berdarah

Untuk membantu mempercepat penyembuhan, pasien demam berdarah sering dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral. Salah satunya adalah jambu biji merah.

Jambu biji mengandung trombinol yang mampu merangsang trombopoietin lebih aktif, sehingga dapat menghasilkan keping darah yang lebih banyak.

Selain itu, jambu biji juga diketahui kaya akan vitamin C. Bahkan, kandungan vitamin C dalam jambu biji lebih tinggi ketimbang jeruk. Vitamin C yang melimpah tersebut mampu membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan antibodi dan produksi sel darah putih sehingga mempercepat proses penyembuhan pasien.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian dalam lingkup kecil yang dilakukan di Indonesia mengatakan bahwa jambu biji merah bisa membantu memperbaiki presentasi nilai trombosit dan hematokrit pasien demam berdarah yang mengalami penurunan.

Panduan memilih jus jambu kemasan untuk pasien DBD

Dari sekian banyak jus jambu yang beredar di pasaran, Anda harus pintar-pintar sebelum membelinya. Pasalnya, saat ini terdapat banyak sekali produk jus jambu kemasan yang sebenarnya tidak dibuat dari buah asli, melainkan hanya menggunakan perisa buah saja.

Nah, agar tidak terkecoh, berikut ini beberapa tips tips memilih jus jambu dalam kemasan untuk membantu mengatasi DBD.

1. Teliti dalam membaca nilai gizi

Nutrisi dalam setiap jus kemasan bervariasi, tergantung dari jenis dan merek jus. Biasanya jus kemasan yang terbuat dari buah asli pasti mengandung berbagai vitamin dan mineral yang tinggi, di mana hampir sama seperti kandungan buah aslinya. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengonsumsi jus kemasan, penting bagi Anda untuk selalu memeriksa nilai gizi pada kemasan sebelum membelinya.

2. Membaca tanggal kadaluwarsa

Selain harus teliti dalam membaca label nilai gizi, Anda pun harus teliti melihat tanggal kadaluwarsa jus kemasan yang akan Anda beli. Anda tidak mau, kan, mengonsumsi minuman yang sudah lewat dari masa kadaluwarsa? Alih-alih ingin sehat, yang ada Anda justru akan semakin nge-drop setelah mengonsumsi jus tersebut.

3. Jus jambu asli bertekstur lebih kental

Cara mudah membedakan jus buah kemasan yang Anda beli adalah asli atau palsu bisa dilihat dari teksturnya. Jus jambu yang berasal dari buah asli umumnya bertekstur lebih kental karena mengandung lebih dari 35 persen sari buah jambu murni. Sebaliknya, jus jambu yang menggunakan perisa buatan mempunyai tekstur yang lebih cair karena hanya mengandung sedikit sekali sari buah jambu asli di dalamnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Inspirasi Resep Aneka Jus dari Buah dan Sayur, yang Praktis dan Mudah Dibuat

Selain rasanya enak, banyak orang yang hobi minum jus berkat manfaat baik di baliknya. Bagi Anda pecinta jus, sudah coba berbagai resep aneka jus ini?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Resep Sehat, Nutrisi, Hidup Sehat 25 Februari 2019 . Waktu baca 6 menit

Fase Demam Berdarah Pada Anak dan Orang Dewasa, Sama Atau Beda?

Demam berdarah dapat terjadi pada anak-anak dan orangda dewasa. Namun, fase demam berdarah pada anak dan orang dewasa tidak selalu sama.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Penyakit Musiman, Health Centers 30 November 2018 . Waktu baca 4 menit

5 Manfaat Sehat yang Bisa Anda Dapat Kalau Rajin Minum Jus Seledri

Jika Anda sudah mulai bosan minum jus buah-buahan, kenapa tidak coba jus seledri? Jangan keburu ilfeel dulu, karena manfaatnya sayang jika terlewatkan!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 31 Juli 2018 . Waktu baca 4 menit

3 Fase yang Dilalui Selama Sakit Demam Berdarah (DBD)

Demam berdarah memiliki siklus perkembangan penyakit yang terdiri dari tiga fase. Hati-hati. Ada satu fase yang sering mengecoh pasien demam berdarah.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Penyakit Musiman, Health Centers 26 Februari 2018 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

minum jus saat puasa

Langsung Minum Jus Buah Saat Berbuka Puasa, Boleh atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 18 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
kebutuhan cairan saat dbd

Trik Memenuhi Kebutuhan Cairan Ketika Terkena DBD

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 3 April 2020 . Waktu baca 4 menit
obat demam berdarah dbd

Pilihan Obat Dokter, Herbal, dan Cara Alami untuk Mengobati Demam Berdarah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 12 Juli 2019 . Waktu baca 10 menit
jus untuk sembelit

3 Pilihan Jus Terbaik untuk Mengatasi Sembelit

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 30 April 2019 . Waktu baca 3 menit