4 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Meredakan Sakit Kepala Akibat Sinusitis

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Hidung tersumbat yang disertai sakit kepala bisa menjadi salah satu gejala sinusitis. Sakit kepala akibat sinusitis mungkin menyebabkan tekanan yang terasa sakit di sekitar mata, pipi, dan dahi. Lalu, bagaimana cara mengatasi sakit kepala akibat sinusitis?

Apa penyebab sinusitis?

Sinusitis paling sering terjadi akibat adanya infeksi virus, seperti virus flu . Virus ini akan menyebar ke rongga sinus dari saluran pernapasan atas, sehingga pada akhirnya menyebabkan dinding sinus (ruang kecil di bagian tengkorak) mengalami peradangan.

Adanya pembukaan kecil dari sinus ke hidung ini bisa tersumbat, dan tak jarang akhirnya  menyebabkan terbentuknya tekanan di dalam sinus. Biasanya gejala sinusitis ringan seperti sakit kepala, demam, sakit tenggorokkan dan hidung tersumbat ini bisa hilang dengan sendirinya.

Sakit kepala akibat sinusitis mirip dengan gejala migrain

Selain rasa tertekan pada wajah, gejala sakit kepala akibat sinusitis ini kadang hamper mirip dengan gejala migrain. Jika selama ini Anda menganggap sakit kepala diakibatkan oleh sinusitis, namun hanya timbul sesekali, sembuh tanpa antibiotik, disertai muntah dan sensitif terhadap cahaya, maka kemungkinan besar yang Anda alami adalah migrain. Selain itu, migrain juga ditandai dengan rasa sakit yang menguat dan gangguan pandangan sehingga Anda sulit melakukan aktivitas harian.

Jika Anda masih ragu, salah satu hal yang membedakan paling nyata antara sakit kepala akibat migrain dan akibat sinusitis yaitu penderita migrain hanya akan merasakan sakit pada satu sisi kepala saja. Sedangkan sinusitis, biasanya seolah terjadi adanya penekanan di dahi dan kepala bagian atas.

Lalu, bagaimana cara mengatasi sakit kepala akibat sinusitis?

Pertama yang harus Anda lakukan untuk meredakan sakit kepala akibat sinusitis adalah mengobati infeki sinus terlebih dahulu. Jika Anda berobat ke dokter, dokter mungkin akan menganjurkan Anda mengonsumsi beberapa obat antibiotik serta antihistamin atau dekongestan untuk beberapa saat. Untuk penggunaan dekongestan, Anda tidak dianjurkan memakainya dalam jangka waktu yang lama. Karena penggunaan dekongestan terus menerus bisa membuat sakit kepala akibat sinusitis Anda semakin parah.

Berikut beberapa hal yang bisa meredakan sakit kepala Anda akibat gejala sinusitis:

  • Minum obat anti nyeri

Minum obat kortikosteroid dan obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen, ibuprofen, untuk sakit nyeri. Obat-obatan ini berfungsi sebagai obat analgesik yang menghambat sinyal nyeri ke otak.

  • Melakukan penguapan

Menguapi hidung ketika sinusitis kambuh, bisa menjadi cara ampuh untuk menghilangkan nyeri di kepala Anda, Penguapan akan membantu menenangkan membran lendir yang membuat hidung Anda tersumbat.

Anda bisa membuat penguapan dengan cara sederhana, seperti meletakan baskom berisi air panas dihadapan Anda sambil memposisikan kepala di atasnya untuk menghirup uap. Anda juga bisa menambahkan minyak daun mint atau minyak kayu putih ke dalam air panas, untuk menambah rasa dingin dan sejuk ketika uap dihirup.

  • Menggunakan alat semprot hidung

Anda juga bisa menyemprotkan steroid nasal (dengan resep dokter) untuk membantu melembabkan dan mengurangi udara di sekitar hidung. Semakin lembab jalur pernapasan, gejala sakit kepala akibat sinusitis pun mereda.

  • Melakukan operasi

Dalam kasus yang jarang terjadi, dokter mungkin merekomendasikan operasi sinusitis untuk menghilangkan polip atau membuka sinus, guna menghilangkan rasa sakit pada kepala.  

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sudah Benarkah Cara Anda Keramas Selama Ini? Cek di Sini!

Walaupun Anda rajin keramas, belum tentu rambut Anda bersih. Berikut ulasan mengenai langkah mencuci rambut dengan benar.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 23 November 2020 . Waktu baca 9 menit

Kadar Hb Terlalu Tinggi, Apakah Berbahaya dan Perlu Diturunkan?

Mudah merasa lelah dan pusing? Bisa jadi gejala kadar hemoglobin atau Hb tinggi. Apa risikonya bagi tubuh? Cari tahu info lengkapnya di sini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 22 November 2020 . Waktu baca 7 menit

10 Cara Ampuh Mencegah Penyakit Jantung dan Kekambuhannya

Kabar baik, berbagai masalah jantung dapat Anda cegah. Cara mencegah penyakit jantung pun beragam. Apa saja tindakan pencegahan penyakit jantung?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Jantung 21 November 2020 . Waktu baca 12 menit

8 Hal yang Membuat Anda Sering Terbangun Tengah Malam

Terkadang kita terbangun di tengah malam meski tak ada bunyi alarm atau hal lainnya. Kondisi itu ternyata dipengaruhi kesehatan fisik atau mental. Apa saja?

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 19 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Penyebab Serangan Jantung Pada Anak Muda

Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 5 menit
gingsul, salah satu jenis maloklusi

Fakta Seputar Gigi Gingsul yang Harus Anda Tahu

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 6 menit
manfaat bengkoang

Tak Hanya Memutihkan Kulit, Ini 6 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit
cara mengatasi rambut kering

Rambut Kering, Bagaimana Cara Ampuh Mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 8 menit