home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Di Usia Berapa Anak Boleh Pakai Alat Catok Rambut?

Di Usia Berapa Anak Boleh Pakai Alat Catok Rambut?

Catok rambut berguna untuk meluruskan, merapikan, dan mengatur gaya rambut Anda. Sekarang ini, catokan sudah umum digunakan bagi para wanita, hampir di segala usia, anak-anak, remaja maupun dewasa. Meski mereka tahu efek samping dari penggunaan alat catok, tapi masih banyak yang tetap memilih menggunakannya. Namun, adakah batasan usia untuk menggunakan catok rambut? Sebaiknya kapan anak boleh pakai catok rambut?

Kapan anak boleh pakai catok rambut?

Rambut anak keriting, apakah boleh diluruskan menggunakan catok rambut? Mungkin Anda pernah berpikir seperti ini. Sebenarnya belum ada bukti medis di usia berapa anak dibolehkan menggunakan catokan. Namun, memang sebaiknya hindari menggunakan catokan atau pemanas rambut lainnya untuk anak-anak.

Penggunaan catokan pada anak akan tetap menimbulkan efek samping, yang akan berlanjut hingga usianya dewasa nanti.

Bila memang Anda terpaksa harus menggunakan catokan untuk anak Anda, atau hanya sekedar ingin mencoba, perhatikan perawatan untuk melindungi rambut anak Anda. Selain itu, Anda juga tidak perlu menggunakan catokan pada anak untuk setiap hari secara rutin. Ini dapat merusak rambut anak.

Untuk tetap melindungi rambut anak, sebelum anak menggunakan catokan, oleskan conditioner dan heat protector (pelindung panas, biasanya berbentuk krim atau gel rambut) pada rambut anak setelah keramas. Conditioner digunakan untuk membuat rambut terasa lebih lembut juga terhindari dari kondisi kasar dan kusam.

Sedangkan penggunaan heat protector yang digunakan sebelum mencatok rambut, berguna untuk menyempitkan lapisan silikon ke rambut Anda. Silikon tersebut bertindak sebagai penghalang dan pelindung antara rambut dengan efek panas. Bagusnya lagi, heat protector bisa membantu menjaga agar rambut anak tetap halus dan lurus setelah dicatok.

Selain menggunakan pelindung rambut tersebut, atur juga suhu catokan serendah mungkin. Jangan sampai terlalu panas. Hal ini berguna untuk menghindari kerusakan parah pada lapisan rambut anak yang masih sensitif. Atur suhu serendah mungkin dan biarkan beberapa saat hingga panas maksimal, baru Anda bisa mencatok rambut anak Anda sambil meminimalisir kerusakan akibat panas berlebih.

Bahaya pakai catok rambut

Catok rambut memang memiliki manfaat untuk mempercantik rambut. Namun, di balik manfaatnya terdapat beberapa bahaya yang akan ditimbulkan pada rambut.

Salah satu bahaya catok rambut paling umum adalah seluruh helai rambut menjadi kering parah. Catokan akan membuat lapisan pada batang rambut semakin merekah dan pecah.

Catok rambut bisa merusak batang rambut dan bahkan menyebabkan rambut rontok. Bahkan menyebabkan kerontokan yang parah dan bisa menyebabkan kebotakan. Selain itu, penggunaan bahan kimia sebelum mencatok dengan kualitas rendah akan merusak rambut hingga ke akar-akarnya. Dalam jangka panjang, folikel rambut menjadi lemah dan rambut Anda akan rontok terus berlanjut.

Dalam beberapa kasus, bahaya catok rambut mungkin akan muncul setelah beberapa hari menggunakannya. Jika anak mengalami rasa gatal, kulit kepala melepuh ataupun rambut yang rontok, itu merupakan salah satu reaksi alergi umum yang terjadi akibat dari bahaya catok rambut. Segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Selain itu, anak tidak boleh menggunakan catokan di luar pengawasan orangtua atau orang dewasa. Meskipun punya kakak berusia remaja, tetap orangtua dan orang dewasalah yang boleh mencatok rambut anak. Alat catok sangat panas dan berbahaya, anak sangat rentan mengalami cedera akibat luka bakar atau tersengat listrik (kesetrum).

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to Treat Dry Hair on a 6-Year-Old Girl https://www.livestrong.com/article/314442-damaged-curly-hair/ diakses 10 Februari 2018.

Flat Iron Tips: How To Not Let Your Straightener Ruin Your Hair https://www.huffingtonpost.com/2014/03/25/flat-iron-tips-hair-damage_n_5024242.html diakses 10 Februari 2018.

What Age Should a Child Do Their Own Hair? https://www.naturallycurly.com/curlreading/home/what-age-should-a-child-do-their-own-hair diakses 10 Februari 2018.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 15/02/2018
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x