Definisi

Apa itu krisis tiroid?

Krisis tiroid adalah kondisi mengancam nyawa yang berkaitan dengan hipertiroidisme yang tidak diobati atau tidak ditangani sampai tuntas. Saat krisis tiroid, detak jantung, tekanan darah, dan suhu tubuh pasien bisa meningkat drastis sampai kadar yang begitu membahayakan. Tanpa penanganan, krisis tiroid bisa berujung pada kematian.

Tiroid adalah kelenjar kecil berbentuk seperti kupu-kupu. Letaknya di tengah-tengah leher bagian bawah. Dua hormon tiroid yang sangat penting yaitu triiodothyronine (T3) dan thyroxine (T4). Keduanya mengendalikan proses metabolisme setiap sel dalam tubuh Anda.

Jika Anda mengidap hipertiroidisme, kelenjar tiroid Anda memproduksi kedua hormon ini secara berlebihan. Karena itu, setiap sel dalam tubuh Anda jadi bekerja terlalu cepat. Misalnya, pernapasan dan detak jantung Anda akan meningkat jadi lebih tinggi dari biasanya. Anda bahkan bisa saja berbicara lebih cepat daripada tempo bicara Anda biasanya.

Seberapa umumkah krisis tiroid?

Krisis tiroid jarang sekali terjadi. Hanya satu sampai dua persen orang yang mengidap hipertiroidisme aktif yang mungkin mengalami krisis tiroid. Untuk informasi lebih lanjut, diskusikan dengan dokter Anda.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda dan gejala krisis tiroid?

Berikut adalah macam-macam gejala krisis tiroid yang paling umum:

  • denyut jantung yang cepat, melebihi 140 denyut per menit, dan atrial fibrilasi
  • demam tinggi
  • berkeringat terus-menerus
  • gemetar
  • gelisah
  • kebingungan
  • diare
  • tidak sadarkan diri

Awas, krisis tiroid bisa menyebabkan koma, gagal jantung, hingga kematian.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab krisis tiroid?

Krisis tiroid bisa terjadi pada orang-orang dengan hipertiroidisme yang tidak ditangani dengan baik. Kondisi ini ditandai dengan tingginya produksi kedua hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid. Tidak semua orang dengan hipertiroidisme akan mengalami krisis tiroid.

Penyebab kondisi ini antara lain:

  • Hipertiroidisme serius yang tidak ditangani
  • Kelenjar tiroid yang overaktif dan tidak ditangani
  • Infeksi yang dikaitkan dengan hipertiroidisme

Orang dengan hipertiroidisme mungkin mengalami krisis tiroid setelah dipicu hal-hal berikut ini:

  • Trauma
  • Operasi
  • Tekanan emosional (stres) yang begitu berat
  • Stroke
  • Ketoasdosis diabetik
  • Gagal jantung kongestif
  • Emboli paru

Diagnosis & pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana dokter mendiagnosis krisis tiroid?

Orang dengan hipertiroidisme yang mengalami gejala-gejala krisis tiroid biasanya akan langsung dirawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Pasalnya, orang dengan krisis tiroid umumnya menunjukkan peningkatan detak jantung dan tekanan darah sistolik (atas).

Dokter akan mengukur kadar hormon tiroid dengan tes darah. Biasanya pada krisis tiroid dan hipertiroidisme, hormon yang menstimulasi tiroid (TSH) lebih rendah. Menurut American Association for Clinical Chemistry (AACC), kadar normal TSH berkisar dari 0,4 sampai 4 mIU/L. Hormon T3 dan T4 juga biasanya sangat tinggi pada orang dengan krisis tiroid.

Bagaimana dokter mengobati krisis tiroid?

Krisis tiroid biasanya muncul tiba-tiba dan mengacaukan semua sistem tubuh Anda. Karenanya, pengobatan akan langsung diberikan, bahkan sebelum hasil analisis laboratoriumnya keluar. Obat-obatan antitiroid seperti propylthiouracil (juga disebut PTU) atau methimazole (Tapazole) bisa diberikan untuk menekan produksi hormon-hormon kelenjar tiroid.

Hipertirodisme butuh perawatan yang terus menerus. Pengobatannya mungkin mencakup iodin radioaktif yang menghancurkan tiroid, atau beberapa obat-obatan untuk menekan fungsi tiroid untuk sementara. Wanita hamil yang punya hipertiroidisme tidak boleh diobati dengan iodin radioaktif karena bisa membahayakan bayi dalam kandungan. Biasanya tiroid akan diangkat dari ibu hamil lewat operasi.

Pencegahan

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mencegah krisis tiroid?

Cara paling efektif untuk mencegah krisis tiroid adalah mengikuti semua anjuran dokter dan menjalani pengobatan hipertiroidisme secara disiplin. Minum obat-obatan Anda sesuai jadwal, rajinlah periksa ke dokter, dan jalani semua prosedur yang diperlukan.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Juli 11, 2018 | Terakhir Diedit: Juli 11, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan