Definisi

Apa itu hemofilia?

Hemofilia adalah gangguan bawaan langka di mana darah Anda yang tidak menggumpal normal. Hemofilia terdiri dari dua bentuk :

  • hemofilia A (hemofilia klasik, atau kekurangan factor VIII)
  • hemofilia B (penyakit natal, atau kekurangan factor IX)

Faktor VIII dan IX adalah protein penting bagi darah untuk penggumpalan. Karena itu, ketika faktor-faktor ini berkurang sangat rendah maka akan menyebabkan hemofilia. Jika Anda terkena hemofilia, Anda akan terluka untuk waktu yang lama setelah cedera dibanding ketika darah Anda menggumpal normal. Luka kecil biasanya bukan masalah besar. Masalah yang lebih besar adalah luka di dalam tubuh Anda, terutama kaki, pergelangan, dan siku. Luka dalam bisa menyebabkan kerusakan organ dan jaringan Anda, dan mungkin ancaman nyawa.

Seberapa umumkah hemofilia?

Ini adalah penyakit genetika langka dan lebih sering terjadi pada pria dibanding wanita. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala hemofilia?

Tanda-tanda dan gejala hemofilia berbeda, tergantung pada tingkat penggumpalan Anda. Tanda-tanda dan gejala pendarahan spontan yaitu:

  • perdarahan yang tidak bisa dijelaskan dan berlebihan dari luka atau cedera, atau setelah operasi atau perawatan gigi
  • perdarahan yang tidak bisa dijelaskan
  • banyak memar besar atau dalam
  • perdarahan yang tidak biasa setelah vaksinasi
  • nyeri, bengkak, atau memar di sendi
  • darah di urin atau feses

Mungkin ada beberapa tanda atau gejala yang tidak disebutkan. Jika Anda khawatir tentang gejalanya, silakan konsultasikan dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika anak Anda gampang memar, temui dokter. Jika anak Anda mengalami perdarahan besar yang tidak bisa dihentikan setelah cedera, cari perawatan medis darurat.

Jika Anda hamil atau berpikir untuk hamil, dan Anda memiliki sejarah keluarga yang terkena hemofilia, bicarakan dengan dokter. Anda mungkin diarahkan ke spesialis genetik medis atau gangguan pendarahan, yang bisa membantu Anda menentukan apakah Anda memiliki hemofilia. Jika Anda memilikinya, ada kemungkinan untuk menentukan saat hamil apakah janin terkena hemofilia.

Penyebab

Apa penyebab hemofilia?

Penyakit ini merupakan penyakit yang diturunkan genetik. Orang dengan hemofilia tidak dapat memproduksi faktor VIII atau IX dalam jumlah yang cukup. Karena itu, ketika operasi atau luka terbuka, pasien akan sangat sulit untuk menghentikan pendarahan karena tubuh mereka tidak memproduksi cukup protein untuk penggumpalan darah. Dalam banyak kasus, hemofilia secara genetik diteruskan ke anak mereka, biasanya karena ibu mereka. Ini disebut kelainan genetik yang berkaitan dengan kromosom seks (kromosom X). Wanita biasanya tidak memiliki gejala karena mereka punya dua kromosom X (XX), jika wanita memiliki salah satu kromosom X dengan hemofilia, ia tidak memiliki hemofilia. Wanita dapat mengalami hemofilia hanya bila kedua kromosom X membawa sifat hemofilia. Pria hanya punya satu kromosom X, jadi jika pria memiliki kromosom X dengan sifat hemofilia, maka ia akan mengalami hemofilia.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk hemofilia?

Jika Anda mempunyai anggota keluarga yang memiliki kelainan penggumpalan darah genetik, Anda juga bisa berisiko terkena penyakit ini. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk detail lebih lanjut.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk hemofilia?

Pengobatan memerlukan penggantian unsur darah atau menggunakan obat secara berkala. Untuk mencegah kerusakan, perdarahan ke dalam otot atau sendi harus dihentikan sesegera mungkin. Jika kondisi jadi lebih parah, dokter akan menggunakan unsur penggumpal. Obat seperti desmopressin atau aminokaproic dapat digunakan dalam kasus-kasus ringan. Di samping itu, penerima darah sebaiknya dites dulu untuk menghindari orang yang menderita penyakit infeksi seperti HIV.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk hemofilia?

Paling sering, hemofilia didiagnosis setelah seseorang mengalami perdarahan yang abnormal. Ini juga bisa didiagnosis dengan tes darah untuk mendeteksi kekurangan faktor VIII atau IX.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi hemofilia?

Gaya hidup dan pengobatan rumahan berikut dapat membantu Anda mengatasi hemofilia:

  • ikuti petunjuk dokter Anda apa yang harus dilakukan jika perdarahan atau cedera
  • temui dokter Anda dua kali setahun
  • olahraga tapi hindari olahraga kontak seperti sepakbola dan basket. Berenang tidak apa-apa
  • hindari suntikan intramuskular
  • gunakan sabuk pengaman dan berkendaralah dengan aman untuk hindari kecelakaan

Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui solusi terbaik untuk Anda.
Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016