3 Tips Ampuh Merawat Kulit Tangan Agar Tak Tampak Kering, Tua, dan Berkeriput

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang cepat menua karena kulit tangan lebih sering terpapar debu, kotoran, dan sinar matahari. Paparan sinar matahari bisa merusak kolagen, protein khusus yang menjaga kekenyalan dan kelembapan kulit. Hasilnya adalah kulit tangan yang terlihat kering, kusam, dan berkeriput. Efek penuaan dini pada kulit ini akan lebih terasa apabila Anda jarang merawat kesehatan kulit. Intip tips merawat kulit tangan berikut ini agar terhindar dari penuaan dini!

Tips merawat kulit tangan untuk mencegah penuaan dini

Dilansir dari Huffington Post, Dr. Lisa Chips, seorang ahli kecantikan dan bedah plastik di California menjelaskan bahwa penuaan kulit tangan bisa mulai tampak di usia 20 tahun. Sayangnya, banyak orang yang tidak mengenali tanda-tandanya sampai usia 30 atau 40 tahun. Tanda penuaan kulit tangan yang paling awal adalah penumpukan lemak di punggung tangan dan berkurangnya kekenyalan kulit.

Nah, karena tandanya sedikit sulit untuk dideteksi, sebaiknya Anda harus mulai perawatan kulit tangan sedini mungkin. Jangan menunggu sampai bercak atau keriput muncul. Ini akan lebih sulit lagi untuk ditangani.

Untuk mencegah kulit tangan menua, ikuti tips ampuh berikut ini.

1. Sering-sering pakai krim pelembap dan tabir surya untuk tangan

efek samping krim steroid

Jangan hanya mengoleskan pelembap dan krim tabir surya pada wajah Anda saja, karena kulit tangan juga butuh perlindungan. Pelembap membantu kulit tetap terhidrasi dan kenyal, sementara tabir surya melindungi dari radiasi sinar matahari dan mencegah munculnya bintik-bintik cokelat.

Pilih krim pelembap tangan yang teksturnya lebih kental karena bisa menyediakan lebih banyak kelembapan untuk kulit tangan yang cenderung lebih kering daripada wajah. Oleskan sesering mungkin, misalnya setelah mandi, setelah cuci tangan, atau sebelum tidur.

Oleskan tabir surya ke dua sisi tangan Anda setiap kali akan keluar rumah, dan ulangi setiap beberapa jam sekali. Pastikan tabir surya Anda memiliki SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

3. Sesuaikan produk pelembap dengan jenis kulit

merawat kulit tangan

Produk perawatan kulit wajah dengan kulit tubuh tentunya berbeda. Anda tidak bisa pakai pelembap dan tabir surya yang khusus diformulasikan untuk wajah dan mengoleskannya ke badan, begitu juga sebaliknya. Ini karena kulit wajah dan kulit tangan memiliki struktur, jenis, dan ketebalan yang berbeda. Kulit badan biasanya cenderung lebih tebal dan kering daripada wajah.

Maka, kenali dulu jenis kulit Anda barulah cari produk perawatan kulit yang sesuai. Bila Anda masih ragu, kunjungi dokter untuk mendapatkan rekomendasi produk yang tepat.

4. Kurangi paparan sinar matahari dan zat lainnya

merawat kulit tangan

Meski berjemur matahari menyehatkan tulang, terlalu lama bermandikan teriknya juga tidak baik. Paparan sinar matahari berlebihan membuat kulit cepat menua serta meningkatkan risiko Anda terhadap kanker kulit. Maka, batasi waktu Anda beraktivitas di bawah sinar matahari.

Jika situasi dan kondisinya tidak memungkinkan, gunakan perlindungan yang tepat. Oleskan tabir surya minimal SPF30 (untuk wajah dan tubuh) setiap 2 jam sekali dan kenakan pakaian yang menutupi kulit Anda dari paparan sinar matahari langsung, seperti baju lengan panjang dan celana panjang, serta payung atau topi berpinggiran lebar. Pakai sarung tangan jika Anda mengemudi motor di siang hari.

Pakai juga sarung tangan karet ketika Anda mencuci piring atau bersih-bersih rumah untuk melindungi kulit tangan dari paparan zat asing. Zat kimia dari bahan pembersih biasanya cenderung membuat kulit Anda gatal, kemerahan, dan kering.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juli 25, 2018 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca