Definisi

Apa itu labirinitis?

Labirinitis adalah radang telinga bagian dalam yang dapat menyebabkan pusing.Perlu diketahui, bahwa di dalam telinga terdapat struktur bernama labirin yang membantu mengatur keseimbangan. Jika labirin mengalami iritasi, labirin mengirim sinyal yang keliru ke otak. Labirinitis mungkin sering dihubungkan dengan kondisi kehilangan pendengaran, vertigo (sensasi berputar), kehilangan keseimbangan, dan mual.

Seberapa umum kondisi ini?

Labirinitis adalah kondisi yang umumnya menyerang lebih banyak wanita daripada pria. Labirinitis juga dapat mempengaruhi pasien pada usia berapapun. Penyakit tersebut dapat diatasi dengan cara mengurangi faktor risiko. Diskusikanlah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda & gejala Labirinitis? 

Gejala mungkin muncul secara tiba-tiba, biasanya silih berganti, dan berlangsung selama kurang dari semenit sampai beberapa jam atau hari. Orang dapat menderita vertigo, yang biasanya memburuk dengan berpindah posisi dengan cepat. Gejala lainnya meliputi pusing, merasa goyah, hilang keseimbangan, mual, telinga berdenging, lelah, dan merasa sakit. Muntah mungkin bisa terjadi. Pendengaran secara perlahan menjadi normal pada sebagian besar orang, biasanya dalam waktu 2 minggu.

Beberapa gejala atau tanda lainnya mungkin tidak tercantum di atas. Jika Anda merasa cemas tentang gejala tersebut, segera konsultasi ke dokter Anda.

Kapan harus pergi ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda atau gejala seperti di atas atau sakit kepala, demam, atau kaku, sakit leher dengan gejala-gejala Anda, konsultasi dengan dokter Anda. Setiap tubuh bertindak berbeda satu sama lain. Diskusikan dengan dokter Anda untuk menemukan solusi terbaik dalam situasi yang Anda alami.

Penyebab

Apa penyebab Labirinitis?

Labirinitis adalah kondisi yang sering disebabkan oleh infeksi virus. Penyebab lainnya yang lebih jarang terjadi adalah infeksi bakteri. Kebanyakan penyebabnya tidak begitu jelas.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko Labirinitis?

Ada banyak faktor risiko penyebab labirinitis, yaitu:

  • Terlalu banyak minum alkohol.
  • Kelelahan
  • Riwayat alergi
  • Baru menderita penyakit yang disebabkan oleh virus, penyakit pernapasan, atau infeksi telinga
  • Merokok.
  • Stres.
  • Mengonsumsi obat-obatan dengan resep atau tanpa resep tertentu (seperti aspirin).

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa pilihan pengobatan untuk Labirinitis?

Labirinitis adalah kondisi yang biasanya dapat hilang dengan sendirinya, biasanya dalam beberapa hari sampai 2 minggu. Untuk pusing yang parah dokter mungkin memberikan meclizine. Berbaring dengan mata tertutup di dalam ruang yang gelap akan membantu menyembuhkan sakit atau pusing yang parah. Ubahlah posisi, seperti bangun dari berbaring, dengan pelan.

Gerakan kepala, disebut manuver Epley, bisa menjadi solusi untuk membantu menghilangkan rasa pusing. Sangat penting untuk minum banyak air atau cairan lain, karena dehidrasi dapat memperburuk gejala labirinitis.

Antibiotik tidak dapat membantu, karena sebagian besar kasus Labirinitis tidak disebabkan oleh infeksi bakteri. Dokter mungkin meresepkan antibiotik hanya jika mencurigai adanya infeksi bakteri.

Apa saja tes Labirinitis yang paling umum?

Dokter membuat diagnosis dari gejala dan pemeriksaan (terutama mata, telinga, hidung, dan tenggorokan). Hidung atau tenggorokan yang sedikit memerah dapat terjadi karena infeksi virus. Terkadang, dokter mungkin melakukan tes khusus untuk gejala lain seperti kehilangan pendengaran. Dokter mungkin menyarankan mengunjungi spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau neurologis (spesialis penyakit sistem saraf). X-ray dan tes laboratorium biasanya tidak dibutuhkan.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi Labirinitis (Labyrinthitis)?

Labirinitis adalah kondisi yang bisa dicegah dan diobati dengan beberapa perubahan gaya hidup. Antara lain sebagai berikut:

  • Duduk atau berbaring jika merasa pusing
  • Beritahu dokter jika gejala Anda semakin memburuk
  • Minum banyak cairan

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Oktober 15, 2018 | Terakhir Diedit: Oktober 15, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan